Sanctuary of Truth, Kuil Megah Pattaya dari Kayu | Breaktime
Sanctuary of Truth, Kuil Megah Pattaya dari Kayu
27.06.2016

Berkunjung ke Pattaya di Thailand, B'timers tak hanya disuguhkan dengan keindahan alam dan hingar bingar kehidupan malam ala Walking Street, tetapi juga suasana tenang dan damai di Sanctuary of Truth.

Sanctuary of Truth merupakan kuil yang sangat unik, tak hanya letaknya yang berada persis di pinggir pantai Pattaya, tetapi juga seluruh bangunan kuil yang sepenuhnya terbuat dari kayu.

Bangunan megah ini oleh warga lokal dikenal dengan sebutan Prasat Satchatham atau Wihan Sajjadham. Sanctuary of Truth terus mengalami renovasi dalam 20 tahun terakhir, namun wisatawan tetap bisa berkunjung menikmati keindahan dan keunikan kuil ini.

Sanctuary of Truth, Kuil Megah Pattaya dari Kayu | Breaktime
Tampak depan bangunan kuil megah yang sepenuhnya terbuat dari ukiran kayu

Pembangunan kuil ini diprakarsai oleh miliarder Thailand, Khun Lek Viriyaphant. Ia dikenal sangat peduli dengan budaya, sejarah, dan pariwisata Negeri Gajah Putih. Viriyaphant juga mendirikan Museum Erawan dan Kota Kuno Muang Boran yang memiliki banyak bangunan bersejarah Thailand di kawasan Samut Prakan, tak jauh dari Bangkok.

Gaya arsitektur dan berbagai ornamen di Sanctuary of Truth merupakan perpaduan antara kepercayaan Buddha dan Hindu, serta beberapa figur, simbol kepercayaan, legenda, dan kehidupan sehari-hari bangsa Thailand, Kamboja, India, dan China.

Sanctuary of Truth, Kuil Megah Pattaya dari Kayu | Breaktime
Patung-patung dan ukiran dalam berbagai bentuk dan ukuran menghiasi kuil unik ini

Saat memasuki Sanctuary of Truth, perhatikan dengan detail dan saksama ukiran-ukiran kayu yang ada di dalamnya. Tampak pula beberapa ukiran yang menggambarkan kisah Mahabarata dan Ramayana pada bangunan dengan total luas area mencapai 3200 meter persegi ini.

Wisatawan yang berkunjung ke Sanctuary of Truth biasanya akan ditemani oleh seorang guide yang akan menjelaskan secara detail bagian-bagian dari kuil megah ini. Wisatawan pun bebas mengambil foto dan video untuk mengabadikan keindahan Sanctuary of Truth.

Sanctuary of Truth, Kuil Megah Pattaya dari Kayu | Breaktime
Gaya arsitektur kuil ini dipengaruhi banyak budaya dan kepercayaan

Selain menikmati keindahan arsitektur kuil, wisatawan juga bisa mencoba berbagai atraksi di Sanctuary of Truth, di antaranya adalah berkeliling kuil dengan naik gajah yang ditemani seorang pawang, serta atraksi lumba-lumba yang ada setiap hari pada jam 11.30 dan 15.30.

Hotel dan Akomodasi

The Sanctuary of Truth terletak di kawasan pantai utara Pattaya, tepatnya di Soi 12 Naklua Road, Laem Ratchawet. Lokasi ini tak jauh dari pusat keramaian dan hotel di kawasan pantai Pattaya sehingga mudah dijangkau dengan kendaraan umum maupun bis pariwisata.

Apabila B'timers memiliki waktu luang yang cukup banyak saat berlibur ke Pattaya, cobalah berkunjung ke kuil ini dengan menggunakan songthaew, kendaraan lokal khas Thailand. Kuil ini buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai 5 sore. Harga tiket masuknya 700 baht (sekitar Rp 280.000) untuk dewasa dan 450 baht (sekitar Rp 180.000) untuk anak-anak. (za)

Share This Article