Sambut Pagi dengan Sunrise Indah di Pulau Kenawa | Breaktime
Sambut Pagi dengan Sunrise Indah di Pulau Kenawa
23.02.2016

Ada banyak cara untuk menikmati tahun yang terhitung masih baru ini. Bagi B'timers penggemar wisata petualangan, menyambut pagi di pulau terpencil menjadi satu pengalaman tersendiri.

Salah satu pulau kecil yang cocok untuk menikmati sunrise adalah Pulau Kenawa. Pulau kecil tanpa penghuni ini terletak di antara pulau Lombok dan pulau Sumbawa.

Untuk menuju pulau ini, B'timers harus menyeberang dari Labuan Lombok atau Pelabuhan Kayangan di Pulau Lombok. Alternatif lainnya adalah menyeberang dari Pelabuhan Pototano dari sisi Pulau Sumbawa.

Pulau Kenawa yang punya ciri khas padang rumput dan sebuah bukit yang menjulang di tengah pulau ini cocok dikunjungi sepanjang tahun. Pada musim kemarau, padang rumput berwarna kuning keemasan. Saat musim hujan, hamparan rumput dan bukit di Kenawa berubah warna menjadi hijau.

Sambut Pagi dengan Sunrise Indah di Pulau Kenawa | Breaktime
Pemandangan dari bukit Pulau Kenawa saat musim hujan

Bukit pulau Kenawa merupakan tempat favorit wisatawan untuk berfoto sekaligus menikmati sunrise dan sunset. Untuk mendapatkan sunrise di Kenawa, wisatawan harus menginap di pulau ini dengan cara mendirikan tenda atau bermalam di beberapa gazebo (berugak) di tepi pantai.

Namun karena kondisi gazebo yang sudah mulai rusak, wisatawan disarankan untuk membawa tenda apabila berencana untuk bermalam di Kenawa. Yang patut diperhatikan adalah kondisi cuaca, angin kencang, dan perlunya kesadaran membuang sampah pada tempatnya.

Mulailah mendaki bukit Kenawa sekitar 30 menit sebelum sunrise. Setiba di puncak bukit, perlahan terlihat matahari muncul dari langit Sumbawa. Suara ombak yang mengelilingi pulau kecil ini menambah indah suasana pagi di Kenawa.

Sambut Pagi dengan Sunrise Indah di Pulau Kenawa | Breaktime
Suasana pagi setelah sunrise di Pulau Kenawa

Akomodasi

Karena tidak ada penginapan di Pulau Kenawa, wisatawan yang enggan camping biasanya menginap di kampung nelayan Pototano atau sekitar pelabuhan Kayangan. Dari jarak tempuh, Pototano relatif lebih dekat dengan Kenawa dibandingkan dengan Pelabuhan Kayangan.

Menuju Kenawa

Dari arah kota Mataram di Lombok terdapat bis antar pulau menuju Sumbawa (Bima) dan bisa turun di Pototano. Wisatawan juga bisa sewa mobil atau motor dari Mataram, Senggigi, atau kawasan wisata lainnya di Lombok. Setelah tiba di Pototano, wisatawan bisa sewa perahu nelayan tradisional menuju Pulau Kenawa.

Untuk menuju Lombok, terdapat penerbangan setiap hari dari Jakarta, Surabaya, bahkan luar negeri seperti Kuala Lumpur dan Singapura. (ZA)

Share This Article