Ini Dia Salah Satu Rumah terbalik di Indonesia! | Breaktime
Rumah-Rumah dengan Model Terbalik, Salah Satunya Ada di Indonesia
24.09.2015

Memiliki rumah sendiri tentunya sangat menyenangkan bukan? Ditambah lagi jika B’timers memiliki cukup uang untuk dapat mendesainnya sendiri sekaligus berhasil mewujudkan model rumah seperti yang diinginkan.

Sampai saat ini, model dan desain rumah di seluruh dunia sangat beragam dan banyak sekali. Mulai dari yang bergaya minimalis sampai yang meniru era baroque. Akan tetapi dari banyaknya desain rumah yang ada, tidak sedikit pula yang ingin tampil nyeleneh dan antimainstream dengan membuat rumah dengan model tak lazim atau dapat dikatakan aneh.

Salah satu contohnya adalah rumah dengan desain terbalik atau dikenal dengan nama upside down home. Berikut ini adalah beberapa jenis rumah dengan desain terbalik dari seluruh dunia:

Upside-Down House

Ini Dia Salah Satu Rumah terbalik di Indonesia! | Breaktime
Upside-Down House ini dibangun di dekat pantai yang selalu ramai dikunjungi para wisatawan

Trassenheide adalah sebuah resort pinggir pantai di pulau Usedom, Mecklenburg-Vorpommern, Jerman. Daerah satu ini merupakan salah satu tujuan wisata yang banyak dikunjungi para turis. Pada tanggal 4 September 2008, seorang arsitek dari Polandia bernama Klaudiusz Golos dan Sebastian Mikiciuk mendesain sebuah rumah yang diberi nama Upside-Down House di tempat tersebut. Tujuannya agar lebih menarik minat pengunjung dari berbagai wilayah.

Devil to Root Out Evil

Ini Dia Salah Satu Rumah terbalik di Indonesia! | Breaktime
Bangunan ini merupakan replika dari gereja yang sengaja didesain terbalik

Memang sih, bangunan ini tidak dapat ditempati karena hanya merupakan art sculpture hasil karya seorang desainer asal Amerika Serikat, Dennis Oppenheim. Awalnya, sculpture ini akan didirikan di Stanford University akan tetapi ditolak oleh pihak rektorat karena ‘tidak sopan’ mempermainkan sebuah gereja yang notabene adalah tempat beribadah. Akhirnya, bangunan tersebut diletakkan pertama kali di daerah Vancouver, Kanada yang kemudian dipindah ke Calgary, Alberta.

Rumah Terbalik

Ini Dia Salah Satu Rumah terbalik di Indonesia! | Breaktime
Di dalamnya juga terdapat rumah kaca yang dapat membingungkan para pengunjung

Tidak hanya di luar negeri saja, di Indonesia, tepatnya di Malang, Jawa Timur, juga ada bangunan serupa yang diberi nama Rumah Terbalik. Bangunan yang terletak di kawasan taman wisata Eco Green Park ini didesain secara total, sehingga segala sesuatu yang berada di dalamnya didesain benar-benar terbalik seperti merefleksikan sebuah rumah yang terkena gempa bumi.

House Attack

Ini Dia Salah Satu Rumah terbalik di Indonesia! | Breaktime
Tentunya akan ngeri sekali jika harus berdiri di bawah bangunan tersebut

House Attack ini adalah sebuah bangunan besar yang pada bagian atasnya terdapat rumah yang terkesan terbalik dan hampir jatuh. Bangunan yang terletak di Vienna, Austria ini merupakan karya dari seorang desainer bernama Erwin Wurm. Dia mengatkan bahwa maksud dari desainnya tersebut adalah menyimbolkan sisi konservatif dan small-minded longing.

Upside Down White House

Ini Dia Salah Satu Rumah terbalik di Indonesia! | Breaktime
: Bahkan pilar-pilar seperti yang ada di Gedung Putih-pun juga dibuat semirip mungkin

Wisconsin Dells adalah suatu wahana yang dibuat untuk para turis. Salah satu bangunan yang menarik perhatian pengunjung adalah Upside Down White House. Bangunan satu ini memang didesain mirip aslinya dengan ukuran dan panjang juga lebarnya menyerupai bangunan Gedung Putih. Sayangnya, tidak ada seorangpun diperbolehkan untuk memasuki bangunan ini tanpa guide.

Tertarik mengunjungi salah satunya? Kemasi bawaan B’timers dan jadikan bangunan dengan desain terbalik tersebut sebagai destinasi wisata Anda.

Share This Article