Royal Palace Gyeongbokgung, Istana di Korea | Breaktime

ARTIKEL TRAVEL

Barry Kusuma

"Travel and Photography" Inspiring Photos & Video through the Lens.

Royal Palace Gyeongbokgung, Istana Terindah di Korea
18.12.2015

Bagi B’timers yang suka tentang segala hal mengenai Korea pasti ingin tahu tempat-tempat apa saja yang menarik untuk dikunjungi. Nah, tempat yang akan kita bahas ini merupakan tempat wajib yang harus Anda datangi jika suatu saat berkunjung ke Seoul. Pada zaman dulu, Korea Selatan merupakan wilayah yang dikuasai oleh beberapa kerajaan, sebagian jejak dari masa lalu masih tersisa hingga saat ini berupa gedung istana bekas pemerintahan. Dari 5 istana yang ada di Seoul Korea Selatan, salah satu di antaranya bernama istana Gyeongbokgung.

     1. Letak

Royal Palace Gyeongbokgung terletak diujung utara Sejongro Boulevard, tepatnya di alamat 22 Sajik-no, Jongno-gu, Seoul. Tidak jauh dari dari tempat tinggal presiden Korea Selatan atau yang biasa disebut Blue Haouse. 

Royal Palace Gyeongbokgung, Istana di Korea | Breaktime
Royal Palace Gyeongbokgung

     2. Akses

Untuk bisa sampai ke Royal Palace Gyeongbokgung, dapat ditempuh dengan menggunakan angkutan umum berupa kereta api bawah tanah kota Seoul atau yang disebut dengan Subway. Apabila melalui jalur 2 maka turunnya di stasiun Ganghwamun, pintu keluar lewat pintu dua, sedangkan untuk jalur 3 turun di stasiun Gyeokbokgung lalu keluar lewat pintu lima. Dari stasiun, kita hanya perlu waktu sekitar 5 menit untuk sampai ke Royal Palace Gyeongbokgung.

     3. Harga Tiket dan Fasilitas

Untuk masuk ke lokasi Royal Palace Gyeongbokgung, perlu membeli tiket seharga 3.000 won untuk orang dewasa, untuk anak-anak usia 7-18 tahun dikenai harga 1500 won. Selain hari selasa, Royal Palace Gyeongbokgung dibuka untuk umum pada jam 19.00-18.00.

Jika saat berjalan-jalan di Royal Palace Gyeongbokgung, Anda merasa lapar, kunjungi saja beberapa rumah makan dan restoran yang tersedia disekitar lokasi. Beberapa diantaranya adalah Jongno Tower-Top Cloud Restaurant, Waffle Bant, Han-Miri. Selain itu, ada juga toko-toko retail yang memudahkan Anda berbelanja makanan ringan untuk bekal selama perjalanan. 

Royal Palace Gyeongbokgung, Istana di Korea | Breaktime
Pengunjung di depan Royal Palace Gyeongbokgung

     4. Sejarah dan Daya Tarik Royal Palace Gyeongbokgung

Istana Gyeongbokgung dibangun pada tahun 1394 bekas peninggalan dari dinasti Joseon. Telah bertahan sekitar 500 tahun dengan mengalami berbagai renovasi. Gyeongbokgung adalah istana utama dan paling luas diantara 4 istana lainnya yang dibangun . luas area kurang lebih 180.000 meter2 dengan 330 bangunan. Pada mulanya terdapat  5.792 ruangan namun saat penjajahan Jepang di Korea banyak bangunan yang hancur.

Wilayah Istana Gyeongbokgung terbagi menjadi beberapa bagian seperti tempat tinggal, penyelengaraan acara kerajaan, tempat ibadah, perpustakaan dan pavilion cantik yang terletak ditengah danau kecil. Perpaduan pavilion yang berada di tengah danau dengan dilengkapi jembatan Chwihyanggyo sebagai penghubung dan latar puncak gunung Amisan membuat pemAndangan di pavilion sangat indah.

Terdapat empat gerbang untuk masuk ke komplek Istana Gyeongbokgung, gerbang utama berada pada bagian selatan yang disebut Gwanghwamun, bagian utara Sinmumun, bagian timur Yeongchumun, dan bagian barat Geonchumun.

Selain pemandangannya yang indah, hal lain yang membuat Royal Palace Gyeongbokgung menjadi sangat menarik dikunjungi adalah penataan dan gaya arsitektur bangunannya. Taman dan bangunan tertata rapi, terlihat sangat megah dan kokoh. 

Royal Palace Gyeongbokgung, Istana di Korea | Breaktime
Keindahan Royal Palace Gyeongbokgung

Tidak jauh dari lokasi istana Gyeongbokgung terdapat beberapa museum yang dapat menjadi alternatif wisata lainnya, seperti National Folk Museum of Korea, Contemporary Art Seoul dan National Museum of Modern Korea.

Berbagai pertunjukan dan event festival juga sering diadakan di istana Gyeongbokgung untuk memperkenalkan kebudayaan Korea dan menarik minat wisatawan. Biasanya pagelaran tarian tradisional yang sering dilaksanakan sebagai pertunjukan hiburan untuk para pengunjung. Jika Anda penggemar berat drama korea, ada beberapa drama yang menjadikan lokasi istana Gyeongbokgung sebagai tempat syuting, salah satunya drama berjudul Saranghae I Love You.

     5. Tips smart memotret arsitektur

  • Bangun Pagi 

Royal Palace Gyeongbokgung, Istana di Korea | Breaktime
Cuaca berperan penting dalam foto arsitektur

Memotret arsitektur tidak cukup satu hari, karena foto Arsitektur sangat bergantung dengan cuaca. Karena foto arsitektur yang baik itu ketika cahaya matahari tepat mengenai bangunan gedung didukung oleh langit (biru) yang cerah dipagi atau disiang hari. Cuaca jika sudah siang cenderung keras dan ketika sudah mulai sore hari cuaca cenderung sudah mendung / berawan.

  • Gunakan Lensa Wide 

Royal Palace Gyeongbokgung, Istana di Korea | Breaktime
Penting mendapatkan keseluruhan gambar bangunan

Lensa wide sangat dibutuhkan untuk mengcapture seluruh bangunan secara utuh, terkadang menggunakan lensa standar / kit kita tidak bisa mendapatkan keseluruhan bangunan (terpotong). Lensa wide yang disarankan range 12 sd 18mm. Jika Anda menggunakan kamera satu atau smartphone, Anda bisa menggunakan fitur panorama. Jika tidak ada juga fitur ini, Anda bisa maju atau mundur agar semua bangunan dapat diambil.

  • Detail bangunan 

Royal Palace Gyeongbokgung, Istana di Korea | Breaktime
Perhatikan detail bangunan

Memotret bangunan kita harus bisa mengambil detail dan tajam, gunakan diafragma F14 misalnya untuk bisa mendapatkan detail bangunan secara baik.

  • Tambahkan unsur lain 

Royal Palace Gyeongbokgung, Istana di Korea | Breaktime
Menambahkan unsur lain akan menghasilkan jepretan berbeda

Kalau kita merasa memotret bangunan selalu stAndar saja, cobalah cari angle yang baru. Kita bisa berkeliling bangunan tersebut untuk mencari sesuatu yang unik, angle unik ini bisa bermacam macam, salah satunya adanya refleksi dari air yang tergenang atau danau disekitar bangunan tersebut. Menambah refleksi di foto membuat foto arsitektur Anda menjadi lebih menarik.

  • Tambahkan Skala

Royal Palace Gyeongbokgung, Istana di Korea | Breaktime
Tambahkan skala pembanding di dalam foto

Bangunan-bangunan umumnya mempunyai bentuk yang tinggi dan megah, untuk mengetahui besarnya bangunan tersebut kita bisa menggunakan skala dengan memasukkan orang berada tepat di depan bangunan. Orang-orang ini kita bisa menunggunya sampai mendapatkan momen di mana turis atau travelers melewati gedung ini. Atau bisa juga ditambahkan atraksi budaya dan tarian sehingga bangunan menjadi background dan membuat foto tampak lebih dramatis.

  • Pelajari Sejarah

Royal Palace Gyeongbokgung, Istana di Korea | Breaktime
Penting mengetahui sejarah sebelum memotret sebuah bangunan

Sebelum Anda memotret bangunan bersejarah, cobalah untuk mencari tahu latar belakang sejarah dari bangunan tersebut. Dengan mengetahui sejarah dan informasi tentang bangunan tersebut, akan ada rasa ingin tahu dan mengeksplore sudut yang unik dari bangunan tersebut. (bp)

Share This Article