Destinasi Terbaik dan Terpopuler di Phuket Old Town | Breaktime
Romantisme Soi Romanee, Destinasi Cantik di Phuket Old Town
17.09.2015

Menikmati keindahan Phuket ternyata tak hanya berupa pantai dan pulau-pulau di sekitarnya. Ada satu tempat yang cukup unik di pulau terbesar di Thailand Selatan ini, namanya Soi Romanee.

Soi Romanee atau Soi Romani merupakan nama sebuah jalan (soi) yang berada di jantung Phuket Old Town. Keunikan kawasan ini adalah berupa bangunan-bangunan tua peninggalan China dan Portugis yang masih terjaga hingga era modern.

Meskipun sudah lama berdiri sejak abad ke-18, namun lokasi ini baru beberapa tahun terakhir menarik minat wisatawan setelah sejumlah investor dan pengusaha lokal merombaknya menjadi sebuah destinasi wisata.

Destinasi Terbaik dan Terpopuler di Phuket Old Town | Breaktime
Lokasi Soi Romanee terletak di jantung Phuket Old Town

Pada jaman dulu, Soi Romanee terkenal sebagai sebuah kawasan kumuh dan lokasi pengedar narkoba. Bangunan-bangunan tua di kawasan ini juga sempat lama ditinggalkan penguninya sehingga seperti sebuah kota mati.

Namun di awal tahun 2000, pemerintah setempat dan pengusaha sektor wisata berinisiatif untuk mengubahnya menjadi destinasi wisata, Soi Romanee mulai bersolek. Kini, bisa dengan mudah kita temui kafe, restoran, dan penginapan bergaya tempo dulu di sepanjang jalan Romanee.

Destinasi Terbaik dan Terpopuler di Phuket Old Town | Breaktime
Soi Romanee identik dengan bangunan tua bergaya China - Portugis

Tak hanya bangunan klasik bergaya China - Portugis, daya tarik Soi Romanee lainnya adalah night market yang rutin digelar tiap akhir pekan. Selain itu ada Old Phuket Town Festival yang menjadi agenda tahunan para wisatawan mengunjungi kawasan ini.

Soi Romanee cocok dikunjungi hampir sepanjang tahun, namun periode terbaik adalah saat musim panas dimana pada sore hingga malam hari pengunjung bisa menikmati sajian lampu warna-warni dan lampion di sepanjang jalan yang panjangnya kurang lebih hanya sekitar 500 meter ini.

Destinasi Terbaik dan Terpopuler di Phuket Old Town | Breaktime
Kawasan ini menjadi spot favorit wisatawan untuk berfoto di Phuket Old Town

Untuk menuju Soi Romanee, wisatawan bisa menggunakan jasa paket tur dari Bandara Phuket, Phuket Old Town, atau kawasan wisata di Patong Beach. Wisatawan juga bisa menggunakan jasa transportasi umum dengan naik bis dari Patong menuju Terminal Phuket, dilanjutkan naik taksi ke kawasan ini.

Soi Romanee terletak di Thalang Road, Phuket Old Town. Lokasi bangunan-bangunan tua berada di antara ujung Thalang Road dan Dibuk Road. Jangan lupa bawa serta kamera untuk mengabadikan keindahan Soi Romanee.

Tips:

  • Lokasi ini mudah dijangkau dengan alat transportasi umum seperti bus dan taksi. Pastikan menyiapkan mata uang Thailand dengan pecahan kecil untuk membayar biaya angkutan.
  • Bawalah kamera saat mengunjungi Soi Romanee.
  • Periode terbaik untuk mengunjungi Soi Romanee adalah saat musim panas.

Share This Article