Raja Ampat dan Flores Masuk Destinasi Snorkeling Terbaik Dunia | Breaktime
Raja Ampat dan Flores Masuk Destinasi Snorkeling Terbaik Dunia
15.09.2015

B'timers yang gemar wisata bawah laut, terutama snorkeling dan diving, patut bangga karena dua lokasi di Indonesia masuk kategori "10 Destinasi Snorkeling Terbaik di Dunia".

Dua tempat tersebut sebenarnya sudah tak asing lagi bagi traveler yang gemar snorkeling dan diving, yakni Raja Ampat di Papua Barat dan Taman Nasional Komodo di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Menurut laporan CNN Travel, Raja Ampat menempati urutan teratas berdasarkan penelitian pakar kelautan yang mengkategorikan berbagai lokasi sebagai tempat favorit untuk snorkeling.

Wilayah Raja Ampat merupakan lokasi dengan konsentrasi kehidupan laut terbaik di dunia berdasarkan ukuran daerah dan terdiri dari 75 persen spesies karang di seluruh dunia.

Raja Ampat dan Flores Masuk Destinasi Snorkeling Terbaik Dunia | Breaktime
Pemandangan pulau-pulau karst di Raja Ampat

Selain spesies karang, Raja Ampat juga merupakan habitat bagi 1000 spesies ikan yang berbeda, belum termasuk kura-kura laut dan pari manta. Tak heran bila lokasi ini menjadi "surga" bagi penggemar bawah laut, terutama snorkeling dan diving.

Keindahan Raja Ampat tak hanya berada di bawah laut, tetapi juga panorama pulau-pulau kecil dan perairan seluas 50 ribu kilometer persegi yang mengelilingi kawasan Kabupaten Raja Ampat ini.

Sementara itu Taman Nasional Komodo memiliki daya tarik yang tak kalah unik dari Raja Ampat, yakni keberadaan "kadal purba" Komodo di Pulau Komodo dan Pulau Rinca.

Raja Ampat dan Flores Masuk Destinasi Snorkeling Terbaik Dunia | Breaktime
Wisatawan berfoto dengan satwa purba komodo di Pulau Komodo

Kawasan Kepulauan Komodo sendiri telah menjadi Situs Warisan Dunia selama lebih dari tiga puluh tahun, dengan kondisi terumbu karang, pantai (sebagian di antaranya memiliki pasir pantai berwarna pink), serta pulau-pulau yang dilindungi.

Raja Ampat dan Taman Nasional Komodo sejajar dengan lokasi-lokasi eksotik lainnya di penjuru dunia, di antaranya adalah Kepulauan Galapagos (Ekuador), The Coral Triangle (Asia Pasific), Filipina, Silver Bank (Republik Dominika), Palau (Micronesia), Great Barrier Reef (Australia), Solomon Islands, dan Isla Holbox (Meksiko).

Tips:

  • Sebaiknya bawa perbekalan dari Sorong karena harga makanan di Raja Ampat jauh lebih mahal.
  • Untuk kenyamanan, bawa sendiri perlengkapan diving dan snorkeling Anda.

Share This Article