Rahasia Liburan Seru ke Tempat Hiburan Anak | Breaktime
Rahasia Liburan Seru ke Tempat Hiburan Anak
22.08.2017

Tidak semua keluarga menyukai kegiatan berwisata ke tempat hiburan anak, meski aktivitas tersebut menjadi tak terhindarkan bagi keluarga dengan anak-anak yang belum menginjak usia remaja dan masih menyukai wahana bermain dan semacamnya. Untuk mendapatkan kegiatan berlibur sekeluarga bersama anak-anak yang seru sekaligus tetap aman, B’timers perlu memperhatikan beberapa tips berikut ini.

Sebelum memutuskan hendak berlibur ke mana, Anda dan pasangan sebaiknya mengecek website tempat rekreasi keluarga yang akan dikunjungi jauh-jauh hari terlebih dahulu. Selain untuk mengetahui jam operasional, Anda juga dapat memastikan peraturan khusus apa saja yang perlu dipatuhi. Menariknya lagi, website tersebut biasanya menawarkan beberapa paket liburan maupun diskon khusus pada hari atau tanggal tertentu yang dapat Anda manfaatkan. Supermarket maupun surat kabar langganan Anda biasanya juga memberikan potongan tiket masuk ke tempat wisata tertentu yang bekerja sama dengan mereka. Daripada sekedar memilih tempat hiburan anak, Anda bisa lho berburu diskon khusus untuk berhemat sehingga uangnya bisa dialokasikan untuk hal lain, seperti membeli bekal selama di perjalanan.

Selain itu, memilih tempat rekreasi untuk sekeluarga akan jauh lebih sulit apabila Anda memiliki anak-anak dengan rentang usia yang cukup jauh. Misalnya, Anda memiliki seorang anak yang telah menginjak usia remaja serta adiknya yang masih balita atau berusia sekolah dasar. Mengapa demikian? Anak-anak dari berbagai kelompok usia berbeda biasanya memiliki preferensi wahana taman bermain yang berbeda. Anak yang sudah beranjak remaja biasanya akan menyukai wahana yang cenderung menguras adrenalin seperti roller coaster dan waterboom bertingkat-tingkat. Sebaliknya, anak-anak dengan usia lebih muda memilih permainan yang menyenangkan namun tidak terlalu menantang, seperti teacups atau bianglala. Haruskah Anda meminta anak yang lebih tua untuk mengalah dan menuruti keinginan si balita untuk berkunjung ke baby zoo saja?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Surga Tempat Wisata Sayang Anak di Tangerang

Jangan khawatir, B’timers! Saat ini, telah tersedia berbagai arena wisata dengan aneka ragam wahana dan permainan bagi setiap kelompok usia sehingga Anda tak perlu khawatir untuk menyenangkan masing-masing buah hati Anda. Anda juga tak perlu bingung bepergian jauh ke pusat kota untuk mengunjungi tempat wisata keluarga karena lokasi semacam itu telah menjadi salah satu prioritas dalam tata kota modern. Artinya, hampir setiap kota dan kabupaten saat ini telah memiliki tempat rekreasi taman bermain sendiri. 

Rahasia Liburan Seru ke Tempat Hiburan Anak | Breaktime
Wisata alam dan pusat penangkaran binatang bisa jadi tempat hiburan anak (anekatempatwisata.com)

Setelah memutuskan tempat rekreasi mana yang akan dituju, ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan dari anak-anak dan seluruh anggota keluarga. Pertama, oleskan sunscreen di sekujur tubuh anggota keluarga yang tidak terbalut pakaian. Anda juga bisa memberikan tabir surya pada kulit kepala pasangan dan anak lelaki Anda yang berambut pendek karena tetap berisiko terkena sun burn. Selain menghitamkan kulit, kulit yang terlalu lama terpapar sinar matahari di atas jam 9 juga akan terasa sakit dan berisiko mengalami kanker kulit.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Surga Indonesia, Air Biru Danau Cilembang

Untuk menghindari efek jahat sinar matahari, Anda dapat mempertimbangkan untuk berkunjung ke tempat rekreasi pada saat cuaca tidak terik atau bahkan cenderung mendung berawan sejak pagi. Selain mengurangi peluang terjadinya sun burn, kebanyakan keluarga biasanya akan menghindari berwisata saat hari hendak hujan. Jangan khawatir apabila hujan benar-benar turun, apalagi ketika Anda telah membekali diri dan keluarga dengan payung, jas hujan, serta pakaian yang aman dikenakan saat hujan (misalnya pakaian yang tidak terlalu tipis dan tidak tembus pandang saat terkena air). Manfaat lainnya ialah mengurangi jumlah orang yang mengantri di setiap wahana sehingga Anda dan keluarga tidak perlu menghabiskan waktu seharian hanya untuk mengantri di berbagai wahana permainan favorit.

Setelah menyiapkan kondisi fisik Anda dan keluarga, siapkan juga perbekalan yang cukup untuk mengisi perut selama di perjalanan maupun di tempat rekreasi. Untuk anak-anak yang tidak lagi mengenakan diaper, terapkan aturan minum khusus agar mereka tidak mengalami dehidrasi. Caranya, minta mereka untuk minum air putih hingga mereka kencing secara rutin dalam sehari. Drink until you pee, demikian saran para pemerhati kesehatan. Anda perlu waspada apabila anak Anda jarang buang air kecil selama di tempat rekreasi karena hal tersebut berarti anak Anda berpotensi mengalami dehidrasi.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tempat Rekreasi Keluarga Terbaik di Jabodetabek

Terakhir, ambillah foto Anda dan sekeluarga sesaat sebelum berangkat ke tempat hiburan anak. Selain sebagai kenang-kenangan, foto ini nantinya akan bermanfaat untuk mengingat kembali pakaian yang dikenakan setiap anggota keluarga sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk saling menemukan di tengah kerumunan. Selain itu, foto tersebut juga bisa membantu petugas keamanan taman hiburan untuk ikut mencari apabila terdapat salah satu anak Anda yang menghilang sewaktu-waktu.

Selamat berlibur bersama anak dan keluarga ya, B’timers! (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE