Rahasia Keindahan Papandayan Ada Di Gubberhood | Breaktime
Rahasia Keindahan Papandayan Ada Di Gubberhood
03.02.2017

Sebagian besar masyarakat Indonesia kini sedang senang-senangnya mendaki gunung, khususnya untuk para muda-mudi. Apakah B’timers juga termasuk salah satu yang sedang hobi mendaki gunung? By the way, gunung apa saja yang sudah pernah Anda kunjungi? Saat akan mendaki gunung, tentu banyak yang harus disiapkan, mulai dari fisik hingga barang-barang yang akan dibawa. Tetapi semua itu tentu disesuaikan dengan gunung mana yang akan Anda taklukkan bersama dengan teman pendaki lainnya.

Di Indonesia banyak sekali gunung-gunung berjajar untuk didaki dengan berbagai macam medan dan ketinggian. Ada yang hanya setinggi 1.000 mdpl atau bahkan yang termasuk dalam seven summit juga ada di Indonesia. Salah satu pulau dengan jumlah gunung terbanyak adalah Pulau Jawa.

Di Jawa Barat ada sebuah gunung yang tak kalah terkenalnya dan sering menjadi sasaran pendakian para pendaki, yaitu Gunung Papandayan. Satu hal lagi yang perlu Anda ketahui bahwa setiap gunung di Indonesia memiliki pos pendakian. Tempat ini seringkali digunakan untuk beristirahat sejenak atau bahkan berkemah. 

Rahasia Keindahan Papandayan Ada Di Gubberhood | Breaktime
Lokasi pos Gubberhood

Di Gunung Papandayan sendiri terdapat dua pos yang sering jadi alternatif untuk berkemah, yaitu pos Pondok Salada dan pos Gubberhood. Tetapi, kali ini Breaktime akan mengupas habis tentang indahnya pos Gubberhood di Papandayan. Pos Gubberhood ini dikenal dengan keindahannya yang menyuguhkan pemandangan kota, kawah gunung, bahkan sunrise atau matahari terbit. Perfect your moment dengan menyantap mi instan hangat, makanan khas anak gunung.

Lokasi pos Gubberhood ini berjarak 1 – 2 km dari titik awal pendakian. Pos Gubberhood ini cenderung sepi oleh tenda-tenda para pendaki, karena pos pendakian utamanya adalah pos Pondok Salada. Nah, kalau di Pondok Salada sudah penuh, Anda boleh banget membangun tenda di Gubberhood.

Saat Anda akan membangun tenda, pilih posisi yang paling oke, B’timers, yaitu berada di puncak punggung gunung dan arahkan tenda menghadap ke arah kawah gunung. Ketika pintu tenda tepat mengahadap arah kawah, pagi harinya Anda akan mendapatkan pemandangan menakjubkan dari cahaya matahari yang malu-malu menampakkan sinarnya. Yup, best sunrise di Papandayan yang jarang Anda temui di gunung-gunung lainnya.

Selain itu, dari pos Gubberhood Anda juga bisa melihat pemandangan hutan mati dari kejauhan, kepulan asap kawah Papandayan, dan bentang alam yang jelas menampakkan punggung-punggung Gunung Papandayan. Pemandangan-pemandangan tersebut bisa banget Anda jadikan objek atau background foto yang Instagramable. 

Rahasia Keindahan Papandayan Ada Di Gubberhood | Breaktime
Posisi yang oke untuk berkemah di Gubberhood

Pos Gubberhood mampu menampung kurang lebih 20 tenda. Medan untuk membangun tenda pun juga didominasi dengan tanah yang landai tidak berbatu. Di sana Anda juga akan menemukan warung dan toilet bersih yang nyaman.

Area perkemahan Gubberhood ini berada di persimpangan pos Pondok Salada setelah Anda melewati celah bukit Lawang Angin. Dari persimpangan tersebut, pendaki akan langsung menuju celah berupa puncak punggung gunung untuk menuju pos Gubberhood.

Pos Gubberhood selalu jadi favorit para pendaki untuk menikmati sisi lain dari keindahan tersembunyi Gunung Papandayan. B’timers yang belum pernah mendaki ke Gunung Papandayang, mulai sekarang buat plan deh, untuk menaklukkan gunung yang ada di Jawa Barat ini. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE