Ragam Pantai Terindah di Papua Selain Raja Ampat | Breaktime
Ragam Pantai Terindah di Papua Selain Raja Ampat
25.09.2017

Papua merupakan provinsi di ujung timur Indonesia yang memiliki kawasan terluas di antara provinsi lain sekaligus berada dalam wilayah administrasi pulau terbesar di Indonesia dan pulau terbesar kedua di dunia setelah Greenland. Berbatasan dengan negara Papua Nugini di belahan timur, Papua memiliki eksotisme tersendiri yang masih tak terjamah oleh sebagian besar wisatawan Indonesia maupun dunia.

Di samping kekayaan budaya tradisional khas suku-suku pedalaman Papua yang masih jauh dari modernisme, Papua merupakan surga alami dari berbagai  satwa dan tumbuhan endemik. Kekayaan alam Papua dipercantik dengan bentangan garis pantai yang tak kalah memesona dibandingkan dengan Maladewa maupun Hawaii. Selain dari Kepulauan Raja Ampat yang telah tersohor kecantikannya, ternyata masih ada banyak pantai terindah di Papua yang menyimpan keindahan tersembunyi.

Dimulai dari ujung barat laut Provinsi Papua, tepatnya di Distrik Makbon, Sorong, terdapat Pantai Pulau Um yang menjanjikan ketenangan khas wisata pantai yang masih perawan. Meski merupakan pulau tersendiri, Pulau Um bisa terbilang cukup kecil karena B’timers hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk mengelilingi pulau ini dengan berjalan kaki. Selain wisata pantai yang tersembunyi dan jauh dari hiruk-pikuk wisatawan, Pantai Pulau Um juga akan memanjakan Anda yang memiliki hobi diving maupun snorkeling. Surga dunia wisata yang satu ini juga dikenal sebagai habitat kelelawar dan burung camar, seperti namanya Um yang dalam bahasa lokal berarti “kelelawar”. Warga Kampung Malaumkarta memiliki sumbangsih besar dalam menjaga keaslian pulau ini, termasuk melarang wisatawan untuk menangkap fauna laut tertentu.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Wujud Nyata Negeri Dongeng, No. 3 Di Indonesia!

Berjarak sekitar 40 kilometer dari Kota Sorong dalam jarak tempuh 2 hingga 3 jam perjalanan, Anda akan terlebih dahulu menaiki transportasi dari Sorong ke Dermaga Pantai Makbon dengan tarif sekitar 20 ribu Rupiah, kemudian dilanjutkan dengan speedboat menuju Pulan Um selama 30 menit. Perjalanan yang cukup jauh tak akan begitu terasa karena panorama laut lepas yang begitu memukau, belum lagi dengan eksotisme Pantai Pulau Um yang menanti Anda di tujuan. 

Ragam Pantai Terindah di Papua Selain Raja Ampat | Breaktime
Bersua dengan Paus Bryde sambil diving di Pantai Teluk Triton

Wisata snorkeling juga bisa Anda lakukan di Pantai Teluk Triton, Papua. Terletak di wilayah administratif Distrik Kaimana, Kabupaten Kaimana, Pantai Teluk Triton tak hanya menjanjikan pesona alam namun juga peninggalan sejarah yang unik. Pantai yang satu ini lumayan susah dijangkau karena B’timers harus menunggu jadwal penerbangan atau kapal khusus dari Kaimana menuju Teluk Triton. Setelah mampir terlebih dahulu ke Teluk Etna, lanjutkan perjalanan Anda dengan menyewa longboat atau speedboat dengan jarak tempuh sekitar setengah jam.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
4 Destinas Keren Di Foto, Begini Kenyataannya!

Sesampainya di Teluk Triton, jangan lupa nikmati keindahan bentangan tebing karang yang terdapat lukisan kemerahan sisa peradaban kuno Papua, mirip dengan yang akan banyak Anda jumpai di tebing-tebing khas zaman prasejarah di Amerika Latin. Ketika laut yang tertutup dinding-ding karang sedang tenang, Anda bisa berenang sambil menyapa beberapa ekor kawanan Paus Bryde yang cukup langka. Anda juga bisa menyelam sambil menikmati keindahan terumbu karang yang menjanjikan keindahan laut dangkal serta lokasi tepat untuk menyaksikan bintang laut langka tepat di habitat alaminya.

Terletak di kawasan konservasi alam Raja Ampat, terdapat Pulau Wayag yang bertengger cantik di ujung terjauh Papua. Secara administratif, wilayah pantai terindah di Papua yang satu ini berada di Distrik Waigeo Barat, Kabupaten Raja Ampat. Pesona bawah laut dan panorama pantainya tak kalah eksotis dari Raja Ampat yang terletak di sebelahnya persis. Hamparan kebiruan laut, pepohonan menghijau, serta deretan pulau kapur dan pulau karang merupakan pemandangan yang dapat Anda temui di sekitar Pulau Wayag. Wisata alam Anda akan dimanjakan dengan keindahan terumbu karang dan kawanan ikan yang berenang di laut jernih yang masih terjaga keasliannya. Lakukan pendakian ke puncaknya dan saksikan keindahan ujung timur Indonesia hanya dengan merogoh kocek 250 ribu Rupiah melalui Hotel JE Meridien, tepat di seberang Bandara Dominik Eduard Osok, Sorong.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
4 Danau Mematikan Di Dunia, Indonesia Juga Punya!

Pantai terindah di Papua selanjutnya ialah Pantai Tanjung Kasuari yang juga terletak di wilayah administratif Kota Sorong. Hamparan pasir putih nan lembut dan jajaran pohon kelapa di sepanjang bibir pantai merupakan pemandangan khas yang akan Anda jumpai di sana. Ombaknya yang tenang dijamin akan menggoda Anda untuk segera menceburkan diri dan berenang hingga puas.

Yuk segera kemasi perlengkapan berlibur Anda dan pesan tiket ke Papua! (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE