Pura Taman Mayura, Destinasi Bersejarah Lombok | Breaktime
Pura Taman Mayura, Destinasi Bersejarah Lombok
29.08.2016

Jika Anda berwisata ke Pulau Lombok, jangan lewatkan untuk mengunjungi salah satu wisata oke di sana, yaitu Pura Taman Mayura. Wisata Lombok tidak melulu pantai, banyak juga wisata budaya atau sejarah seperti ini. Pura Taman Mayura sendiri terletak di Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram.

Pura Taman Mayura dibangun oleh Raja A.A Made Karangasem pada tahun 1744. Pada awal berdirinya, taman ini bernama Taman Kelepug, yang diambil dari suara aliran air dari mata air yang jatuh ke kolam. Namun kemudian nama itu diganti oleh Sang Raja pada tahun 1866 dengan nama Mayura. Nama Mayura diambil dari bahasa Sansekerta yang berarti ‘burung merak’.

Suasana unik sangan identik ketika Anda memasuki kawasan wisata ini. Suasana alam yang masih asri, religius, dan bersejarah bercampur menjadi satu. Wisata ini dibagi menjadi dua area, yaitu area taman dan area pura.

Pura Taman Mayura, Destinasi Bersejarah Lombok | Breaktime
Area taman di Pura Taman Mayura

Di area taman ditanami pohon-pohon manggis dan rumput hijau yang sangat terawat. Tanaman tersebut ditata sangat rapi. Anda juga akan melihat sebuah kolam yang di tengahnya terdapat sebuah bangunan yang disebut dengan Rat Kerte atau yang sering disebut dengan Gili yang dalam bahasa sasak berarti pulau kecil. Pada zaman dahulu, Rat Kerte ini digunakan untuk tempat berkumpul melakukan pertemuan atau menjamu tamu kerajaan.

 Di area pura Anda akan menemui empat pura utama, yaitu Pura Gunung Rinjani, Pura Ngelurah, Pura Padmasana, dan Pura Gedong. Di area pura ini seringkali dijadikan tempat peribadatan oleh umat Hindu dan Anda akan merasakan suasana yang sangat religius.

Pura Taman Mayura, Destinasi Bersejarah Lombok | Breaktime
Pura Gedong di Pura Taman Mayura

Untuk menuju Pura Taman Mayura, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit dari pusat Kota Mataram. Jadi, tunggu apalagi? B’timers yang sedang traveling ke Kota Mataram, kunjungi tempat wisata budaya dan bersejarah ini. (vpd)

Share This Article