Pulo Aceh: Primadona Baru Di Ujung Indonesia | Breaktime
Pulo Aceh: Primadona Baru Di Ujung Indonesia
27.02.2017

Di tahun 2017 ini, Anda pasti sudah punya banyak rencana untuk liburan bareng keluarga ataupun teman-teman satu geng. Daftar destinasi yang akan dikunjungi mungkin juga sudah B’timers buat list. Tetapi, apakah Pulo Aceh masuk dalam daftar destinasi tujuan wisata Anda tahun ini? Atau jangan-jangan Anda belum pernah mendengar nama Pulo Aceh? Sayang sekali B’timers kalau Anda belum pernah mendengarnya.

Pulo Aceh adalah nama untuk sebuah kecamatan yang ada di Kabupaten Aceh Besar. Pulo Aceh adalah sebuah kecamatan yang merupakan daerah kepulauan. Di Pulo Aceh terdapat dua pulau besar yaitu Pulo Nasi dan Pulo Breuh. Di Pulo Aceh ini terdapat tiga pemukiman dan 17 gampong. Apa itu gampong? Gampong adalah sebutan untuk sebuah desa dalam bahasa Aceh.

Pulo Aceh: Primadona Baru Di Ujung Indonesia | Breaktime
Mengeksplor pantai yang ada di Pulo Aceh (Photo by Google)

Pulo Aceh terdiri dari 4.385 jiwa penduduk atau sekitar 1.344 kepala keluarga. Mata pencaharian utama penduduk Pulo Aceh adalah nelayan dan petani. Pulo Aceh ini juga masuk dalam kawasan Sabang yang merupakan daerah paling ujung Indonesia. Meski begitu, daerah kepulauan ini ternyata menyimpan potensi wisata yang menakjubkan. Mulai dari wisata bahari sampai dengan wisata sejarah ada semua di sana.

Banyak destinasi yang bisa dinikmati di Pulo Aceh, antara lain Pantai Nipah, Pantai Deumit, Pantai Deudap, Pantai Alue Reuyeng, Pantai Pasi Raya, Pantai Balu, Pantai Alue Raya, Pantai Pasi Raya, Pantai Mata-ie, Pantai Krisek, dan masih banyak lagi.

Tak hanya wisata alam laut yang memukau, Pulo Aceh juga punya beberapa wisata sejarah yang harus dikunjungi. Terdapat sebuah mercusuar peninggalan Belanda yaitu Mercusuar William Toren. Percayakah Anda kalau mercusuar ini usianya sudah 139 tahun, lho!. Mercusuar dengan ketinggian 85 meter ini terletak di Pulo Breuh. Nah, kalau di Pulo Nasi juga ada satu destinasi sejarah yaitu Makam Raja Kandang.

Pulo Aceh: Primadona Baru Di Ujung Indonesia | Breaktime
Mercusuar William Toren (Photo by Google)

Pulo Aceh adalah pulau di ujung Indonesia yang memang masih belum terlalu modern. Namun, pemerintah kabupaten terus mengembangkan fasilitas dan akomodasi yang ada di kepulauan ini. Pemerintah daerah Pulo Aceh mengembangkan potensi wisata mereka dengan terus rajin melakukan even-even untuk menarik wisatawan.

Tetapi pulau ini sebenarnya cocok banget untuk Anda yang suka banget berpetualang dengan mengeksplor lautan. Apalagi ketika malam hari, Anda akan disuguhkan dengan panorama langit dengan jutaan bintang yang terlihat jelas. Jarang-jarang, kan Anda bisa melihat pemandangan seperti ini, khususnya untuk B’timers yang hidup di kota-kota besar.

Meski demikian, Pulo Aceh punya penduduk yang sangat ramah. Mereka dengan senang hati akan membantu Anda menghabiskan waktu berlibur ke berbagai sudut yang ada di Pulo Aceh. Nggak perlu pikir panjang lagi, mulai sekarang ganti list liburan Anda ke Pulo Aceh untuk menikmati indahnya alam dan sejarah dalam satu kepulauan. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE