Pulau Pasir: Pulau Ajaib Di Tengah Laut Belitung | Breaktime
Pulau Pasir: Pulau Ajaib Di Tengah Laut Belitung
16.02.2017

Kepulauan Bangka Belitung sepertinya mulai menjadi primadona wisata di Indonesia. Bagaimana tidak, Bangka Belitung terdiri atas pulau-pulau yang memiliki karakteristik yang menawan. Beberapa pulau memiliki keindahan batu-batuan granit yang menjulang tinggi. Salah satu yang paling menarik adalah Belitung. Kepulauan ini mulai dikenal sejak menjadi lokasi syuting film Laskar Pelangi.

Belitung juga memiliki pulau-pulau kecil yang mengesankan. Salah satu yan wajib dikunjungi wisatawan saat berlibur di Belitung adalah Pulau Pasir. Mengapa pulau ini disebut dengan Pulau Pasir? Ini karena di sana hanya terdapat hamparan pasir putih bersih di antara air laut yang jernih.

Pulau ini tidak selalu ada, karena hanya akan muncul saat air laut mulai surut. Pulau Pasir ternyata satu paket dengan paket island hopping. Nah, karena munculnya Pulau Pasir hanya di waktu-waktu tertentu, maka jika Anda ingin pergi ke pulau ini harus berkoordinasi dengan tim tour guide atau driver boat. Kalau dari pantai Tanjung Kelayang menuju ke Pulau Pasir membutuhkan waktu sekitar 15 sampai 20 menit saja.

Pulau Pasir: Pulau Ajaib Di Tengah Laut Belitung | Breaktime
Inilah gundukan cantik di tengah laut Belitung (Photo by travelingyuk.com)

Dataran ini hanya memiliki luas 100 meter persegi. Meski begitu, Pulau Pasir selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang ke Belitung. B’timers pasti bertanya-tanya apa saja yang bisa dilakukan di pulau yang hanya akan muncul di waktu tertentu tersebut? Tentu banyak sekali B’timers.

Pertama, Anda bisa berfoto dan bebas mengambil spot keren di sekitar Pulau Pasir. Bisa berfoto selfie atau memotret keindahan landscape Pulau Pasir yang tak kalah dengan pulau-pulau lainnya, seperti Pulau Batu Berlayar, Pulau Lengkuas, Pulau Burung, dan lain-lainnya.

Pulau Pasir: Pulau Ajaib Di Tengah Laut Belitung | Breaktime
Sekumpulan bintang laut ini menghiasi Pulau Pasir (Photo by Google)

Tak hanya berfoto, sih. Anda bisa sepuasnya bermain air atau berenang di sekitar Pulau Pasir ini. Tak bisa dipungkiri, air laut di sekitar pulau ini memang sangat jernih berwarna hijau kebiruan. Cantik banget, deh, B’timers. Nggak rugi jika Anda menanti-nanti pulau ini muncul ke permukaan.

Satu hal lagi yang terkenal dari pulau ini adalah bintang laut. Saat pulau ini mulai muncul, di atas pasirnya Anda akan menemukan banyak bintang laut. Apa istimewanya? Bintang laut ini memiliki ukuran yang besar dengan warna merah kecoklatan yang sangat cantik. Jika Anda tidak bisa menemukan bintang laut di atas gundukan pasir, maka Anda bisa mencarinya di dalam air di sekitar Pulau Pasir.

Kalau Anda ke Belitung jangan lupa, deh untuk mampir ke Pulau Pasir. Eits, yang paling penting tetap jaga kebersihan lingkungan pantai di semua pulaunya, ya. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE