Pulau Nusakambangan dengan Keindahan Tersembunyi | Breaktime
Pulau Nusakambangan dengan Keindahan Tersembunyi
28.07.2016

Memang lebih dikenal dengan sebutan Pulau Penjara, sih, B’timers. Tapi siapa yang menyangka Pulau Nusakambangan ternyata menyimpan pesona yang menakjubkan. Ya, ada banyak destinasi menarik yang ditawarkan pulau di lepas pantai Cilacap ini. Nah, penasaran, kan? Intip pesona tersembunyi yang ada di Pulau Nusakambangan, yuk, B’timers!

Pantai Permisan

Tidak kalah indah dengan pantai lain di Indonesia, lho. Kebanyakan pantai yang ada di Nusakambangan masih perawan karena jarang dikunjungi, wisatawan, B’timers. Pantai yang paling sering mendapatkan kunjungan adalah Pantai Permisan. Selain keindahannya, di sini juga ada Monumen Pisau Komando.

Pulau Nusakambangan dengan Keindahan Tersembunyi | Breaktime
Pulau Majethi yang berdiri kokoh di Pantai Karang Pandan

Pantai Karang Pandan

Berlokasi di sebelah timur pulau, pantai dengan pasir putih ini termasuk jarang dikunjungi wisatawan. Di hadapan berdiri tegak dua buah pulau karang yang disebut Pulau Majethi. Sementara bagi warga setempat Pantai Karang Pandan dijadikan sebagai tempat untuk melakukan ritual larung sesaji, B’timers.

Benteng Karang Bolong

Dibangun tahun 1837, benteng peninggalan Belanda ini memberikan kesan yang sedikit mistis. Apalagi ditambah dengan tanaman merambat di tembok-temboknya. Anda bisa menyusuri ruangan-ruangan dan lorong di dalamnya. Bahkan ada salah satu yang tembus hingga Benteng Pendem di Cilacap, lho!

Pulau Nusakambangan dengan Keindahan Tersembunyi | Breaktime
Berani masuk dan menjelajah, B’timers?

Goa Ratu

Anda juga akan mendapatkan pesona selain pantai di Pulau Nusakambangan. Salah satunya adalah goa unik dengan kecantikannya. Panjangnya sekitar 4 kilometer, ornament berupa stalagtit dan stalagmit. Boleh menyusuri goa, goa, kok. Namun jangan mengambil foto, karena tempat ini dianggap keramat.

Kampung Laut

Sebelah utara Pulau Nusakambangan terdapat selat kecil, yang dikenal dengan sebutan Segara Anakan. Dan ada Kampung Laut yang akan Anda jumpai jika menyusuri selat ini hingga ke sisi barat pulau. Daya tariknya adalah pantai dan goa-goanya, atau sekedar menikmati keindahan hutan mangrove.

Dan ternyata di balik namanya yang negatif, ada pesona nan indah di Pulau Nusakambangan, ya, B’timers? SIap berlibur dan menjelajahi pulau keren ini? (NO)

Share This Article