Pulau Moyo dan Pesona Air Terjun yang Memikat Lady Diana | Breaktime
Pulau Moyo dan Pesona Air Terjun yang Memikat Lady Diana
21.05.2015

B'timers pernah mendengar tentang Pulau Moyo? Pulau yang berlokasi di utara Pulau Sumbawa ini dikenal sebagai salah satu destinasi yang wajib dikunjungi saat traveling ke Nusa Tenggara.

Pulau Moyo terletak kurang lebih tiga kilometer di lepas pantai utara Sumbawa. Pulau ini dikenal masih alami, dengan hutan khas Sumbawa, padang rumput, serta garis pantai yang memanjang di sisi utara.

Pulau seluas 32 ribu hektar ini secara administratif berada di wilayah Desa Labuan Aji dan Desa Sebotok, Kabupaten Sumbawa. Kurang lebih 2.000 penduduk asli menempati enam dusun yang berada di Pulau Moyo.

Pulau Moyo dan Pesona Air Terjun yang Memikat Lady Diana

Pesona Pulau Moyo makin mendunia setelah mendiang Putri Diana dari Inggris semasa hidupnya pernah berkunjung dan menikmati keindahan pulau ini. Pulau Moyo memang terkenal di kalangan wisatawan asing karena berada di jalur sailing trip dari Bali atau Lombok menuju kawasan Flores dan Taman Nasional Komodo.

Daya tarik Pulau Moyo adalah air terjun yang berada di tengah pulau. Aliran sungai dari mata air di Pulau Moyo dengan kontur tanah berbukit-bukit membuat pulau ini kaya dengan air terjun-air terjun eksotik dengan aliran air yang masih jernih dan bersih.

Untuk menuju air terjun di Pulau Moyo ini kita harus berjalan kaki sejauh kurang lebih tiga kilometer dari pantai. Setelah trekking selama dua puluh sampai tiga puluh menit, kita akan menemukan air terjun berundak-undah dengan aliran air yang masih sangat jernih dan segar karena belum tersentuh oleh polusi non organik.

Pulau Moyo dan Pesona Air Terjun yang Memikat Lady Diana

Biasanya, wisatawan yang menuju air terjun ini langsung mandi di bawah derasnya aliran air terjun Pulau Moyo. Hal ini dikarenakan beberapa wisatawan yang datang ke pulau ini melewati jalur sailing trip, sehingga kesulitan mendapatkan air tawar selama beberapa hari perjalanan di laut.

Tak hanya mandi air dan berenang di bawah air terjun, wisatawan juga bisa memanjat bukit di sebelah air terjun untuk menuju kolam sungai yang berada di bagian atas. Pada salah satu kolam terdapat cekungan sedalam empat meter yang menjadi lokasi favorit wisatawan untuk melakukan terjun bebas dari atas batu atau ranting pohon setinggi lima sampai enam meter.

Akomodasi

Pulau Moyo dan Pesona Air Terjun yang Memikat Lady Diana

Amanwana Resort merupakan satu-satunya resort berkelas bintang lima yang terdapat di Pulau Moyo dengan tarif sekitar $800 per malam. Bila ingin menghemat budget, kita bisa menginap di homestay yang disediakan penduduk setempat di Desa Labuan Aji dengan biaya antara Rp 150.000 sampai Rp 250.000 per malam. Kita juga bisa membawa tenda dan peralatannya untuk menginap di beberapa camping area di pulau ini.

How to get there

Pulau Moyo dan Pesona Air Terjun yang Memikat Lady Diana

Menuju pulau ektostik ini memang tak terlalu mudah. Dari arah Mataram atau Pulau Lombok, kita harus menempuh perjalanan kurang lebih enam jam dengan rute Mataram - Pelabuhan Kayangan - Pelabuhan Pototano - Sumbawa Besar. Dari lokasi ini perjalanan dilanjutkan dari Pelabuhan Muara Kali untuk menyeberang ke Pulau Moyo. Harga sewa perahu motor berkisar Rp 500.000 sampai Rp 700.000 sesuai kesepakatan atau negosiasi.

Alternatif lain menuju Pulau Moyo adalah dengan mengikuti paket Sail Komodo atau Sail Flores yang berangkat dari Bali atau Lombok. Dari Lombok, biasanya tour operator akan memulai start perjalanan dari Pelabuhan Bangsal (lokasi menyeberang ke Gili Trawangan) dan Pelabuhan Lombok (di Lombok Timur). Selain pulau Moyo, sailing trip ini juga akan mengantar kita di pulau-pulau sekitarnya, seperti Pulau Satonda, Pulau Kenawa, dan Gili Bola, serta tentunya pulau-pulau lain di Kepulauan Komodo di Flores, Nusa Tenggara Timur.

Share This Article