Pulau Lengkuas, Kemegahan Batu Granit dan Mercusuar Belitung | Breaktime
Pulau Lengkuas, Kemegahan Batu Granit dan Mercusuar Belitung
11.03.2015
Pulau Lengkuas, Kemegahan Batu Granit dan Mercusuar Belitung

Pernahkan B'timers membayangkan liburan di pulau pribadi dengan view lautan biru dari atas menara mercusuar? Pemandangan seperti itu bisa Anda dapatkan di Pulau Lengkuas.
 
Pulau Lengkuas yang masuk wilayah Provinsi Bangka Belitung ini memang terkenal dengan batu-batuan granit berukuran besar yang berserakan di lepas pantai, serta sebuah mercusuar peninggalan Belanda yang masih digunakan hingga sekarang.

Pulau Lengkuas, Kemegahan Batu Granit dan Mercusuar Belitung

Keindahan sekitar Pulau Lengkuas bisa dilihat dari puncak mercusuar. Perpaduan batuan granit raksasa, pasir putih, gradasi warna laut yang menawan, menjadi sebuah rangkaian pemandangan indah di Pulau Lengkuas. 
 
Mercusuar di Pulau Lengkuas ini merupakan peninggalan jaman kolonial Belanda yang dibangun tahun 1882. Anda bisa menaiki mercusuar setinggi 65 meter ini dengan membayar tiket masuk seharga Rp 5 ribu saja. Total, mercusuar ini memiliki 16 lantai dan 333 anak tangga.

Pulau Lengkuas, Kemegahan Batu Granit dan Mercusuar Belitung

Selain pemandangan dari atas mercusuar, B’timers juga bisa island hopping dengan mendaki batuan granit raksasa yang tersebar di sisi barat pulau. Konon batuan ini terbentuk dari proses alami selama ratusan juta tahun. Batuan ini merupakan ikon wisata pantai Indonesia Barat, termasuk Belitung, Kepulauan Riau, hingga Kepulauan Natuna.
 
Tak hanya landscape di atas pulau, taman bawah laut Pulau Lengkuas pun tak kalah menawan dan memiliki beberapa spot snorkeling. Pecinta wisata bawah laut wajib snorkeling atau diving di sekitar pulau ini, terutama pada musim-musim tertentu, seperti periode bulan April hingga September.
 
Di pulau yang luasnya tak lebih dari satu hektar ini tidak ada resort atau penginapan. Pengunjung yang ke lokasi ini biasanya mengambil paket one day trip dari Tanjung Pandan. Paket one day trip ini sudah termasuk beberapa pulau di sekitarnya, seperti Pulau Kepala Burung dan Pulau Kepayang.
 
Bagi pecinta kuliner pun harus bersabar karena di Pulau Lengkuas tidak ada warung penjual makanan atau sejenisnya. Hanya ada beberapa penjual kelapa muda yang buahnya diambil langsung dari pohon-pohon di sekitar pantai Pulau Lengkuas. Bila ingin menikmati kuliner, Anda harus menuju Pulau Kepayang atau kembali ke kawasan Pantai Tanjung Tinggi dan Pantai Kelayang.

Pulau Lengkuas, Kemegahan Batu Granit dan Mercusuar Belitung

Meski minim fasilitas tanpa adanya penginapan maupun stand kuliner, Pulau Lengkuas tetap terjaga keindahan dan keasliannya sehingga masih jadi primadona traveler yang berkunjung ke Bangka dan Belitung.

How to get there

Pulau Lengkuas bisa dicapai dengan menyewa perahu motor dari Tanjung Kelayang, Tanjung Binga, atau Tanjung Tinggi dengan harga sewa sekitar Rp 350 ribu. Perahu ini juga akan membawa B’timers ke beberapa destinasi lain di sekitar Pulau Lengkuas, seperti Pulau Pasir Timbul, Pulau Kepayang, dan Pulau Kepala Burung. 
 
Biasanya, Pulau Lengkuas sudah masuk dalam paket itinerary Belitung dan bisa Anda request di trip operator. Dengan mengambil paket ini, Anda tidak perlu lagi repot-repot menuju Tanjung Binga atau tempat lain sebelum menyeberang ke Pulau Lengkuas.
 
Bagaimana B'timers, sudah siap mengeksplor keindahan Pulau Lengkuas di Belitung dengan landmark batuan granit raksasa dan mercusuarnya?

Share This Article