Pulau Kenawa & Paserang, Eksotisme Sumbawa Barat | Breaktime
Pulau Kenawa & Paserang, Eksotisme Sumbawa Barat
23.08.2016

Tidak seperti Pulau Lombok yang sudah terkenal di kalangan wisatawan domesik maupun mancanegara, Pulau Sumbawa memang relatif belum seramai Lombok.

Namun di sekitar Pulau Sumbawa juga terdapat sejumlah destinasi pulau yang tak kalah cantik dengan Gili Trawangan di Lombok, yaitu Pulau Kenawa dan Pulau Paserang. Kedua pulau ini berada di Selat Alas yang memisahkan Lombok dan Sumbawa.

Pulau Kenawa dan Pulau Paserang masuk dalam gugusan Gili Balu di pesisir barat hingga selatan Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB). Saat cuaca cerah, dua pulau ini bisa terlihat dari Pelabuhan Poto Tano di Sumbawa Barat.

Pulau Kenawa & Paserang, Eksotisme Sumbawa Barat | Breaktime
Sejumlah wisatawan menikmati suasana sore di Pulau Kenawa

Setiap akhir pekan, Pulau Kenawa dan Pulau Paserang ramai dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun asing. Aktivitas di kedua pulau ini antara lain berkemah, menikmati panorama savana, pasir putih, sunrise dan sunset, serta aktivitas bawah laut seperti snorkeling dan diving.

Panorama bawah laut di Pulau Kenawa dan Pulau Paserang memang relatif masih alami. Terumbu karang dan ikan warna-warni bisa dengan mudah kita jumpai saat snorkeling di sekitar pantai dua pulau ini.

Periode terbaik untuk snorkeling di Pulau Kenawa dan Pulau Paserang adalah sekitar bulan April hingga Oktober, saat cuaca relatif cerah dan sedikit turun hujan. Namun perlu diwaspadai ombak dan arus laut yang cukup besar sekitar bulan Agustus.

Pulau Kenawa & Paserang, Eksotisme Sumbawa Barat | Breaktime
Taman bawah laut menjadi daya tarik Pulau Kenawa dan Paserang

Untuk menuju ke Kenawa dan Paserang tersedia akses transportasi perahu cepat dengan waktu tempuh sekitar 15 hingga 30 menit dari Pelabuhan Poto Tano, Kabupaten Sumbawa Barat.

Wisatawan yang hendak berkunjung akan dengan mudah mendapatkan transportasi dari dermaga di desa Poto Tano dengan tarif Rp 20.000 per orang menuju Pulau Kenawa dan Rp 50.000 per orang menuju Pulau Paserang.

Pulau Kenawa & Paserang, Eksotisme Sumbawa Barat | Breaktime
Ikan warna-warni dan terumbu karang di sekitar perairan Pulau Kenawa

Dikutip dari Kompas, saat ini Pulau Paserang dikelola oleh PT Nusantara Oriental Permai (NOP), sedangkan Pulau Kenawa dan enam pulau kecil lainnya dikelola kepada PT Eco Solution Lombok (ESL).

NOP telah mulai melaksanakan kegiatan pembangunan bungalow dan fasilitas lain di Pulau Paserang. Rencananya, soft opening akan dilakukan pada akhir tahun 2016. Sedangkan ESL masih dalam proses pengurusan perizinan.

Sejumlah upaya promosi dan perbaikan sarana terus diupayakan oleh pemerintah setempat untun meningkatkan kunjungan wisatawan ke dua destinasi pulau ini. Selain itu juga dilakukan upaya kesadaran masyarakat wisata untuk memberi pelayanan yang baik kepada wisatawan serta menjaga kebersihan dan keamanan. (za)

Share This Article