Pulau Dodola: Ada Dua Surga Dunia Yang Terbelah | Breaktime
Pulau Dodola: Ada Dua Surga Dunia Yang Terbelah
15.02.2017

Sepertinya Indonesia tidak akan kehabisan tempat-tempat indah untuk dikunjungi. Bayangkan saja, semakin ke sini, semakin banyak bermunculan alam-alam menakjubkan. Sebut saja Raja Ampat, pantai-pantai di Lombok, dan pulau-pulau yang tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Bicara tentang Maluku, ini merupakan salah satu pulau di bagian timur Indonesia yang ternyata menyimpan banyak pulau-pulau kecil lain yang nggak kalah indah dengan pulau di wilayah lain. Sebut saja Pulau Ora. Namun sepertinya para wisatawan sudah tidak asing dengan pesona yang diberikan oleh Pulau Ora.

Tahukah Anda bahwa ternyata Maluku masih punya satu pulau yang punya potensi jadi destinasi keren. Namanya Pulau Dodola. Pulau ini terdiri dari dua bagian, yaitu Pulau Dodola Besar dan Pulau Dodola Kecil. Pulau Dodola ini terletak di wilayah Morotai, Maluku Utara. Bisa dibilang kalau Pulau Dodola jadi surganya Maluku Utara.

Pulau Dodola: Ada Dua Surga Dunia Yang Terbelah | Breaktime
Pulau Dodola dilihat dari atas (Photo by Google)

Lebih spesifik lagi, Pulau Dodola terletak di sebelah barat Pulau Morotai. Dari Tobelo, Anda hanya perlu menuju Daruba dan lanjut menggunakan speedboat menuju Pulau Dodola. Jarak tempuhnya hanya sekitar 20 menit saja. Atau Anda juga bisa menggunakan kapal dari Pelabuhan Ahmad Yani dengan jarak tempuh sekitar 8 – 9 jam. Baru Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan speedboat.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya kalau Pulau Dodola terdiri dari dua pulau. Kedua pulau tersebut memiliki keindahan yang sama. Hamparan pasir pantai berwarna putih bersih, air laut yang jernih dan berwarna hijau kebiru-biruan adalah landscape yang akan menyambut Anda ketika sampai di Pulau Dodola.

Lalu, selain takjub dengan keindahan pesona yang disuguhkan oleh Pulau Dodola, kira-kira apalagi yang bisa dilakukan di sana ya? Sudah jelas hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah berjalan menyusuri pantai, merasakan lembutnya pasir pantai, angin sepoi-sepoi, dan suara deburan ombak yang menenangkan.

Anda juga bisa berenang atau sun bathing di pulau ini. Hal yang menjadi sesuatu yang wajib dilakukan adalah snorkeling dan diving. Bagaimana tidak, Pulau Dodola terkenal juga dengan eksotisme alam bawah laut yang tidak akan ditemui di pulau lain. Terbukti dengan adanya 13 titik penyelaman di sekitar pulau ini. 

Pulau Dodola: Ada Dua Surga Dunia Yang Terbelah | Breaktime
Pulau Dodola saat air laut mulai surut (Photo by Google)

Menariknya lagi, Anda tidak hanya akan melihat pesona karang dan kehidupan ikan-ikan di bawah laut, tetapi juga akan menemukan kapal dan pesawat perang yang karam. Kok bisa? Yup, ini karena Morotai pernah menjadi tempat peperangan antara Jepang dan sekutu yang terjadi pada saat Perang Dunia II berlangsung.

Apakah masih ada keindahan dan keunikan lain di Pulau Dodola? Tentu saja ada, B’timers. Saat air laut surut, dua pulau yaitu Pulau Dodola Besar dan Pulau Dodola Kecil akan disambungkan dengan hamparan pasir laut yang putih bersih dan lembut. Anda bisa menyebrangi dua pulau ini tanpa harus menggunakan perahu. Keren, kan!

Membayangkannya saja sudah bikin penasaran dan ingin segera liburan ke sana, ya B’timers. Mulai sekarangan buat planning deh untuk liburan ke Pulau Dodola bersama dengan teman-teman atau keluarga. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE