Pulau Burung Jadi Surga Belitung & Laskar Pelangi
Pulau Burung Jadi Surga Belitung & Laskar Pelangi
07.02.2017

Kalau mendengar kata Belitung, yang paling B’timers ingat pasti film Laskar Pelangi. Yup, memang pulau Belitung adalah lokasi syuting film terbaik Indonesia sepanjang masa ini. Semenjak Belitung masuk ke layar lebar, pesonanya semakin dikenal oleh banyak orang. Tak hanya wisatawan domestik tetapi juga wisatawan mancanegara. Bentuk sebenarnya dari Belitung adalah berupa kepulauan. Nah, sudah jelas kalau kepulauan berarti terdiri dari banyak pulau-pulau.

Memang benar, ada beberapa pulau kecil lainnya yang ternyata menyimpan keindahan secuil surge dunia. Salah satu yang jadi icon adalah Pulau Burung. Namanya terdengar unik. Kira-kira kenapa ya, kok diberi nama Pulau Burung? Jadi, pulau ini memiliki bebatuan granit besar dan yang paling besar sangat mirip dengan kepala burung.

Untuk mencapai Pulau Burung hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari Tanjung Kelayang atau bisa juga lewat kampung nelayan di Tanjung Binga yang hanya membutuhkan waktu 15 menit saja. Untuk sampai di Pulau Burung terdapat sebuah paket yang disebut dengan island hoping. Ini sudah satu paket dengan mengunjungi pulau-pulau lainnya, antara lain Pulau Lengkuas, Pulau Kepayang, Pulau Pasir, dan Pulau Batu Belayar.

Cantiknya Pulau Burung jadi ingin liburan. (Photo by travelbelitung.com)
Cantiknya Pulau Burung jadi ingin liburan. (Photo by travelbelitung.com)

Lalu, apa yang istimewa dari Pulau Burung jika dibandingkan dengan pulau lainnya? Banyak banget, B’timers. Pulau Burung ini terkenal dengan bebatuan granit yang cantik, pasir pantai yang putih dan bersih, serta air laut yang jernih banget. Nah, Anda juga nggak perlu takut bermain air di pantai jika membawa anak-anak, ini karena perairan di Pulau Burung sangat dangkal. Ombak pantainya pun juga sangat tenang.

Dengan pemandangan dan struktur pantai yang demikian, Anda bisa menikmati Pulau Burung dengan berjalan-jalan di antara bebatuan. Sambil jalan-jalan jangan lupa membawa kamera, karena tempatnya oke banget untuk selfie-selfie atau foto a la Instagram. Eits, tetapi tetap hati-hati, ya B’timers. Namanya juga pantai, di sekitar bebatuan juga terdapat karang-karang tajam.

Sudah puas foto-foto dan exploring Pulau Burung, jangan melewatkan snorkeling untuk exploring keindahan alam bawah lautnya. Waktu terbaik untuk menjelajah Pulau Burung adalah saat sore tiba. Ini karena Anda juga akan disuguhkan pemandangan sunset dengan background batu granit yang mirip banget dengan burung. Wah, kereng banget deh, B’timers!

Bisa banget, kan foto-foto di antara bebatuan. (Photo by rabbanitour.com)
Bisa banget, kan foto-foto di antara bebatuan. (Photo by rabbanitour.com)

Untuk urusan membersihkan badan setelah melakukan snorkeling dan berjalan-jalan, Anda tak perlu khawatir. Fasilitas di Pulau Burung sudah lengkap, kok. Di sana terdapat sebuah sumur bor dengan air yang bersih. Kalau Anda masih ingin berlama-lama di Pulau Burung, Anda juga bisa menyewa sebuah cottage yang juga ada di sana.

Kalau lapar bagaimana? Tak usah khawatir lagi, di Pulau Burung juga terdapat warung-warung makan. Bahkan Anda juga bisa menikmati suasana pantai dengan minum es kelapa muda langsung dari kelapanya. Sudah seperti anak pantai banget, kan?

Jadi tunggu apalagi B’timers? Kalau Anda belum pernah ke Belitung langsung deh buat plan liburan ke Belitung dan jangan sampai melewatkan Pulau Burung untuk sasaran jelajah Anda, ya. (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE