Pulau Banyak, Sang Perawan di Ujung Sumatra | Breaktime
Pulau Banyak, Sang Perawan di Ujung Sumatra
01.05.2015

Ingin berpetualang ke surga tropis di ujung Pulau Sumatera? Di sana, B’timers dapat menemukan berbagai pemandangan fantastis yang memukau apalagi jika melancong ke Pulau Banyak, Aceh Singkil.

Seperti namanya, Pulau Banyak merupakan gugusan yang terdiri dari 99 pulau yang membentang di barat Sumatera. Di sana, Anda akan menemukan pantai-pantai panjang berpasir putih yang berpadu dengan air laut bergradasi hijau toska, lengkap dengan gulungan ombak kecil yang berjalan dari arah kejauhan. This is really a wonderful place!

Salah satu aktivitas yang paling populer dilakukan oleh para wisatawan saat berada di pulau perawan ini adalah menyibak pemandangan bawah laut berupa terumbu karang yang eksotis serta berbagai spesies ikan laut warna-warni yang memikat. Untuk melakukannya, B’timers tak perlu diving hingga kedalaman tertentu, cukup snorkeling saja Anda sudah bisa melakukan semua itu!

Pemandangan bawah laut Pulau Banyak yang mengagumkan
Pemandangan bawah laut Pulau Banyak yang mengagumkan

Namun bila B’timers ingin lebih memacu adrenalin, bergeraklah ke Pulau Bangkaru. Di sana, Anda akan dimanjakan dengan gulungan ombak laut setinggi 5 hingga 6 meter. Ombak tersebut akan semakin menantang untuk ditaklukkan ketika musim angin barat antara bulan April hingga Agustus berhembus untuk menambah keseruan meliuk di atas papan selancar.

Untuk sampai ke Pulau Banyak, dari kawasan Aceh Singkil Anda bisa menaiki kapal feri. Sayangnya, kapal ini hanya berlayar tiga kali dalam seminggu, yakni pada hari Selasa, Jumat, dan Minggu. Adapun waktu tempuh jalur laut dari Aceh Singkil menuju Pulau Banyak adalah 3 hingga 3,5 jam.

Meski akses menuju Pulau Banyak masih tergolong tak terlalu fleksibel, tapi B’timers benar-benar tak akan kecewa dengan potensi kekayaan wisata yang ada di dalamnya. Yuk, segera agendakan momen yang tepat untuk berangkat menapaki indahnya surga tropis di ujung Pulau Sumatra ini!

Share This Article