Private Pool di Wisata Pantai Tapak Kera | Breaktime
Private Pool di Wisata Pantai Tapak Kera
31.08.2017

Indonesia sebagai negara bahari tentu tersohor dengan banyaknya objek wisata pantai yang memesona. Tak hanya pantai-pantai yang populer seperti di Bali, Lombok, maupun Raja Ampat saja, masih banyak daerah lain di Indonesia yang perlu B’timers jelajahi untuk menikmati panorama alamnya. Lampung, provinsi di ujung selatan Sumatera yang berbatasan dengan Sumatera Selatan ini rupanya menyimpan spot wisata pantai unik yang masih perawan dan belum banyak dikunjungi wisatawan.

Ialah Pantai Tapak Kera yang secara administratif berada di Desa Kanjuruan, Merak belantung, Kalianda, Lampung Selatan yang menawarkan eksotisme pantai karang yang baru-baru mulai dieksplorasi oleh wisatawan lokal. Memiliki julukan asli Penampan Kekha yang berarti “tempat beristirahatnya para kera” dalam bahasa daerah Lampung, pantai yang masih terbilang alami dan dikelola seadanya oleh warga sekitar ini menjanjikan keindahan alam berupa pasir putih pantai, karang aneka ukuran dan bentuk, hingga birunya laut lepas. Apabila langit sedang cerah, B’timers juga bisa lho menyaksikan siluet Gunung Anak Krakatau di kejauhan!

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
3 Obyek Wisata Pantai di Malang Paling Populer

Konon, pantai ini dinamakan pantai Tapak Kera karena puluhan tahun yang lalu pantai ini pernah dihuni oleh kawanan kera. Ketika air laut surut, kera-kera tersebut akan menyeberang ke daratan dari pulau karang di seberang pantai untuk mencari makan dan bermain di sekitar pantai. Hingga kini kera tak lagi ditemukan di kawasan pantai Tapak Kera, kemungkinan karena habis diburu oleh manusia. Tak hanya legenda kuro penghuni, pantai Tapak kera ini juga diwarna dengan kisah misteri siluman buaya putih hingga suara gemuruh dari dalam tanah. Suara menggelegar tersebut kemungkinan merupakan bentuk aktivitas di gua bawah laut. Selain itu, beberapa bukit karang yang mencuat di lepas bibir pantai juga memiliki struktur dan pola yang unik di setiap permukaan dindingnya.

Karena letaknya yang terpencil dan belum dieksplorasi oleh Pemerintah, untuk mencapai pantai ini Anda akan sedikit bersusah-payah terlebih dulu. Setelah berkendara selama 2 Jam dari Bandar Lampung selama setidaknya 2 jam, ambil arah menuju Kalianda lalu belok kanan di pertigaan Kalianda Resort. Ikuti jalan aspal hingga smpai di Perusahan Biru Laut Khatulistwa (BLK). Turun lah dari kendaraan lalu ikuti hingga Anda sampai di destinasi wisata pantai Tapak Kera. 

Private Pool di Wisata Pantai Tapak Kera | Breaktime
Pemandangan bebukitan karang dan birunya laut di tepi pantai Tapak Kera (mulpix.com)
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ada Pantai Terindah Di Indonesia Tak Berpenghuni

B’timers perlu bersusah-payah terlebih dahulu untuk mencapai pantai Tapak Kera. Setelah membayar tiket masuk serta retribusi parkir sebesar 20 ribu Rupiah saja, B’timers harus berjalan kaki terlebih dahulu selama 10 hingga 15 menit sebelum dapat menikmati debur ombak, pepohonan rimbun di bukit tepi pantai, dan batu karang berserak di pesisir pantai Tapak Kera. B’timers sebaiknya waspada akan jalanan setapak yang menghubungkan pantai Tapak Kera dan dunia luar karena cenderung licin dan berlumpur setelah hari hujan.

Anda yang memiliki hobi trekking maupun sunbathing pasti tergiur untuk berkunjung ke pantai ini, terutama karena medannya yang naik-turun. Jangan khawatir, B’timers! Usaha Anda untuk mencapai pantai Tapak Kera akan terbayar lunas begitu sampai di tepi pantai. Pulau-pulau karang kecil nan estetik yang tersebar di kawasan pantai Tapak Kera biasanya dijadikan lokasi pemotretan pre-wedding. Demikian juga dengan laut dangkal di antara gundukan karang yang ketika air surut akan terasa seperti berendam di kolam pribadi. Anda sebaiknya menghindari mandi berendam di laut dangkal tersebut pada saat air pasang.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Cara Liburan ke Legoland Malaysia dari Singapura

B’timers tak sabar ingin segera menikmati ketenangan pantai dan spot foto Instagrammable yang tak kalah dari Raja Ampat ini? Segera kemasi perlengkapan berlibur Anda dan meluncur ke pantai Tapak Kera! (dee)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE