Prambanan, Candi Hindu Termegah di Asia Tenggara | Breaktime
Prambanan, Candi Hindu Termegah di Asia Tenggara
26.05.2016

Setiap perayaan Hari Raya Waisak, Candi Borobudur dipadati oleh ribuan pengunjung dari dalam negeri maupun mancanegara. Apabila B'timers ingin mengalihkan destinasi, Candi Prambanan bisa menjadi pilihan terbaik.

Sebagai candi Hindu, tentu saja Prambanan tak seramai Borobudur saat Waisak. Candi ini merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara serta telah masuk sebagai salah satu cagar Situs Warisan Dunia UNESCO.

Candi dengan tinggi mencapai 47 meter ini disebut juga Candi Roro Jonggrang, sebuah nama yang dikaitkan dengan legenda Jawa. B'timers mungkin sudah pernah mendengar atau tidak asing lagi dengan kisah legenda ini.

Prambanan, Candi Hindu Termegah di Asia Tenggara | Breaktime
Candi megah di Jawa Tengah ini erat kaitannya dengan legenda Roro Jonggrang

Dikisahkan seorang pangeran bernama Bandung Bondowoso jatuh cinta kepada seorang putri yang bernama Rara Jonggrang. Karena sang putri tak kuasa menolak cinta sang pangeran, maka sang putri mengajukan syarat membangun candi dengan seribu arca dalam waktu satu malam.

Dengan kesaktian yang dimiliki Bandung Bondowoso, permintaan Roro Jonggrang tersebut hampir terpenuhi dalam satu malam, tetapi Roro Jonggrang meminta bantuan warga desa untuk menumbuk padi agar ayam jantan berkokok yang menandakan hari sudah pagi. Bandung Bondowoso yang telah menyelesaikan 999 arca merasa dicurangi dan mengutuk Roro Jonggrang menjadi arca yang ke 1000.

Prambanan, Candi Hindu Termegah di Asia Tenggara | Breaktime
Kisah Ramayana dan relief Hindu lainnya bisa kita temukan di bangunan candi

Terlepas dari cerita legenda tersebut, sejumlah relief yang terpahat pada dinding candi Prambanan menceritakan kisah Ramayana. Terdapat juga relief pohon Kalpataru sebagai lambang kelestarian, kehidupan dan keserasian bagi umat Hindu.

Struktur candi Prambanan menggambarkan Trimurti yang merupakan simbol kepercayaan Hindu. Candi ini memiliki tiga komplek candi di halaman utama, yaitu candi Siwa, candi Brahma, dan candi Wisnu. Setiap candi utama mempunyai satu candi pendamping. Candi Siwa didampingi candi Nandini, candi Brahma didampingi candi Angsa, dan candi Wisnu didampingi candi Garuda.

Prambanan, Candi Hindu Termegah di Asia Tenggara | Breaktime
Kompleks candi ini menjadi wisata alternatif untuk belajar sejarah di Jawa Tengah

Wisatawan juga bisa berkunjung ke sebuah museum yang terletak di kompleks Candi Prambanan. Di dalam museum ini wisatawan bisa mendapatkan banyak informasi audio visual mengenai Candi Prambanan, mulai dari sejarah ditemukannya candi ini hingga proses pemugaran.

Waktu terbaik berkunjung ke Candi Prambanan adalah pada tengah bulan atau saat purnama, karena B'timers berkesempatan untuk menyaksikan pementasan Sendratari Ramayana. Pertunjukan ini mengisahkan cerita Ramayana yang juga banyak ditemukan pada pahatan relief dinding Candi Prambanan.

Lokasi komplek wisata candi ini sangat mudah dijangkau karena berada di kawasan jalur utama Jogja dan Solo. B'timers yang dari Jogja bahkan bisa menuju candi megah ini dengan naik bis Transjogja atau angkutan umum lainnya. (ZA)

Share This Article