Plesir Ke Negara Termurah Termahal Asia Tenggara | Breaktime
Plesir Ke Negara Termurah – Termahal Asia Tenggara
12.04.2017

Salah satu kendala yang sering dihadapi saat liburan ke luar negeri adalah biaya hidup. Sudah bukan rahasia lagi bila nilai tukar rupiah tergolong rendah dibandingkan mata uang asing.

Tapi B'timers jangan khawatir karena di Asia Tenggara – bisa dikunjungi tanpa perlu mengurus visa – ada tiga negara dengan biaya hidup relatif lebih murah dari Indonesia. Negara mana sajakah itu? Berikut ulasannya.

1. Vietnam

Biaya hidup di Vietnam tergolong lebih rendah dibandingkan Indonesia. Harga standar makanan di restoran antara 25.000 hingga 75.000 Vietnam Dong (VND). Nilai 1 VND hanya sebesar Rp 0,58. Artinya, jika dikonversikan ke rupiah memiliki nilainya sekitar 40% lebih murah. Harga kamar hotel budget pun tergolong murah di kisaran Rp 150.000 sampai Rp 200.000.

Plesir Ke Negara Termurah Termahal Asia Tenggara | Breaktime
Bermain kayak di Halong Bay, salah satu destinasi paling populer di Vietnam

2. Thailand

Thailand terkenal sebagai negara yang digemari wisatawan Indonesia karena tergolong murah. 1 Baht (THB) memiliki nilai tukar sebesar Rp 382. Harga rata-rata makanan di Bangkok sekitar 50 sampai hingga 100 THB atau kurang lebih Rp 19.000 hingga Rp 38.000. Demikian pula dengan harga kamar hotel yang berada di kisaran Rp 150 ribuan.

3. Filipina

Wisata Filipina belum sepopuler Thailand, namun untuk urusan biaya hidup, Filipina sangat terjangkau di kantong wisatawan Indonesia. Harga satu porsi makanan di Manila sekitar 75 Peso (PHP) atau kurang lebih Rp 20 ribu. Sementara harga kamar hotel budget kurang lebih sekitar Rp 100 ribu sampai Rp 200 ribu.

Plesir Ke Negara Termurah Termahal Asia Tenggara | Breaktime
Pemandangan di El Nido, destinasi tropis yang sedang naik daun di Filipina

Lantas, negara mana saja yang termasuk mahal di Asia Tenggara?

1. Singapura

Dengan posisinya di deretan atas "kota termahal di dunia" bersama Tokyo, sudah tentu wisatawan Indonesia harus merogoh kantong lebih dalam saat berlibur di Singapura. Meski demikian, ada beberapa pilihan hemat di Singapura seperti makan di hawker food dan menginap di dormitory.

Plesir Ke Negara Termurah Termahal Asia Tenggara | Breaktime
Angkor Wat di Siem Reap, tujuan utama wisatawan ke Kamoja

2. Kamboja

Negara yang terkenal dengan Angkor Wat ini cukup unik karena menggunakan mata uang dolar Amerika (USD) untuk semua transaksi sehari-hari, mulai dari pembayaran hotel, tiket masuk obyek wisata, hingga belanja di minimarket dan makan di warung pinggir jalan. Bahkan saat melakukan tarik tunai dari ATM di Kamboja pun akan keluar dolar! Karena semua pembayaran menggunakan USD, sudah tentu pengeluaran di Kamboja menjadi tinggi apabila dikonversikan ke rupiah.

3. Malaysia

Nilai tukar Ringgit Malaysia (MYR) yang cukup tinggi (sekitar Rp 3 ribu), biaya hidup di Malaysia relatif mahal - terutama di ibukota Kuala Lumpur. Harga makanan di Malaysia berkisar antara 2 MYR untuk Roti Canai dan 10 RM untuk seporsi Nasi Briyani. Sementara harga hotel budget di kisaran Rp 250 ribu hingga Rp 500 ribu per malam.

Asia Tenggara selalu punya cerita di setiap destinasi negaranya. Tetapi negara-negara di Asia Tenggara begitu termahsyur dengan keindahan alam yang tak tertandingi dan kekayaan budaya yang tiada duanya. Jadi, berapapun harga yang harus dibayar para pelancong rasanya lebih dari kata sebanding dengan apa yang mereka dapatkan. (za)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE