Pesona Wisata Eksotis Jawa Timur di Kawah Ijen | Breaktime

ARTIKEL TRAVEL

Barry Kusuma

"Travel and Photography" Inspiring Photos & Video through the Lens.

Pesona Wisata Eksotis Jawa Timur di Kawah Ijen
01.08.2016

Kawah Ijen adalah salah satu tempat favorit untuk mendaki di Indonesia. Kawah eksotis ini merupakan pesona kebanggaan Jawa Timur. Keunikan dari Kawah Ijen adalah air danaunya yang berwarna hijau, inilah yang menarik wisatawan dari seluruh dunia untuk datang. Selain itu, perpaduan kawah hijau dengan birunya langit menjadi lukisan alam yang fantastis untuk dinikmati, B’timers.

Akses menuju lokasi

Untuk menuju ke sini, dari kota Surabaya menuju Bondowoso dapat ditempuh lewat jalur darat dengan mobil travel atau bus, selama sekitar 7 jam. Perjalanan dilanjutkan ke pos akhir Paltuding sekitar 3 jam menggunakan mobil jip, pada jalur menuju pos terakhir memang berat, karena banyak jalan yang rusak sehingga sulit dilalui kendaraan biasa. Untuk menuju Kawah Ijen yang terletak di atas gunung Ijen maka harus mendaki, dari pos terakhir ke Kawah Ijen berjarak sekitar 3 km.

Pesona Wisata Eksotis Jawa Timur di Kawah Ijen | Breaktime
Kawah hijau yang indah di hari cerah

Akomodasi di Kawah Ijen

Untuk fasilitas di kawasan Gunung Ijen terdapat penginapan sederhana yang dapat digunakan untuk menginap dengan tarif Rp 100.000 per malam dan juga villa seharga Rp 500.000 per malam. Kalau B’timers ingin perjalanan wisata lebih mudah, banyak jasa tur dan travel yang bisa digunakan untuk memandu Anda berwisata ke Kawah Ijen.

Tips menikmati pesonanya

Agar jalan-jalan ke Kawah Ijen berjalan lancar tanpa hambatan, perhatikan beberapa tips berikut:

  • Berkunjung ke Kawah Ijen saat musim panas, pada saat musim hujan sangat berbahaya melakukan pendakian ke gunung Ijen.
  • Musim Kemarau ini biasanya di bulan Agustus dan September, tetapi tidak tentu juga sekarang mengingat alam sudah susah diprediksi. Musim kemarau adalah saat terbaik untuk memotret, karena biasanya langit berwarna hijau dan cerah.
  • Waktu terbaik untuk menikmati pemandangan Kawah Ijen adalah saat matahari terbit, oleh karena itu lakukan pendakian dari jam 4 dini hari.
  • Gunakan pakaian yang nyaman dan tebal serta lengkapi dengan peralatan pendakian gunung.
  • Bawa bekal makanan dan minuman secukupnya.
  • Gunakan masker untuk menghindari bau belerang.
  • Lakukan olahraga ringan sebagai pemanasan sebelum mendaki.
  • Jangan lupa berdoa untuk keselamatan diri.
  • Jika berangkat dengan rombongan, jaga jarak agar tidak terpisah.
Pesona Wisata Eksotis Jawa Timur di Kawah Ijen | Breaktime
Lokasinya seperti di luar negeri saja, ya?

Yang bisa dilihat di Kawah Ijen

Pemandangan kawah berwarna hijau seluas sekitar 20 km2 siap menyambut Anda di lokasi. Kawah Ijen bersifat asam dan memiliki suhu yang sangat panas mencapai 2000 celcius, cukup untuk menghancurkan tubuh manusia.

Letaknya yang berada di puncak gunung membuat suasana di lokasi sangat dingin, mencapai 20 celcius. Kandungan belerangnya juga sangat tinggi sehingga sangat disarankan B’timers menggunakan masker untuk memudahkan bernapas.

Pesona Wisata Eksotis Jawa Timur di Kawah Ijen | Breaktime
Hati-hati, kandungan belerangnya tinggi

Tingginya kandungan belerang tersebut menjadikan tempat ini sebagai lokasi penambangan tradisional belerang oleh masyarakat sekitar. Para penambang sudah biasa mengangkut belerang secara manual hanya mengandalkan kekuatan tubuh tanpa bantuan alat canggih. Wah wah.

Aktivitas penambangan ini pun menjadi bagian dari daya tarik saat berwisata ke Kawah Ijen. Banyak wisatawan lokal dan mancanegara yang datang untuk melihat keindahan dan keunikan yang terdapat di objek wisata Kawah Ijen, B’timers. (bk)

Share This Article