Pesona Tersembunyi Pulau Terkecil di Indonesia | Breaktime
Pesona Tersembunyi Pulau Terkecil di Indonesia
03.11.2017

Indonesia dikenal sebagai negara Kepulauan dengan jumlah pulau terbanyak di dunia. Mulai dari pulau-pulau besar dan kecil yang cukup ternama, hingga beberapa pulau kecil yang namanya tidak terlalu banyak diketahui bahkan oleh masyarakat Indonesia. Dan apakah B’Timers tahu bahwa ada pulau terkecil di Indonesia yang bahkan keberadaannya sudah diakui oleh PBB?

Tak kenal maka tak sayang, kenalan dulu yuk dengan pulau terkecil di Indonesia. Namanya Pulau Simping. Pulau ini terletak di kawasan wisata Pantai Sinka di Singkawang, provinsi Kalimantan Barat dengan luas pulau hanya sekitar setengah hektar. Jadi bayangkan saja betapa kecilnya pulau ini.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Eksplorasi 10 Spot Cantik Di Pulau Terindah Dunia

Sebenarnya pulau ini dulunya memiliki luas yang cukup lapang. Hanya saja, terjadinya abrasi alias pengikisan daratan oleh gelombang air laut mengakibatkan daratan pulau tersebut terkikis sedikit demi sedikit sehingga hanya menyisakan setengah hektar tanah. Sontak, penghuni yang dulunya tinggal di pulau tersebut pun ramai-ramai melarikan diri ke pulau lain yang lebih aman dan luas.

Jadi apakah Pulau Simping berubah status dari pulau berpenghuni menjadi abandoned Island? Ya, tapi tidak sepenuhnya ditinggalkan. Malah pulau ini kemudian berubah menjadi salah satu obyek wisata pulau yang terkenal dan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik oleh wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Lagipula, siapa sih yang tidak kepo dengan pulau yang dinobatkan menjadi pulau terkecil di dunia ini?

Pesona Tersembunyi Pulau Terkecil di Indonesia | Breaktime
Pulau Simping, pulau terkecil di Indonesia

Untuk mencapai Pulau Simping, Anda bisa memanfaatkan jasa travel Agency yang tentunya akan menyediakan akomodasi mobil. Dari ibukota Pontianak, perjalanan untuk mencapai pulau ini juga relatif singkat yaitu sekitar 2-3 jam saja. Dari Pulau Singkawang Anda bisa menjangkau Pulau Simping dengan menyusuri jembatan penghubung yang dibangun oleh pemerintah setempat. Keindahan yang menanti Anda di sana hampir tidak bisa dideskripsikan dengan kata-kata.

Pulau ini terdiri dari daratan pasir dan bebatuan. But that’s not all.Pulau ini juga ditumbuhi dengan tanaman perdu yang tumbuh liar dan menghasilkan pemandangan yang sangat teduh. Selain itu, di pulau ini Anda juga bisa menyaksikan altar klenteng tempat peribadatan umat Tionghoa dengan arsitekturnya yang sangat elegan, dan menambah keharmonisan alam di pulau mungil tersebut.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Surga Wisata Pulau di Indonesia Jarang Dijamah

Air laut dengan ombak tenang dan kedalaman yang cukup dangkal memungkinkan Anda dan keluarga untuk bersenang-senang bermain air atau berenang tanpa khawatir terseret arus gelombang. Oh ya, jika Anda mencari saat yang tepat untuk mampir ke Pulau Simping ini sebaiknya Anda datang saat sore hari. Tidak hanya udara sore hari cenderung lebih sejuk dibandingkan saat siang, Anda juga bisa menyaksikan pemandangan sunset yang eksotis di pulau ini lho. Saat malam hari sebaiknya Anda sudah kembali ke Singkawang, dikarenakan air laut pasang yang bisa saja merendam sebagian besar dari pulau ini.   

Oh ya, satu lagi nih fakta menarik yang dimiliki oleh Pulau Simping ini. Sebelum berubah nama menjadi Pulau Simping, pulau ini dulunya dikenal dengan nama Pulau Kelapa Dua. Alasannya adalah karena di pulau ini pernah tumbuh dua buah pohon kelapa kembar yang terletak di bagian tengah dari pulau ini. sayangnya, dua pohon kelapa yang iconic tersebut sudah menghilang dan digantikan oleh pepohonan perdu.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Menjelajah Banyuwangi, Sudut Timur Pulau Jawa

Tak puas kan rasanya hanya membaca artikel ini? Makanya, saat musim liburan tiba jadikan pulau terkecil di Indonesia ini sebagai destinasi wisata Anda. Dijamin Anda tak akan menyesal deh, B’Timers. Selamat berlibur! (dkp)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE