Pesona Paket Perjalanan Umrah ke Mesir dan Turki | Breaktime
Pesona Paket Perjalanan Umrah ke Mesir dan Turki
22.10.2017

Ibadah umrah merupakan impian setiap umat Muslim dunia. Setelah berhasil melaksanakan ibadah haji, tak ada salahnya B’timers mengumpulkan biaya untuk melakukan paket perjalanan umrah dan sekali lagi menjadi tamu Allah di Baitullah. Umrah sejatinya bisa dilakukan kapanpun dalam sepanjang tahun. Momen favorit untuk melaksanakan ibadah umrah ialah pada saat bulan suci Ramadhan sehingga ibadah menjadi jauh lebih khusyuk ketika dilaksanakan di Tanah Suci. Selain Ramadhan, tak jarang umat Islam yang memilih melaksanakan ibadah umrah di penghujung tahun karena banyaknya kelebihan yang ditawarkan.

Sama halnya dengan perjalanan liburan pada umumnya, banyak travel agent yang menawarkan paket diskon khusus bagi umrah akhir tahun. Menabung pun menjadi lebih mudah karena Anda bisa menyisihkan pendapatan sepanjang tahun setiap bulannya untuk berangkat umrah di akhir tahun. Meski tak disarankan merayakan Tahun Baru Masehi, tak ada salahnya momen pergantian tahun menjadi ajang untuk muhasabah bagi umat Muslim. Kota tujuan umrah ialah sama halnya dengan yang wajib didatangi saat haji yakni kota Mekkah dan Madinah di Arab Saudi. Selain kedua kota suci umat Islam tersebut, kebanyakan paket umrah menyertakan berbagai negara lainnya sebagai destinasi tujuan umrah.

Kali ini, Breaktime akan mengajak Anda menyinggahi pesona keindahan negara-negara Islam yang menjadi destinasi favorit ibadah umrah yakni Mesir dan Turki. Termasuk kelompok negara Mediterania dan berada di perbatasan Afrika dan Asia, Mesir merupakan salah satu negara Islam dengan berbagai percampuran budaya Asia, Afrika, maupun Eropa. Pada masa peradaban kuno, Mesir pernah menjadi pusat peradaban para Pharaoh, hingga menjadi pusat peradaban Romawi maupun kekhalifahan Islam. Masa kepemimpinan Khalifah Bani Fatimiyah dan Kesultanan Mamluk pernah menjadikan Mesir sebagai salah satu negara Islam dan pusat peradaban Muslim terbesar di masanya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Penawaran Paket Liburan Terbaik Amerika Serikat
Pesona Paket Perjalanan Umrah ke Mesir dan Turki | Breaktime
Alexandria, salah satu pusat peradaban Romawi kuno di Mesir yang masih megah hingga kini

Paket perjalanan umrah ke Mesir tentunya akan mengajak Anda melakukan rihlah atau yang dalam bahasa Arab berarti perjalanan mengunjungi berbagai bangunan megah dan bersejarah yang memberikan kontribusi besar bagi perkembangan Islam maupun peradaban dunia pada umumnya. Kairo sebagai ibukota Mesir modern tak hanya memiliki arsitektur modern Mesir saat ini, namun juga menyimpan berbagai peninggalan sejarah peradaban Mesir kuno seperti berbagai bangunan pyramid dan sphinx. Dalam keseluruhan 25 nabi yang wajib diteladani dalam agama Islam, terdapat kisah Nabi Musa yang suatu ketika pernah menoreh sejarah sebagai pemimpin di salah satu kota di Mesir kuno hingga dibesarkan oleh salah seorang Fir’aun ketika kanak-kanak. Saat ke Kairo, Anda juga tak boleh ketinggalan bertandang ke Universitas Al Azhar yang sejak zaman kekhalifahan Islam hingga kini terus mencetak ribuan cendekiawan Muslim.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Bali: Laut Ini Jadi Surga Para Peselam Dunia
Pesona Paket Perjalanan Umrah ke Mesir dan Turki | Breaktime
Universitas Al Azhar di Kairo Mesir, salah satu universitas legendaris dalam dunia Islam

Selain Kairo, kota di Mesir yang juga wajib dikunjungi saat melakukan ibadah umrah ialah Alexandria. Kota kuno yang kemegahannya masih bisa disaksikan hingga kini tersebut pernah mengalami masa kejayaan dan silih berganti menjadi salah satu pusat peradaban Mesir Kuno, Romawi Kuno, maupun Kekhalifahan Islam hingga Kristen. Tak hanya berbagai bangunan bersejarah yang hingga kini masih tegak berdiri, Alexandria juga pernah tersohor dengan keberadaan Perpustakaan Alexandria atau Perpustakaan Iskandariyah yang legendaris. Sayangnya, bangunan yang menyimpan banyak kitab ilmu pengetahuan tersebut kini telah lenyap dan hanya menyisakan Bibliotheca Alexandrina yang baru didirikan pada tahun 2003 untuk mengenang salah satu pusat peradaban dunia tersebut. 

Pesona Paket Perjalanan Umrah ke Mesir dan Turki | Breaktime
Hagia Sofia, wujud akulturasi dan sinkretisme di Turki

Usai dari Mesir, B’timers juga bisa melanjutkan paket perjalanan umrah ke Turki. Sama halnya dengan Mesir, Turki juga menyimpan sejuta bukti akulturasi antara kebudayaan Eropa dan Asia maupun Islam dan Kristen. Pernah bergiliran menjadi pusat peradaban Romawi kuno, hingga berbagai kesultanan Islam seperti Kesultanan Seljuk hingga Kesultanan Ottoman, Turki kemudian menyatakan diri merdeka dari sistem kerajaan dan beralih menjadi Republik hingga kini. Berbagai peristiwa sejarah dan pergantian peradaban yang menguasai Turki menjadikan negara tersebut menyimpan berbagai bangunan bersejarah dan kisah legendaris di setiap sudutnya. 

Pesona Paket Perjalanan Umrah ke Mesir dan Turki | Breaktime
Salah satu sudut Istana Topkapi di Istanbul Turki yang serupa kastil Eropa Abad Pertengahan

Hagia Sophia merupakan salah satu bangunan unik yang wajib B’timers kunjungi saat melakukan perjalanan umrah ke Turki. Bermula sebagai gereja Kristen ortodoks, Hagia Sophia kemudian beralhi fungsi menjadi masjid pada masa Kesultanan Ottoman. Hingga kini, Hagia Sophia menjadi sebuah bangunan museum yang menyimpan berbagai koleksi sejarah perkembangan Turki dan tak lagi digunakan sebagai pusat peribadatan. Selain Hagia Sofia, masjid legendaris di Turki yang masih digunakan untuk beribadah ialah Blue Mosque dan Suleymaniye Mosque. Keduanya menjadi saksi bisu kemegahan arsitektur pada masa Turki Utsmani. Tak lupa, Istana Topkapi menjadi destinasi wisata wajib lainnya saat umrah ke Turki karena bangunan yang menjadi percampuran arsitektur Islam dan kastil Eropa Abad Pertengahan ini memiliki banyak keistimewaan seperti lengkapnya fasilitas publik yang didirikan pada masa Kesultanan Ottoman.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Festival Laut Raja Ampat, Cara Menjaga Yang Tepat

Nah, B’timers, semoga perjalanan umrah Anda ke Mesir dan Turki semakin mempertebal keimanan sekaligus membuka mata Anda akan berbagai peristiwa sejarah yang pernah membentuk kejayaan Islam ya! (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE