Pesona Ombak dan Batu Karang di Pantai Tanjung Papuma | Breaktime
Pesona Ombak dan Batu Karang di Pantai Tanjung Papuma
08.07.2015

Kawasan selatan Jawa Timur dikenal memiliki deretan pantai-pantai eksotis dengan batuan karang dan ombaknya yang cukup besar, salah satunya adalah Pantai Papuma di Kabupaten Jember.

Nama pantai Papuma merupakan kependekan dari "Pasir Putih Malikan", berlokasi di Kecamatan Wuluhan, sekitar 45 kilometer arah selatan Kota Jember.

Pantai Papuma terletak pada sebuah tanjung berbukit yang membuat pantai ini juga dikenal dengan nama "Pantai Tanjung Papuma". Pantai Papuma sendiri lokasinya berdekatan dengan pantai lain yang lebih dulu terkenal di Jember, yaitu Pantai Watu Ulo.

Pesona Ombak dan Batu Karang di Pantai Tanjung Papuma

Sekitar empat kilometer menuju pintu masuk pantai Papuma, kondisi jalan berupa tanah dan berbatu yang cukup licin, terutama saat musim hujan, serta jalan beraspal tipis dengan beberapa bagian yang sudah rusak ketika memasuki area pantai.

Kota Jember mulai dikenal kalangan wisatawan domestik dan mancanegara sejak bergulirnya Jember Fashion Karnival. Festival ini merupakan agenda tahunan yang telah mendatangkan ribuan wisatawan ke kota di bagian selatan Jawa Timur ini.

Pesona Ombak dan Batu Karang di Pantai Tanjung Papuma

Wisatawan yang ingin bermalam di Tanjung Papuma bisa menginap di cottage atau vila yang dikelola oleh pihak Perhutani. Lokasinya berada tepat di sekitar pantai, dengan view sunrise dan sunset dari Tanjung Papuma. Harga sewa per malam rata-rata sekitar Rp 300.000 sampai Rp 450.000.

Ombak di pantai Papuma cenderung besar dan berbahaya, seperti halnya pantai-pantai lain di sisi selatan Jawa yang menghadap ke Samudra Hindia. Beberapa papan peringatan keselamatan dipasang agar wisatawan yang berenang tetap berhati-hati dengan besarnya ombak.

Pesona Ombak dan Batu Karang di Pantai Tanjung Papuma

Wisatawan juga bisa menikmati pemandangan pantai Papuma dari ketinggian. Terdapat view point yang bisa ditempuh dengan trekking kurang lebih 20 menit. Dari view point ini wisatawan bisa menikmati sunrise pada pagi hari dan sunset ketika sore hari dengan pemandangan khas batu karang besar yang menjadi ikon Pantai Papuma.

Terdapat tujuh pulau karang di sekitar Pantai Papuma. Deretan pulau karang ini memiliki nama sendiri-sendiri yang diambil dari tokoh pewayangan seperti, Pulau Batara Guru, Pulau Kresna, Pulau Narada, Pulau Nusa Barong, dan Pulau Kajang. Ada juga Pulau Kodok dengan bentuknya mirip katak raksasa yang timbul tenggelam di tengah laut.

Pesona Ombak dan Batu Karang di Pantai Tanjung Papuma

Di salah satu bagian Pantai Papuma terdapat batu karang dengan ceruk kecil yang oleh penduduk setempat dinamakan Gua Lawa atau Gua Kelelawar. Hampir sama dengan Pulau Kodok, gua ini hanya bisa dilihat oleh wisatawan saat air sedang surut.

Pantai Papuma yang memiliki landscape pasir putih yang landai di sisi timur dan batuan karang di sisi barat ini sangat cocok untuk penggemar fotografi. Selain itu, fasilitas penginapan dan warung-warung kuliner seafood juga siap memanjakan wisatawan yang berkunjung ke pantai ini.

Share This Article