Pesona Maluku Tak Kalah dengan Luar Negeri! (2) | Breaktime
Pesona Maluku ini Tak Kalah dengan Luar Negeri, lho! (2)
13.05.2016

Membicarakan keindahan Indonesia memang tidak aka nada habisnya, B’timers. Khususnya kawasan Indonesia Timur. Bagi para penyuka olahraga air, pesona Maluku bahkan sudah terkenal hingga ke mancanegara, lho. Setelah sebelumnya Breaktime menyajikan destinasi wajib kunjung bagian pertama yang ada di Maluku, yuk tengok kekayaan Maluku selanjutnya, B’timers!

Kepulauan Kai

Pesona Maluku Tak Kalah dengan Luar Negeri! (2) | Breaktime
Pantai indah di Desa Ohoidertawun

Pantai tak berujung dengan pasir putih di kepulauan inilah yang menjadi banyak wisatawan memilih berkunjung ke Kepulauan Kai, B’timers. Untuk Anda yang hobi fotografi, tak salah jika datang ke Pulau Kei Besar. Untuk mendapatkan pemandangan sambil berjalan-jalan, Anda bisa menjelajah Bukit Kei Kecil di Pulau Kei Kecil. Terdapat patung besar Kristus yang menarik, terutama selama perayaan Paskah. Dan terdapat teluk menawan di Desa Ohoidertawun dengan beberapa ukiran kuno dan lukisan menarik.

Kepulauan Tanimbar

Pesona Maluku Tak Kalah dengan Luar Negeri! (2) | Breaktime
Perahu ini diperkirakan berasal dari zaman batu, lho

Dengan sekitar 65 pulau yang berbeda, Kepulauan Tanimbar sedikit terisolasi. Pulau Yamdena, pulau terbesar dan terpenting di Tanimbar dikenal dengan bukit-bukit hutan yang rimbun, kerbau liar dan pantai-pantai indah dengan ukiran kayu, B’timers. Di Sangliat Dol terdapat perahu batu yang diperkirakan berasal dari zaman megalithikum, lho. Pelabuhan Saumlaki di Pulau Yamdena merupakan pelabuhan utama, jadi tak heran jika selama liburan terlihat sibuk.

Pulau Ternate

Pesona Maluku Tak Kalah dengan Luar Negeri! (2) | Breaktime
Benteng Tolukko dari zaman Belanda yang berdiri megah

Ternate berisi banyak pemandangan menarik yang tersebar di berbagai desa. Carilah Keraton atau Istana Kesultanan, Masjid Sultan dan benteng-benteng kokoh seperti Benteng Kalamata, Benteng Oranje yang dibangun oleh Belanda pada 1667 dan kini digunakan oleh militer Indonesia, dan Benteng Tolukko. Meskipun Gunung Api Gamalama masih mendominasi, namun Anda bisa mengunjungu Desa Air Tege Tege, B’timers.

Pulau Tidore

Pesona Maluku Tak Kalah dengan Luar Negeri! (2) | Breaktime
Mentari senja perlahan turun dari langit Tidore

Dari pelabuhan Bastiong, Ternate, daerah vulkanik dari Tidore terlihat sangat spektakuler. Tersedia speedboat yang menghubungkan Bastiong dengan Ternate, the city of Rum. Speedboat berangkat setiap hari dengan jarak tempuh hanya 7 menit. Soasio adalah resor utama di Tidore yang berada di pantai tenggara. Tempat ini penting dalam sejarah, B’timers. Terdapat pemandangan dari abad ke-17 yang megah, seperti Benteng Tohula, Museum Memorial Sultan Sonyine Malige dan reruntuhan Istana Sultan.

Pulau Halmahera

Pesona Maluku Tak Kalah dengan Luar Negeri! (2) | Breaktime
Danau Duma atau Talaga Duma dengan latar gunung berapi

Berbentuk seperti huruf kapital K dengan 4 semenanjung gunung, menjadikan Pulau Halmahera salah satu yang paling menarik di Kepulauan Maluku, B’timers. Pulau-pulau kecil yang tak terhitung tersebar di sekitar garis pantai Halmahera. Kegiatan menarik yang ditawarkan adalah hiking di sejumlah gunung berapi dengan keindahan alamnya. Danau Duma atau Danau Galela dengan latar belakang dramatis bisa Anda nikmati. Sementara lepas pantai dari Tobelo paling terkenal dengan snorkelingnya.

Pulau Bacan

Labuhana, ibukota Pulau Bacan merupakan kota yang sangat damai, B’timers. Anda akan mendapatkan suasana santai dengan segala pesona dan daya tarik yang ditawarkan. Teluk dengan Benteng Barnevald adalah salah satu yang ditawarkan. Namun setelah melakukan perjalanan dari Ternate dan ingin menikmati pemandangan utama, datanglah ke Desa Kupal dan temukan kerikil besi berwarna cerah. Setelah itu Anda bisa berenang di lepas pantai dan mungkin melihat air terjun Air Belanda.

Bagaimana, B’timers, dengan segala pesona Maluku yang serba menakjubkan itu, sungguh sayang jika Anda melewatkan kesempatan menjelajah Indonesia Timur, bukan? Liburan a la backpacker ke Maluku bisa memberikan pengalaman luar biasa, lho! (NO)

Share This Article