Pesona Maluku Tak Kalah dengan Luar Negeri! (1) | Breaktime
Pesona Maluku ini Tak Kalah dengan Luar Negeri, lho! (1)
12.05.2016

Tersebar di seluruh bagian utara laut Timor dan Sulawesi Timur, Maluku meluas ke Laut Arafura di selatan Papua. Karena lokasinya yang terpencil, hanya ada sedikit wisatawan yang berkunjung ke sana, B’timers. Namun, bagi para penikmat olahraga air, Maluku memikat cukup banyak turis, lho. Dengan lautan yang menghampar luas, setiap jenis topografi laut menunggu utnuk dieksplorasi dan dinikmati. Dan berikut temtap wajib untuk dikunjungi di Maluku.

Pulau Ambon

Pesona Maluku Tak Kalah dengan Luar Negeri! (1) | Breaktime
Benteng yang masih berdiri kokoh bukti sejarah tak terlupakan

Latar belakang pegunungan yang indah, belum lagi teluk dan pantai yang menakjubkan merupakan ikon Kota Ambon yang akan menyapa Anda. Jangan khawatir dengan pilihan tujuan wisata di sini, B’timers. Sebut saja Masjid Raya Al-Fatah, Benteng Victoria, Memorial Pattimura, Patung Martha Christina Tiahahu serta dua katedral tua, yaitu Katedral Francis Xavier dan Katedral Marantha.

Di pinggiran selatan kota, Anda akan menemukan Siwa Lima Museum dan Amahusa atau daerah teluk yang menawan, B’timers. Sementara di utara, ada Commonwhealth Graves dan Taman Makam Pahlawan Indonesia. Jika Anda tertarik untuk scuba diving, silahkan datang ke Leitimur. Dan bagi Anda yang hanya ingin bersantai, Leituhu bagian timur bisa dituju.

Kepulauan Lease

Pesona Maluku Tak Kalah dengan Luar Negeri! (1) | Breaktime
Pintu benteng tua di ujung anak tangga di bukit

Akses menuju kepulauan Lease ini cukup mudah, kok, B’timers. Dengan teluk yang indah, merupakan ide sempurna dengan menghabiskan waktu bersnorkeling. Untuk mendapatkan wisata sejarah, Anda bisa ke Pulau Saparua terdapat Benteng Duurstede yang berada di desa utama. Sementara dekat dengan pantai ada sebuah museum kecil dengan informasi tentang pemberontakan tahun 1817.

Jelajahi Saparua bagian tenggara. Anda akan menemukan tempat pertemuan tradisional yang menarik. Selain itu ada Gereja Protestan yang mengesankan dengan sejumlah kerajinan tembikar. Kepopuleran Pulau Haruku semakin naik, dengan atraksinya, B’timers. jangan lewatkan menjelajahi sekitar Desa Haruku. Temukan Monumen Cakalele, Fort New Hoorn dan Pantai Lyanaen yang tenang.

Pulau Seram

Pesona Maluku Tak Kalah dengan Luar Negeri! (1) | Breaktime
Pantai Ora dengan air lautnya yang jernih

Saat mendengar nama Pulau Seram, inilah pulau terpenting dari nusantara, B’timers. Anda bisa menuju Kota Masohi yang merupakan ibukota Maluku Tengah, dan di sanalah rumah dari Museum Budaya. Di Pulau Seram bagian utara, terdapat teluk indah yang dikenal dengan nama Teluk Sawai. Didukung tebing tinggi serta dekat dengan  Pantai Ora, teluk tersebut merupakan tempat yang tepat bersantai.

Tujuan lainnya di Pulau Seram yang wajib Anda kunjungi adalah Amahai, Namano dan Taman Nasional Manusela. Taman Nasional ini merupakan rumah bagi 2 ribu spesies kupu-kupu dan ngengat serta 120 spesies burung. Masuk melalui Desa Wahai di bagian utara taman, atau melalui Desa Sanulo yang menghadap Teluk Teluti dan merupakan gerbang selatan.

Kepulauan Banda

Pesona Maluku Tak Kalah dengan Luar Negeri! (1) | Breaktime
Dasar laut seolah mengundang kita menyelam, ya?

Di sebelah selatan dari Pulau Seram dan Ambon ada Kepulauan Banda, B’timers. Pulau Banda seperti destinasi subur Maluku lainnya, menawarkan pengalaman menyelam yang luar biasa. Anda bisa snorkeling di pelabuhan Banda. Salah satu situs spesialnya adalah Lava Flow yang merupakan lava dari letusan Gunung Api tahun 1988. Di sini Anda akan menyaksikan lapisan karang terindah.

Pada bulan April dan Oktober, di mana lautan sedikit tenang. Jadi Anda bisa menikmati keindahan dunia bawah air dengan lebih sempurna, B’timers. Mungkin Anda tertarik menyelam bersama hiu dan spesies perairan dalam dengan segerombolan ikan berwarna-warni. Dan jangan lewatkan masa kawin ikan mandarin yang bisa Anda abadikan dengan kamera, ya?

Karena kekayaan keindahan alam Maluku, bahkan wisatawan manca negara pun rela menghabiskan liburannya di Indonesia bagian timur ini, B’timers. Untuk daftar pesona Maluku selanjutnya, tunggu di Breaktime esok, ya, B’timers! (NO)

Share This Article

Tagging: