Pesona Keindahan Masjid Raya Baiturrahman Aceh | Breaktime

ARTIKEL TRAVEL

Barry Kusuma

"Travel and Photography" Inspiring Photos & Video through the Lens.

Pesona Keindahan Masjid Raya Baiturrahman Aceh
29.08.2016

Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh adalah landmark Kota Banda Aceh yang sangat lekat dengan budaya masyarakat Aceh. Selain sejarah panjang yang dipunyai bangunan ini, ternyata Masjid Raya Banda Aceh juga berperan besar menyelamatkan pengungsi bencana tsunami. Karena bangunan ini masih kokoh berdiri ketika banjir bandang melanda kota Banda Aceh.

Ciri khas bangunan

Masjid Raya Baiturrahman terletak tepat di pusat kota Banda Aceh, dengan ciri khas bangunan sangat megah mirip dengan masjid Taj Mahal di India. Masjid yang konon dibangun oleh Sultan Iskandar Muda tahun 1612 (1022 Hijriah) ini, sekaligus menjadi titik pusat semua kegiatan keagamaan di Bumi Nanggroe Aceh Darussalam.

Pesona Keindahan Masjid Raya Baiturrahman Aceh | Breaktime
Saksi bisu hantaman tsunami dan tetap kokoh

Arsitektur mengagumkan

Selain bersejarah, keindahan desain arsitektur masjid ini sangat mengagumkan, terdapat banyak ukiran huruf Al-Quran, serta halaman masjidnya luas. Juga ada kolam pancuran air a la Kesultanan Turki Utsmani. Gaya arsitektur memukau inilah yang membuat Masjid Baiturrahman Banda Aceh dinobatkan menjadi salah satu masjid paling indah di Indonesia.

Pernah dibakar tentara Belanda

Masjid Baiturrahman ini ternyata pernah dibakar oleh tentara Belanda. Dan untuk meredam kemarahan masyarakat Aceh, pada tahun 1877 Kerajaan Belanda kembali membangun Masjid Baiturrahman. Ketika itu Kesultanan Aceh di bawah pemerintahan Sultan Muhammad Daud Syah Johan Berdaulat, dan juga menempatkan beliau sebagai Sultan terakhir di Aceh.

Pesona Keindahan Masjid Raya Baiturrahman Aceh | Breaktime
Keindahannya makin terlihat pada saat petang

Dulunya markas perang

Dahulu, di masa perang kemerdekaan Mesjid Baiturahman juga berfungsi sebagai markas perang sekaligus benteng pertahanan rakyat Aceh, kala itu Masjid Raya Baiturrahman juga digunakan untuk tempat berkumpul tentara perang Kesultanan Aceh sekaligus tempat menyusun taktik dan strategi perang. Tercatat nama-nama besar Pahlawan Nasional Indonesia dari Aceh seperti Teuku Umar dan Cut Nyak Dien memiliki andil besar dalam mempertahankan masjid Raya Baiturrahman ini.

Pesona Keindahan Masjid Raya Baiturrahman Aceh | Breaktime
Masjid kebanggaan masyarakat Aceh

Dari masa ke masa

Seiring perkembangan zaman Masjid Baiturrahman ini mengalami banyak perubahan dan perluasan meski tanpa mengubah struktur bangunan aslinya. Bukti dari renovasi dan perluasan tersebut, kini Masjid Raya Baiturrahman Aceh memiliki 1 buah menara induk, 4 buah menara, dan 7 kubah. Diberitakan masjid Baiturrahman mengalami renovasi besar besaran dan rencananya akan selesai pada 2017. Wah, seperti apa ya, keindahannya saat selesai direnovasi nanti? (bk)

Share This Article