Pesona Hidden Beach Playa del Amor di Meksiko | Breaktime
Pesona Hidden Beach Playa del Amor di Meksiko
14.10.2017

Keindahan alam memang seakan tiada habisnya untuk dieksplorasi. Manusia hanya bertugas menjaga kelestarian lingkungan sambil terus menikmati pesonanya. Siapa sangka panorama alam unik seperti lembutnya pasir pantai dan debur ombak bisa tersembunyi di balik lubang karang? Terletak di Kepulauan Marietas, tepatnya di sebelah barat daya lepas pantai Puerto Vallarta di Meksiko Barat, Pantai Playa del Amor atau yang dalam bahasa setempat berarti “love beach” ini dapat ditempuh dengan perjalanan perahu selama 1 jam.

Kepulauan Marietas terbentuk ribuan tahun lalu akibat aktivitas vulkanik dan hingga kini tak berpenghuni. Pulau yang kini menjadi destinasi wisata populer di Meksiko berkat adanya pantai tersembunyi ini di awal tahun 1900-an digunakan oleh Pemerintah Meksiko untuk melakukan uji senjata militer hingga masa Perang Dunia II. Banyaknya ledakan bom yang dilakukan militer di pulau ini menciptakan berbagai gua dan formasi batuan yang baru, salah satunya ialah Playa del Amor ini. Setelah puluhan tahun dijadikan pusat kegiatan militer yang banyak merusak flora dan fauna setempat, seorang oseanografer asal Perancis bernama Jacques Cousteau pada akhir tahun 1960-an menyuarakan perlunya pulau ini untuk mendapat status perlindungan dari pemerintah.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Liburan Anti-Mainstream di Surga Tropis Vanuatu

Pada tahun 2005, Pemerintah Meksiko kemudian menyatakan Kepulauan Marietas secara resmi sebagai taman nasional yang dilindungi dan melarang pemancingan, perburuan hewan, serta aktivitas manusia lainnya. Meski demikian, Pantai Playa del Amor yang disebut juga sebagai hidden beach ini hingga kini cukup banyak diserbu wisatawan. Penduduk Meksiko di sekitar pulau ini kemudian memanfaatkan pulau ini sebagai destinasi wisata dengan menyewakan perahu sebagai sarana transportasi para wisatawan. Pantai yang terletak tepat di bawah crater yang disinari cahaya matahari saat tengah hari ini hanya bisa dikunjungi saat ombak surut.

Pesona Hidden Beach Playa del Amor di Meksiko  | Breaktime
Pesona pasir pantai dan laut dangkal yang mengintip di balik lubang karang

Untuk menuju Pantai Playa del Amor, wisatawan akan masuk melalui terowongan air sepanjang 27 meter yang menghubungkan pantai tersembunyi ini dengan Samudera Pasifik. B’timers tak perlu repot-repot mengenakan peralatan selam karena terdapat jarak 2 meter dari permukaan air hingga ke langit-langit terowongan karang sehingga penyelam bisa bebas bernafas. Dari celah karang itu jugalah air laut masuk ke lubang karang dan membentuk pantai mini yang lengkap dengan laut dangkal dan ombak yang membelai pasir putih lembut.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Perpustakaan Termegah di Dunia Wajib Dikunjungi

Mirip dengan suasana di Pantai Sempu di Malang, Jawa Timur, Indonesia, Pantai Playa del Amor ini benar-benar tersembunyi dan tertutup batu karang. Tak heran, Pantai Playa del Amor pun dikenal sebagai ikon hidden beach di Meksiko. Sesampainya di bawah lubang karang yang beratapkan langit lepas, B’timers bisa melakukan banyak hal seperti berenang hingga bersantai di pantai yang berpasir landai ini. Pantai Playa del Amor juga menjadi lokasi sempurna untuk melakukan snorkeling karena dikelilingi oleh kawanan koral cantik.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Jomblo, Ini Negara Paling Aman Untuk Liburan!

Selain lokasi pantai yang unik, Kepulauan Marietas juga menyimpan aneka spesies laut seperti paus bungkuk, lumba-lumba, ikan pari manta, hingga 103 spesies ikan karang. Kawanan paus bungkuk dapat dengan mudah ditemukan di sekitar pulau sepanjang musim dingin. B’timers yang cukup beruntung bisa mendengarkan melodi lautan nan menenangkan ala “musik paus” saat menyelam di perairan sekitar pulau. Beragam spesies belut dan penyu laut juga bisa Anda saksikan di sekitar koral dan gua yang terletak di sepanjang garis pantai. Keanekaragaman hayati tersebut membuat organisasi lingkungan hidup PBB bernama UNESCO tergerak untuk menjadikan Kepulauan Marietas sebagai salah satu Situs Warisan Dunia.

Apakah B’timers tertarik mengunjungi hidden beach ala Pantai Sempu yang terletak di Meksiko ini? (dee)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE