Pesona Hamparan Perkebunan Teh Ranca Bali | Breaktime
Pesona Hamparan Perkebunan Teh Ranca Bali
07.09.2016

Perkebunan teh yang terletak di daerah Ciwidey ini menawarkan keindahan hamparan tanaman teh yang sangat luas dan indah. Perkebunan Ranca Bali ini berada di pinggiran jalan menuju Kawah Putih dan Situ Patenggang. Anda yang akan berwisata ke Kawah Putih atau Situ Patenggang, akan melihat pemandangan hamparan tanaman teh yang rata dan lebih rendah dari pinggiran jalan.

Namun, jika hanya melewatinya saja tidak akan cukup. Anda bisa menikmati sejuknya udara dan berfoto dengan latar pemandangan yang menawan. Di sebuah ruas jalan, Anda juga akan melihat beberapa air terjun kecil bertingkat yang akan menarik perhatian Anda.

Kontur tanah yang bergelombang, membuat hamparan pohon-pohon teh ini tampak seperti permadani raksasa yang dikibaskan. Perkebunan teh Ranca Bali ini juga dikelilingi oleh deretan bukit-bukit, membuat keindahannya semakin lengkap.

Pesona Hamparan Perkebunan Teh Ranca Bali | Breaktime
Hamparan Perkebunan Teh Ranca Bali

Keunikan lain dari perkebunan teh Ranca Bali ini adalah jalan kecil yang dibuat untuk para buruh pemetik teh, terlihat seperti mosaik yang sangat indah jika dilihat dari jauh atau dari ketinggian. Perkebunan ini juga sering digunakan sebagai lokasi pembuatan film dan pemotretan.

Oh, iya B’timers, perkebunan Ranca Bali ini berada di bawah naungan PT. Perkebunan Nusantara VIII, yaitu sebuah perusahaan BUMN dengan kegiatan usaha yang meliputi pembudidayaan tanaman di 41 kebun di Jawa Barat. Hal itu mencakup pengolahan, produksi, dan penjualan produknya.

Perkebunan teh Ranca Bali ini berdekatan dengan beberapa tempat wisata lain, yaitu Air Panas Walini (700 m), Air Panas Cimanggu (1 km), Bumi Perkemahan Ranca Upas (2 km), Situ Patenggang (4,6 km), dan Kawah Putih (7,6 km).

Pesona Hamparan Perkebunan Teh Ranca Bali | Breaktime
Salah satu pemetik teh di Ranca Bali

Bagaimana, B’timers? Penasaran, kan dengan keindahan perkebunan teh terluas di Jawa Barat ini? Tunggu apalagi, ajak teman-teman atau keluarga Anda untuk berlibur ke Jawa Barat dan mengunjungi perkebunan teh ini. (vpd)

Share This Article