Pesona Bukit Karst Rammang-Rammang di Sulawesi Selatan | Breaktime
Pesona Bukit Karst Rammang-Rammang di Sulawesi Selatan
30.07.2015

Makassar tak hanya terkenal dengan pantai Losari atau bangunan adat tongkonan. Tak jauh dari ibu kota Sulawesi Selatan kita bisa menjumpai sebauah kawasan yang masuk cagar budaya UNESCO.

Destinasi tersebut adalah Rammang-rammang, sebuah obyek wisata yang berada di Gugusan Pegunungan Kapur (karst) Maros-Pangkep, tepatnya berada di Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros.

Kawasan ini berlokasi sekitar 40 kilometer arah utara Makassar dan bisa ditempuh melalui dengan kendaraan bermotor selama kurang lebih dua jam. Lokasinya sangat mudah dijangkau karena terletak tak jauh dari jalan raya lintas provinsi Sumatera Selatan.

Kata Rammang-rammang berasal dari Bahasa Makassar yang berarti sekumpulan awan atau kabut. Hal ini mengacu pada kawasan Rammang-rammang yang hampir selalu diselimuti kabut pada pagi hari, terutama saat musim hujan.

Berkunjung ke lokasi ini, B'timers bisa mendapatkan lebih dari satu destinasi, diantaranya Taman Hutan Batu Kapur, Telaga Bidadari, Gua Bulu Barakka, Gua Telapak Tangan, Gua Pasaung, serta Sungai Pute dan Kampung Berua.

Pesona Bukit Karst Rammang-Rammang di Sulawesi Selatan | Breaktime
Pemandangan bukit karst dan area persawahan di Rammang-rammang

Taman Hutan Batu Kapur Rammang-Rammang merupakan satu-satunya di Indonesia dan merupakan taman karst terluas ketiga di dunia setelah Madagaskar dan China. Meski demikian, karst Rammang-rammang memiliki keunikan dan ciri khas sendiri yang tak dimiliki karst lainnya.

Karst Rammang-rammang merupakan kompleks berkumpulnya bebatuan dengan ribuan batuan kapur berwarna hitam dan abu-abu yang membentuk tebing dan bukit. Landscape Rammang-rammang makin eksotis dengan hamparan sawah dan Sungai Pute.

Tak jauh dari karst Rammang-rammang dan Sungai Pute, terdapat sebuah gua yang diberi nama Gua Bulu Barakka. Kata bulu berasal dari Bahasa Makassar yang berarti gunung, sementara barakka berarti berkah atau anugerah. Di tempat ini, kita bisa melihat situs pra sejarah di dalam gua yang berupa cap tangan dan lukisan manusia purba. Lukisan tersebut berupa gambar hewan seperti kerbau, rusa, ikan, dan gambar aktivitas manusia purba.

Pesona Bukit Karst Rammang-Rammang di Sulawesi Selatan | Breaktime
Menyusuri Sungai Pute di Rammang-Rammang

Menikmati keindahan Rammang-rammang kurang lengkap tanpa menyusuri Sungai Pute. Perjalanan diawali dari dermaga Rammang-rammang dengan menumpang katinting, semacam perahu motor tradisional penduduk kawasan ini. Sepanjang Sungai Pute banyak ditumbuhi pohon nipah dan bakau khas air payau, beberapa batuan pada jalur sungai, dan sejumlah gua kapur.

How to get there

Perjalanan dari Makassar ke Rammang-rammang menempuh waktu kurang lebih 2-3 jam. Wisatawan biasanya menyewa mobil atau paket tur Makassar yang sudah include destinasi Rammang-rammang. Traveler juga bisa naik angkot dari Pasar Daya Makassar menuju Pangkep. Setiba di lokasi, wisatawan bisa menyewa ojek atau perahu, tergantung keinginan untuk menikmati Rammang-rammang, apakah lewat jalur darat atau sungai.

Share This Article