Pesona Bahari Tersembunyi Di Teluk Tomini | Breaktime
Pesona Bahari Tersembunyi Di Teluk Tomini
11.06.2017

Teluk Tomini adalah sebuah teluk yang memisahkan provinsi Sulawesi Utara, Gorontalo, dan Sulawesi Tengah. Dari kejauhan, pulau-pulau kecil tampak berpasir putih dengan warna air laut yang jernih. Teluk Tomini  jadi destinasi bahari yang mulai dilirik oleh dunia. Keindahannya memang patut diacungi jempol dan dibuktikan dengan tersebarnya 1.031 hektar terumbu karang dan 785,10 hektar  hutan mangrove. Bahkan dengan kelebihan tersebut, Teluk Tomini didorong untuk menjadi kawasan wisata laut terbesar di dunia.

Namanya saja wisata bahari, jelas Teluk Tomini terdiri dari pantai dan pulau yang mempesona. Berjarak sekitar 20 km dari pusat Kota Gorontalo, Pantai Olele yang ada di Desa Olele, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, relatif mudah dijangkau oleh wisatawan. Pantai ini identik dengan aktivitas nelayan yang padat dan landscape yang indah.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Sydney, Destinasi Terbaik di Negeri Kanguru

Saat menginjakkan kaki di Pantai Olele, pemandangan anak-anak bermain di pantai sambil mencari ikan seolah menjadi ucapan selamat datang untuk para pengunjung. Perahu-perahu nelayan juga akan menjadi teman santai di siang hari. Bisa jadi spot foto yang menarik.

Sudah bukan rahasia umum lagi, jika Teluk Tomini juga punya keindahan alam bawah laut yang nggak kalah dengan Wakatobi. Itu berarti Anda bisa snorkeling atau diving di sekitar Pantai Olele. Di sana juga sudah disediakan persewaan alat snorkeling lengkap. Anda juga akan ditemani oleh instruktur atau guide berpengalaman untuk eksplorasi surga bawah laut Sulawesi.

Bahkan saking indahnya, Pantai Olele yang masuk dalam garis pantai Teluk Tomini telah ditetapkan sebagai kawasan konservasi oleh Pemkab Bone Bolango. Beberapa tahun terakhir ini sudah banyak wisatawan yang mulai menemukan surga baru di Sulawesi. Saking masih alaminya, pengelolaan tempat wisata ini masih dilakukan secara mandiri oleh masyarakat sekitar.

Pesona Bahari Tersembunyi Di Teluk Tomini | Breaktime
Kampung Bajo (adriansocius.blogspot.com)
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Sumba Awal Juli Sambut Festival Kuda Sandelwood

Tak cukup dengan Pantai Olele, Anda juga bisa eksplorasi pulau-pulau lainnya yang masuk dalam kawasan Teluk Tomini. Kepulauan Togean adalah salah satu yang paling menarik wisatawan lokal maupun internasional. Jarak tempuhnya juga tak sebentar. Ada dua pilihan akses untuk sampai ke sana.

Pertama dengan penerbangan ke Palu dan dilanjutkan perjalanan darat ke Ampana selama 10 jam. Setelah sampai di Ampana, bisa dilanjutkan ke Wakai dengan kapal ferry selama dua jam. Kedua, Anda bisa menggunakan penerbangan ke Gorontalo, kemudian dilanjutkan degan perjalanan laut dengan kapal ferry ke Wakai dengan jarak tempuh selama 12 jam.

Di Kepulauan Togean, Anda bisa mengunjungi Pulau Taipi, Pulau Kadidiri, Kampung Bajo di Pulau Tangkian, Pantai Karina, Danau Ubur-Ubur, dan masih banyak lagi. Sama halnya di Pantai Olele, di setiap pulau yang ada di Pulau Togean bisa Anda gunakan untuk snorkeling ataupun diving.

Saat pergi ke Kampung Bajo, Anda akan mengenal budaya dan tradisi Suku Bajo. Ini jadi satu bagian traveling paling menarik, karena Anda bisa mengenal orang-orang baru dari penjuru Indonesia lainnya. Mereka adalah suku nelayan yang memang tinggal dan hidup di laut. Mereka sangat dekat dengan laut dan tidak akan terlihat satupun sampah di pemukiman Suku Bajo ini.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Berenang Bersama Flamingo? Datang ke Pantai Ini!

Bagaimana dengan Danau Ubur-Ubur? Lokasinya tidak jauh dari Pantai Karina. Di sana Anda bisa berenang bersama dengan ubur-ubur. Eits, tapi tenang saja karena ubur-ubur di sana tidak menyengat sama sekali. Jangan memakai sunblock saat berenang dan jangan sekalipun menyentuh makhluk laut yang satu ini karena bisa membuat mereka stress.

Membayangkan apa yang ada di Teluk Tomini saja, sudah membuat B’timers ingin liburan pastinya. Sebelum semakin banyak wisatawan yang datang, langsung saja masukkan Teluk Tomini dalam daftar  liburan tahun ini. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE