Perpustakaan Termegah di Dunia Wajib Dikunjungi | Breaktime
Perpustakaan Termegah di Dunia Wajib Dikunjungi
09.10.2017

“A library is a house of hope. It’s a place where we all, whatever our situation, can feed our ideas and develop our dreams” – Doug Wilhelm

Ketika membahas soal tempat wisata, umumnya banyak dari kitayang langsung membayangkan tempat-tempat wisata alam seperti pantai atau pegunungan, atau mungkin tempat wisata historis seperti museum. Ya, tak ada seorangpun yang menyangka kalau perpustakaan juga bisa menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Tapi bagi seorang bibliophile, membaca buku di berbagai perpustakaan termegah di dunia adalah motivasi besar bagi mereka untuk bepergian. Can you relate with us well, B’Timers?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Jomblo, Ini Negara Paling Aman Untuk Liburan!

Tak bisa dielakkan, buku adalah alat penggerak utama sehingga umat manusia bisa (dan akan terus) mencapai kemajuan demi kemajuan dalam peradaban. Dan bangsa yang besar adalah bangsa yang tahu benar bahwa untuk menggalakkan semangat membaca, adalah dengan memberikan ruang bacaan yang tenang dengan koleksi buku yang lengkap untuk memuaskan mereka yang haus akan ilmu. Jadi, jangan heran jika negara-negara maju tersebut seakan berlomba-lomba untuk memiliki perpustakaan termegah di dunia yang wajib Anda kunjungi jika Anda berencana untuk world-traveling.

Admont Library – Austria

Jika Anda berkunjung ke Austria, jangan sampai melewatkan kunjungan ke perpustakaan eksotis satu ini. Perpustakaan Admont terletak di kaki pengunungan Alps dan dinobatkan menjadi perpustakaan kebiaraan terbesar di kota Austria. Saat Anda masuk, Anda akan disambut dengan arsitektur bangunan khas Baroque style dan telah berdiri sejak tahun 1776. Ketika Anda mendongak, Anda akan disambut dengan lukisan karya Bartolomeo Altomonte yang menggambarkan tahap pencerahan yang dicapai oleh manusia.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Wisata Bangkok Banyak Yang Tutup, Kenapa Ya?

Tak berhenti di situ saja, di beberapa sudut hall juga dipajang beberapa karya pahatan seniman, salah satunya pahatan patung “The Four Last Things” milik Josef Stammel. Soal koleksi buku, perpustakaan ini menyimpan sekitar 200,000 volume buku, koleksi manuskrip kuno berjumlah 1,400 dengan koleksi awal berasal dari abad ke-8, dan 530 incunabula, atau buku cetakan pertama yang diterbitkan pada tahun sebelum tahun 1501.  

Perpustakaan Termegah di Dunia Wajib Dikunjungi | Breaktime
Penampilan perpustakaan termegah di dunia dari luar

Alexandria Library –Mesir

Perpustakaan Alexandria dulunya merupakan salah satu warisan perpustakaan terbesar  yang dimiliki oleh masyarakat Mesir di abad ke-3 Sebelum Masehi. Ya, sebelum pada abad ke-3 Setelah Masehi perpustakaan tersebut dibumihanguskan akibat peperangan umat manusia dan sejumlah manuskrip dan buku pun ikut musnah bersamanya.

dalam rangka menghormati jasa perpustakaan kuno tersebut, pada tahun 2002 pemerintah Mesir mendirikan gedung Perpustakaan Alexandria yang baru. Perpustakaan satu ini jauh lebih modern dan lebih megah dibandingkan dari pendahulunya. Desain dari gedung perpustakaan tersebut juga sangat unik, yaitu menyerupai bentuk dari jam matahari dengan bentuk bangunan yang menghadap Lautan Mediterania. Bayangkan keasyikan membaca buku-buku penting di perpustakaan ini sambil sesekali memandang ke lautan lepas, B’Timers!

Sainte-Genevieve Library – Perancis

Perpustakaan Saint-Genevieve merupakan hasil peninggalan dari arsitek berbakat yaitu Henri Labrouste dari abad ke-19. Langit-langit ruangan yang melengkung membuat gedung membaca terasa sangat lapang,. Bahkan Anda juga bisa menyaksikan aspek unik dari perpustakaan ini, yaitu hiasan kolom besi berwarna hitam yang sangat indah yang menghias atap dari reading room tersebut.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Mengenal Edelweis, Si Cantik Simbol Bunga Abadi

Perabotan kayunya juga semakin mendukung kesan syahdu dan damai, sehingga siapapun bisa menemukan kedamaian membaca di sini. Tak heran jika perpustakaan ini disebut sebagai kuil pengetahuan dan tempat untuk berkontemplasi menurut MoMa. Koleksi bukunya yang lengkap juga membuat perpustakaan ini jadi tujuan utama bagi mahasiswa Universitas Paris.

Wah, jadi ingin kan berkunjung ke perpustakaan termegah di dunia. Dan semoga saja kelak Indonesia pun menyusul dengan memiliki gedung perpustakaan lengkap yang tak kalah megahnya. (dkp)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE