Percayalah, 5 Jembatan Kuno Ini Masih Berfungsi! | Breaktime
Percayalah, 5 Jembatan Kuno Ini Masih Berfungsi!
18.02.2017

Di era modern ini, segala hal sudah pasti berhubungan erat dengan teknologi canggih. Tak hanya teknologi, segala benda juga sudah berkembang dan jadi lebih baik dari jaman dulu. Manusia juga sudah sangat dimudahkan di era saat ini. Benar, kan B’timers? Tetapi meski begitu, perkembangan jaman yang sedemikian rupa ini tidak akan berhasil tanpa orang-orang di masa lalu.

Bahkan masih banyak peninggalan di masa lalu yang masih ada sampai saat ini. B’timers pasti mengira bahwa peninggalan masa lalu orang-orang jaman dulu adalah candi-candi, bangunan seperti Colosseum, gereja, atau museum. That’s totally wrong.

Kali ini Breaktime akan mengungkapkan jembatan-jembatan kuno di dunia yang berasal dari masa lalu yang masih berdiri kokoh hingga saat ini. Bahkan di antara jembatan-jembatan ini ada yang dibangun di tahun sebelum Masehi, lho! Penasaran, kan? Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Percayalah, 5 Jembatan Kuno Ini Masih Berfungsi! | Breaktime
Pons Fabricius Bridge

Jembatan kuno pertama adalah Pons Fabricius yang dibangun oleh bangsa Romawi. Tepatnya jembatan ini dibangun pada tahun 62 SM. Sama halnya dengan bangunan khas Romawi lainnya dengan ciri bangunan yang kaku. Sebenarnya bangunan jembatan ini telah mengalami perbaikan yang dilakukan oleh Marcus Lollius dan Quintus Aemilius Lepidus. Perbaikan ini dilakukan akibat banjir yang melanda Romawi. Entah bagaimana jembatan tersebut dibangun dan bahan-bahan apa yang digunakan hingga membuat jembatan masih bertahan sampai sekarang.

Ponte Vecchio jadi jembatan kuno kedua yang masih bertahan sampai sekarang. Jembatan ini terletak di Florence, Italia. Ponte Vecchio dibangun pada tahun 1345 silam. Yang menarik dari jembatan ini adalah dibangun untuk menampung arcade toko. Sampai sekarang pun fungsinya masih sama. Bahkan pada saat perang dunia II, ketika tentara Jerman melarikan diri ke Florence, banyak jembatan yang diledakkan. Namun, hanya jembatan inilah yang berhasil lolos dalam peristiwa tersebut.

Percayalah, 5 Jembatan Kuno Ini Masih Berfungsi! | Breaktime
Shaharah Bridge

Selanjutnya adalah jembatan Shaharah yang terletak di Yaman. Jembatan Shaharah membentang sepanjang 200 meter yang menghubungkan dua buah gunung, yaitu Jabal al Emir dan Jabal al Faish. Jembatan ini dibangung pada sekitar abad ke-17. Lebih tepatnya, jembatan ini berfungsi sebagai jalan pintas pengubung desa-desa di sekitar dua gunung tersebut. Namun, tak hanya sebagai jembatan kuno yang masih berfungsi sampai sekarang, Shaharah juga menarik perhatian para wisatawan dunia.

Masih ada lagi jembatan kuno yang masih berfungsi sampai sekarang. Kali ini giliran Turki yang patut bangga dengan Cendere Bridge atau yang juga dikenal dengan Severan Bridge. Jembatan ini menyandang gelar jembatan melengkung terpanjang kedua yang dibangun oleh orang Romawi. 

Percayalah, 5 Jembatan Kuno Ini Masih Berfungsi! | Breaktime
Anji Bridge

Jika Anda berlibur ke Turki, jangan lewatkan untuk berfoto di jembatan ini. Jembatan ini ternyata juga memiliki arti. Jika Anda melihatnya, di sana terdapat dua kolom yang dibangun. Kolom satu dibangun untuk mewakili keluarga Kaisar Severus dan Julia, sedangkan sisi lainnya mewakili Caracalla dan Geta.

Tak hanya daratan Eropa yang punya jembatan kuno. China juga punya satu jembatan yang dibangun pada tahun 605 sesudah Masehi. Namanya Anji Bridge atau lebih dikenal dengan nama Zhaozhou Bridge. Pada saat itu, jembatan ini dianggap sebagai jembatan paling kokoh di seluruh dunia. Namun memang kenyataannya jembatan ini benar-benar kokoh hingga saat ini, karena mampu bertahan setiap kali banjir, perang, dan gempa bumi.

Bagaimana, B’timers? Ternyata orang-orang jaman dulu juga mampu membangun sebuah bangunan yang mampu bertahan sampai ratusan bahkan ribuan tahun, ya. Awesome! (vpd) 



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE