Pantai Ungapan, Destinasi di Malang Selatan | Breaktime
Pantai Ungapan, Satu Lagi Destinasi Alternatif di Malang Selatan
03.01.2016

Malang dan Kota Batu di Jawa Timur merupakan destinasi wisata yang terkenal dengan suasana dingin dan sejuknya pegunungan. Namun B'timers masih bisa menikmati hangatnya cuaca pantai di beberapa pantai di kawasan Malang Selatan.
     Salah satu pantai yang ramai di kunjungi di Malang selatan adalah Pantai Ungapan. Lokasi pantai ini berada di antara Pantai Bajul Mati dan Pantai Goa China yang lebih dulu terkenal di kalangan wisatawan domestik.
     Pantai Ungapan dikelola oleh pihak Perhutani dan masyarakat sekitar, nama "ungapan" berasal dari Bahasa Jawa yang berarti muara sungai. Tak salah memang karena di sisi kiri pantai ini terdapat sebuah muara sungai yang tenang, teduh, dan banyak dipakai berenang oleh wisatawan.

Pantai Ungapan, Destinasi di Malang Selatan | Breaktime
Sisi barat Pantai Ungapan di Kabupaten Malang Jawa Timur

Harga tiket masuk Pantai Ungapan sebesar Rp 5 ribu per orang, sementara biaya parkir mobil Rp 5000 dan sepeda motor Rp 3000. Sangat terjangkau untuk menikmati keindahan alami yang dimiliki oleh Pantai Ungapan.
     Di sepanjang tepi pantai terdapat sejumlah gubug dan gazebo sederhana yang berjajar dari timur ke barat. Di sisi belakang gubung-gubug tersebut terdapat rerumputan dan pohon kelapa, tak jarang wisatawan yang menggelar tikar dan bersantai di sekitar area ini, menikmati makanan, minuman, atau air kelapa muda segar sambil menikmati pemandangan pantai.
     Landscape pantai Ungapan hampir sama dengan Pantai Bajul Mati, namun dengan suasana yang lebih teduh, lebih alami, dan lebih bersih. Juga terdapat sejumlah warung dan toilet serta kamar mandi.

Pantai Ungapan, Destinasi di Malang Selatan | Breaktime
Ungapan lokasi alternatif selain Bajul Mati dan Goa China di Malang Selatan

Wisatawan yang datang ke pantai ini tidak disarankan untuk berenang jauh dari bibir pantai karena sifat gelombang dan arus laut yang cukup besar sebagaimana pantai-pantai di selatan Jawa pada umumnya.
     Pasir pantai di Ungapan merupakan campuran pasir hitam dan pasir putih, sehingga tidak terlalu halus atau seputih pantai-pantai lainnya. Pada siang hari, pasir pantai Ungapan terasa sangat panas. Waktu terbaik untuk berkunjung ke pantai ini memang pagi dan sore hari. Pantai Ungapan juga merupakan tempat favorit wisatawan untuk menikmati sunset.
     Tidak ada penginapan atau rumah penduduk di pantai ini, tapi B'timers yang gemar camping bisa mendirikan tenda dengan seijin pihak pengelola. Wisatawan biasanya menjadikan pantai ini sebagai tempat istirahat setelah mengunjungi Bajul Mati, Goa China, atau Pantai Sendang Biru.

 Menuju Pantai Ungapan

Pantai Ungapan, Destinasi di Malang Selatan | Breaktime
Gubuk sederhana di tepi pantai Ungapan dengan pemandangan laut

Secara administratif, Pantai Ungapan masuk wilayah Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pantai ini berjarak sekitar 70 km dari pusat kota Malang dan dibutuhkan perjalanan kurang lebih selama 3 jam melewati pegunungan. Tidak ada angkutan umum menuju pantai ini sehingga wisatawan biasanya menggunakan sepeda motor atau mobil. Pantai Ungapan berada di jalur menuju Pantai Goa China dan Pantai Bajul Mati. (za)

Share This Article