Pantai Plengkung, Destinasi Surfing Banyuwangi | Breaktime
Pantai Plengkung, Destinasi Surfing di Banyuwangi
18.04.2016

Kabupaten Banyuwangi yang terletak di ujung timur provinsi Jawa Timur memiliki banyak destinasi wisata alam yang menjadi daya tarik wisatawan, baik lokal maupun asing.

Banyuwangi tak hanya memiliki tiga taman nasional terbesar di Pulau Jawa, tetapi juga sebuah destinasi untuk penggemar surfing, yakni Pantai Plengkung.

Pantai Plengkung sendiri terletak di area Taman Nasional Alas Purwo. Destinasi ini menjadi tujuan wisatawan penggemar surfing, khususnya wisatawan asing.

Oleh wisatawan asing, Pantai Plengkung lebih sering disebut sebagai G-Land. Konon nama ini diambil dari nama teluk yang ada di kawasan tersebut, yakni Teluk Grajagan.

Pantai Plengkung berhadapan langsung dengan Samudera Hindia dan berlokasi di timur Teluk Grajagan, pantai ini memiliki ombak besar yang sangat cocok untuk penggemar surfing.

Pantai Plengkung, Destinasi Surfing Banyuwangi | Breaktime
Turis asing yang bermain surfing turut mempopulerkan keberadaan G-Land

Ombak di kawasan G-Land berbentuk memanjang, tinggi, dan bergerak cepat. Ombak di kawasan ini juga membentuk tabung yang hampir sempurna sehingga menjadi favorit para surfer dari Australia, Eropa, dan Amerika.

G-Land memiliki karakter ombak yang terdiri dari berbagai tipe dari yang terkecil untuk pemula sampai profesional yakni chickens, speedies, monkey trees dan ombak terbesar disebut kongs.

Periode terbaik bagi para surfer untuk menantang derasnya ombak G-Land adalah pada bulan Juni, Juli, dan November. Pada periode tersebut, ombak bisa mencapai tinggi hingga 6 meter.

Sementara itu bagi surfer pemula yang ingin belajar surfing juga terdapat beberapa spot di sekitar Pantai Plengkung yang ombaknya tidak terlalu besar. Lokasi ini sangat cocok bagi mereka yang baru dalam tahap belajar sebelum menuju ke G-Land yang punya ombak besar.

Para peselancar asing ini pun turut mempopulerkan kawasan Pantai Plengkung dan G-Land yang sebelumnya kurang dikenal di kalangan wisatawan domestik. Para surfer tersebut rela blusukan ke lokasi-lokasi yang kadang tak banyak diketahui orang demi mencari ombak yang tinggi dan alami demi memuaskan hasrat mereka bermain surfing.

Pantai Plengkung, Destinasi Surfing Banyuwangi | Breaktime
Pantai Red Island, destinasi lain di Banyuwangi yang juga terkenal di kalangan surfer

Akomodasi

Wisatawan yang ingin menginap di kawasan G-Land bisa memesan beberapa resort dan homestay. Salah satu yang cukup terkenal adalah G-Land Surf & Resort, Joyo's Surf Camp dan Bobby's Surf Camp. Mayoritas tamu ketiga penginapan tersebut adalah surfer asing yang tinggal beberapa hari untuk menikmati ombak G-Land.

Menuju G-Land

Ada dua jalur untuk mencapai G-Land, yaitu jalur darat dan laut. Lewat jalur darat, wisatawan dari arah Banyuwangi akan menempuh perjalanan selama kurang lebih dua jam menuju Pos Pancur di Taman Nasional Alas Purwo. Dari lokasi ini, wisatawan melanjutkan perjalanan dengan jeep yang disediakan pos taman nasional.

Untuk jalur laut, wisatawan bisa menggunakan speedboat atau perahu nelayan tradisional dari Pantai Grajagan. Perjalanan menuju G-Land ditempuh kurang lebih 1 jam. Selain itu wisatawan asing juga ada yang menempuh jalur laut dari Bali dengan menggunakan speedboat. (ZA)

Share This Article