Pantai Pero, Tempat Wisata Terbaik Pulau Sumba | Breaktime
Pantai Pero, Salah Satu Lokasi Terbaik Menikmati Sunset di Pulau Sumba
14.09.2015

Pulau Sumba memiliki banyak "surga tersembunyi" yang belum banyak dikunjungi wisatawan. Salah satu destinasi yang menawarkan keindahan dan kemurnian alam Sumba adalah Pantai Pero.

Pantai Pero merupakan sebuah kawasan pantai yang terletak di Desa Pero Kodi, Kecamatan Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya. Pantai ini berlokasi sekitar 40 km dari ibu kota kabupaten Sumba Barat Daya di Tambolaka dengan waktu tempuh perjalanan dengan mobil kurang lebih 30 menit.

Pamor Pantai Pero memang tak seterkenal Pantai Tarimbang, Puru Kambera, atau Walakiri di Sumba Timur, namun Pantai Pero memiliki dua keunikan yang menjadi ciri khas pantai ini, yakni ombak dan sunset.

Pantai Pero, Tempat Wisata Terbaik Pulau Sumba | Breaktime
Anak-anak desa nelayan bermain di pasir putih Pantai Pero

Ombak Pantai Pero terkenal cukup besar dan memanjang sehingga sangat cocok untuk lokasi olahraga surfing. Tak heran bila banyak wisatawan asing penggemar surfing yang mengunjungi pantai yang berdekatan dengan Desa Adat Rotenggaro ini.

Keindahan lain yang dimiliki Pantai Pero adalah sunset-nya. Pantai ini menjadi lokasi favorit wisatawan dan warga sekitar untuk menikmati senja dan menunggu saat-saat matahari tenggelam. Saat sore, pantai ini mulai ramai didatangi pengunjung yang ingin menikmati sunset.

Pantai Pero, Tempat Wisata Terbaik Pulau Sumba | Breaktime
Saat sore, Pantai Pero ramai dikunjungi warga sekitar

Aktivitas di Pantai Pero tak berhenti seiring terbenamnya matahari. Saat malam, pantai ini tetap ramai karena di bagian timur pantai merupakan dermaga nelayan tradisional dengan puluhan perahu kecil untuk mencari ikan.

Baca Juga : PANTAI MANDORAK, KEINDAHAN TERSEMBUNYI DI SUMBA BARAT DAYA

Yang menarik, wisatawan bisa langsung memesan ikan hasil tangkapan nelayan untuk dimasak atau dipanggang. Salah satu hasil laut yang paling banyak kita temukan di Pantai Pero dan menjadi komoditi khas daerah ini adalah cumi-cumi dan gurita.

Pantai Pero, Tempat Wisata Terbaik Pulau Sumba | Breaktime
Senja di Pantai Pero saat matahari segera tenggelam

Waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Pero adalah pada musim kemarau, antara bulan Mei hingga Oktober. Datanglah ke pantai ini pada sore hari, beberapa saat sebelum matahari tenggelam untuk menikmati keindahan sinar merah matahari yang perlahan tenggelam di garis horison laut lepas.

Tips:

1. Anda bisa menyewa homestay di Desa Nelayan Pantai Pero, dengan fasilitas yang masih sangat terbatas. Bila ingin lebih nyaman, pilihlah beberapa hotel yang banyak terdapat di Tambolaka dan sekitar Bandar Udara Tambolaka.

2. Untuk menuju Pantai Pero, Anda bisa menggunakan angkutan umum minibus dari Tambolaka ke arah Kodi, dan turun di pertigaan pasar tradisional Pantai Pero, kemudian berjalan kaki kurang lebih 1 kilometer ke arah pantai.

Share This Article