Pantai Melasti, Uniknya Wisata Alam dan Religi | Breaktime
Pantai Melasti, Uniknya Wisata Alam dan Religi
16.09.2017

Pesona Pulau Bali sebagai destinasi wisata paling populer di Indonesia memang tak pernah habis. Deretan pantai-pantai berpasir putih di Bali masih menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun asing. Kali ini Saya berkunjung ke Pantai Melasti yang terletak di kawasan Desa Adat Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan Badung, tepatnya di Jalan Melasti. Menuju pantai ini, pengunjung melewati tebing-tebing yang menjulang tinggi, mirip seperti perjalanan menuju Pantai Pandawa.

Perjalanan ke Pantai Melasti paling tepat bila menggunakan sepeda motor, karena pengunjung bisa menikmati pemandangan alam di sepanjang perjalanan. Wisatawan bisa menyewa sepeda motor dari hotel atau persewaan di sekitar hotel.

Pantai Melasti, Uniknya Wisata Alam dan Religi | Breaktime
Tebing dan bukit kapur di sepanjang jalan menuju pantai Melasti
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ada Spot Lain Nikmati Sunrise Terbaik Di Bromo!

Lekukan tebing-tebing batuan kapur menjadi pemandangan tersendiri menuju Pantai Melasti. Jalanan menuju pantai ini sudah diaspal rata dan mulus, namun B'timers harus tetap berhati-hati karena banyak tikungan tajam dan tanjakan yang curam.

Dari ketinggian tebing, keindahan Pantai Melasti sudah tampak dari kejauhan, termasuk bukit-bukit kapur di sekitarnya. Sudah ada akses jalan setapak dan tangga untuk wisatawan yang ingin naik ke puncak bukit dan menikmati pemandangan Pantai Melasti dari ketinggian.

Sesuai dengan namanya, pantai ini memang identik dengan Upacara Melasti, yaitu upacara adat yang dilakukan umat Hindu Bali setiap menyambut Hari Raya Nyepi. Di pantai ini, umat Hindu Bali berendam di laut untuk mensucikan diri.

Pantai Melasti, Uniknya Wisata Alam dan Religi | Breaktime
Aktivitas umat Hindu Bali yang melakukan ritual Melasti di pantai
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ini 5 Provinsi Paling Bahagia se-Indonesia!

Terdapat sebuah gapura di pintu masuk Pantai Melasti yang menambah keindahan dan nuansa eksotis pantai ini. Di lokasi ini juga sering digunakan sebagai tempat foto pre wedding karena keindahan panorama pantai dengan bukit-bukit kapur di sekitarnya.

Pantai Melasti juga memiliki sebuah anjungan yang menjorok ke laut untuk memfasilitasi masyarakat setempat saat melakukan ritual agama, salah satunya Upacara Melasti. Anjungan ini dibuat agar lebih mudah melakukan nguyud ke tengah laut tanpa perlu naik perahu.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Hidden Paradise Tempat Wisata Air Terjun di Bali

Aktivitas lain yang bisa dilakukan di pantai ini adalah parasailing. Hampir sama dengan aktivitas serupa di Pantai Pandawa, wisatawan bisa "terbang" dan menikmati panorama di sekitar pantai dari ketinggian dengan parasailing.

Mengunjungi Pantai Melasti memang punya sensasi sendiri. Pesona keindahan alamnya yang eksotis berpadu sempurna dengan budaya masyarakat sekitar yang kental. Tak heran jika Bali selalu jadi destinasi terbaik untuk liburan.



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE