Pantai Mandorak, Keindahan Tersembunyi di Sumba Barat | Breaktime
Pantai Mandorak, Keindahan Tersembunyi di Sumba Barat Daya
13.09.2015

Pantai-pantai di Pulau Sumba terkenal memiliki ciri khas dan keunikan sendiri di tiap daerah. Salah satu pantai yang cukup unik di Pulau Seribu Bukit adalah Pantai Mandorak.

Pantai Mandorak terletak di Desa Pero Batang, Kecamatan Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya. Kawasan pantai ini cukup jauh dari pemukiman penduduk dan dikelilingi area perkebunan dan padang ilalang yang menguning saat musim kemarau.

Meskipun lokasinya cukup "tersembunyi", Pantai Mandorak tetap menjadi destinasi favorit traveler yang berkunjung ke Pulau Sumba, khususnya wilayah Sumba Barat Daya.

Lokasi yang tersembunyi dan sulitnya akses menuju Pantai Mandorak terbayar ketika traveler tiba di pantai berpasir putih halus ini. Berbeda dengan pantai-pantai lain di Sumba yang memiliki garis pantai luas dan panjang, Pantai Mandorak hanya memiliki lebar sebesar 50 meter.

Pantai Mandorak, Keindahan Tersembunyi di Sumba Barat | Breaktime
Pemandangan sekitar Pantai Mandorak dari atas bukit karang

Posisi pantai ini berada di balik dua tebing yang curam dengan jarak kurang lebih 5 meter. Kolong di antara dua tebing tersebut seolah-olah menjadi "pintu masuk" air laut menuju Pantai Mandorak yang memiliki arus dan ombak cukup besar ini.

Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Mandorak diharapkan untuk waspada dan berhati-hati bila berenang di pantai ini. Arus dan ombak yang besar dengan mudah "menyedot" pengunjung yang berenang di pantai.

Meski demikian, pantai ini merupakan lokasi favorit nelayan lokal untuk menambatkan perahu mereka setelah menangkap ikan di laut. Beberapa perahu tradisional berkuran panjang sekitar 4 meter dan lebar 0,5 meter tampak tertambat di pantai.

Pantai Mandorak, Keindahan Tersembunyi di Sumba Barat | Breaktime
Sampan nelayan tradisional di Pantai Mandorak

Selain aktivitas di pantai, wisatawan juga bisa trekking ke atas tebing batuan karang di sisi timur pantai. Wisatawan juga bisa mengunjungi bangunan khas Sumba yang terdapat pada tebing sisi barat. Kedua tebing ini terpisah oleh jurang setinggi kurang lebih 20 meter. Terdapat fasilitas toilet bagi wisatawan yang ingin ganti baju atau bilas usai bermain di pantai.

Baca Juga : JELAJAH PULAU SERIBU BUKIT, SUMBA DARI BARAT KE TIMUR

Ada kemungkinan kawasan pantai ini akan diprivatisasi oleh investor sehingga ke depannya tidak semua pengunjung bisa menikmati keindahan pantai ini secara gratis.

Pantai Mandorak, Keindahan Tersembunyi di Sumba Barat | Breaktime
Pantai Mandorak dikelilingi tebing batuan karang yang tinggi dan curam

How To Get There

Pantai Mandorak berjarak kurang lebih 2 kilometer dari Danau Weekuri. Tidak ada transportasi umum menuju kawasan ini. Wisatawan harus sewa mobil atau sepeda motor dari ibukota Sumba Barat Daya, Tambolaka. Alternatif lainnya, pengunjung bisa naik ojek dengan harga sesuai kesepakatan.

Tambolaka merupakan ibu kota Kabupaten Sumba Barat Daya, bisa dijangkau dengan penerbangan Denpasar – Tambolaka selama kurang lebih 50 menit. Bila turun ibu kota Sumba Timur, Waingapu, maka terlebih dulu harus melanjutkan perjalanan darat selama kurang lebih empat sampai lima jam.

Tips:

  • Untuk yang tak bisa berenang, menjauhlah dari bibir pantai karena ombak di daerah ini sangat ganas.
  • Bawalah baju ganti jika Anda berniat bermain di area pantai. Ada toilet yang bisa digunakan untuk mandi dan berganti baju di sekitar pantai.

Share This Article