Pantai Kuta Lombok, Tak Kalah Cantik Dengan Kembarannya di Bali | Breaktime
Pantai Kuta Lombok, Tak Kalah Cantik Dengan Kembarannya di Bali
15.04.2015

Kalau selama ini Anda sudah tak asing lagi dengan Pantai Kuta di Pulau Bali, kali ini Breaktime  akan mengajak Anda berjalan-jalan menuju "saudara kembarnya” dengan nama yang sama di Pulau Lombok.

Pantai Kuta Lombok terletak di desa Kuta, Lombok Tengah, masih berada satu jalur dengan komplek Pantai Mandalika dan Pantai Tanjung Aan yang juga terkenal sebagai destinasi pantai populer di kawasan Lombok Tengah dan Selatan.

Pantai Kuta Lombok terkenal dengan garis pantai yang landai memanjang dengan butiran pasir putih yang halus seperti merica. Tak heran, pantai ini juga dikenal dengan sebutan Pantai Merica.

Ombak di sekitar area tepi pantai Kuta Lombok tak terlalu besar, bahkan relatif tenang, sehingga aman untuk aktivitas pantai seperti berenang, Banana Boat dan Windsurfer dengan fasilitas yang disediakan oleh pengelola lokal.

Namun bergeser agak ke tengah, ombak Pantai Kuta mulai membesar dan jadi incaran para surfer lokal maupun asing untuk bermain surfing di kawasan ini. Tak jarang, Pantai Kuta Lombok juga dijadikan lokasi festival surfing internasional.

Pantai Kuta Lombok, Tak Kalah Cantik Dengan Kembarannya di Bali

Selain pasir putih dan ombaknya yang khas, pemandangan di Pantai Kuta Lombok semakin menawan dengan perpaduan bukit-bukit yang menjorok ke laut. Upaya pembersihan dan penataan kembali Pantai Kuta Lombok sedang gencar dilakukan pemerintah setempat.

Bila B’timers datang ke pantai ini pada periode bulan Februari dan Maret, maka Anda berkesempatan menyaksikan Bau Nyale, yakni festival khas suku Sasak untuk mengenang legenda Putri Mandalika. Festival ini berupa pencarian nyale (semacam cacing laut) di kawasan pantai-pantai Lombok Tengah dan Selatan.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat berkunjung ke pantai ini adalah bagaimana Anda harus menghadapi pedagang-pedagana souvenir yang ada di sekitar Pantai Kuta Lombok. Bila memang tak berniat membeli, hindari menawar atau menanggapi penjual karena Anda akan sulit untuk lepas dari pedagang-pedagang tersebut.

Tersedia penginapan-penginapan murah kelas homestay bagi traveler yang ingin menginap, bermalam, atau sekedar berburu sunset di Pantai Kuta Lombok. Warung-warung penjual souvenir dan makanan juga dengan mudah Anda temui di sepanjang jalan utama di Pantai Kuta Lombok.

How to get there

Pantai Kuta Lombok, Tak Kalah Cantik Dengan Kembarannya di Bali

Tak sulit untuk menuju Pantai Kuta Lombok karena adanya akses jalan beraspal dengan petunjuk jalan yang jelas dan terang. Cara terbaik adalah dengan menyewa kendaraan bermotor dari Senggigi atau Mataram. Jarak tempuh dari Senggigi ke Pantai Kuta Lombok kurang lebih dua jam. Pantai ini tak terlalu jauh dari Bandara Internasional Lombok dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 30 menit.

Share This Article