Pantai Canggu Spot Surfing Keren di Pulau Dewata | Breaktime
Pantai Canggu Spot Surfing Keren di Pulau Dewata
22.08.2016

Indonesia dikenal memiliki keindahan alam yang menjadi daya tarik wisatawan, salah satu yang paling terkenal tentu saja Bali. Pulau Dewata menawarkan hampir semua fasilitas wisata, termasuk bagi penggemar surfing.

Ada puluhan pantai di Bali yang dikenal sebagai "surga" bagi penggemar surfing, satu di antaranya adalah Pantai Canggu. Bahkan pantai ini dinobatkan sebagai spot surfing paling favorit di dunia oleh majalah Inggris, The Guardian.

Menikmati keindahan pantai sekaligus merasakan sensasi deburan ombak, merupakan kepuasan tersendiri pagi para surfer yang berkunjung ke Canggu. 

Pantai Canggu Spot Surfing Keren di Pulau Dewata | Breaktime
Sejumlah wisatawan asing bersiap untuk aktivitas surfing di pantai Canggu

Satu dekade yang lalu, kawasan Canggu hanya memiliki pantai pasir hitam tanpa didukung infrastruktur yang memadai. Namun kini, kawasan Canggu telah menjelma menjadi primadona di kalangan wisatawan mancanegara, terutama bagi mereka penghobi surfing.

Pantai Canggu dilirik wisatawan mancanegara karena memiliki gelombang ombak yang pecah dan bertahap. Ombak semacam ini sangat cocok untuk surfer kelas menengah yang ingin meningkatkan keahliannya ke tingkat berikutnya.

Sejumlah hotel berkelas internasional pun telah dibangun di kawasan ini, termasuk penginapan murah ala backpacker. Selain itu juga terdapat sejumlah kursus surfing bagi mereka yang ingin belajar dari nol dengan biaya mulai dari Rp 700 ribu, termasuk penyewaan papan selancar dan seorang instruktur surfing.

Pantai Canggu Spot Surfing Keren di Pulau Dewata | Breaktime
Seorang surfer lokal sedang beraksi menantang ombak pantai Canggu

Bagi wisatawan yang ingin menghindari kawasan ramai seperti di Kuta, Canggu merupakan destinasi tepat untuk dikunjungi. Tak hanya pantai dan ombak, kehidupan malam di Canggu pun kini semakin ramai oleh kafe-kafe khas Bali.

Berikut 10 lokasi surfing favorit wisatawan versi The Guardian.

  1. Canggu, Bali, Indonesia

  2. Sennen Cove, Cornwall, Inggris

  3. Hoddevik, Norwegia

  4. Waikiki, Hawaii, Amerika Serikat

  5. Lagos, Portugal

  6. El Paredon, Guatemala

  7. Hossegor, Prancis

  8. Tofo Beach, Mozambik

  9. San Vicente de la Barquera, Spanyol

  10. Sayulita, Meksiko

(za)

Share This Article