Pangabatang Pulau Terindah di Maumere Flores | Breaktime

ARTIKEL TRAVEL

Barry Kusuma

"Travel and Photography" Inspiring Photos & Video through the Lens.

Pangabatang Pulau Terindah di Maumere Flores
14.03.2016

Pulau Pangabatang merupakan destinasi wajib yang harus dikunjungi B’timers, karena Pangabatang memang sangat indah. Ketika mengetahui tentang Pangabatang, memang saya belum banyak mendengar tentang destinasi ini, beruntung saya membawa drone sehingga bisa melihat utuh keindahan pulau yang punya pasir panjang ini, dan terlihat jelas dari atas.

Pulau Pangabatang adalah sebuah pulau di antara beberapa pulau yang tersebar di sekitar Flores. Sama halnya dengan kebanyakan pulau di Pulau Flores, Pulau Pangabatang ini bentuknya tidak terlalu besar, namun sangat cantik dan masih alami karena jarang terjamah oleh orang-orang.

Di sini memang ada perkampungan nelayan tetapi tidak banyak. Jika Anda menginginkan suasana pantai yang indah dan tenang, maka datanglah ke pulau Pangabatang, Maumere Flores. Berada di sini seperti menjadi pemilik pantai pribadi, walaupun hanya sesaat!

Pangabatang Pulau Terindah di Maumere Flores | Breaktime
Keindahan Pulau Pangabatang yang eksotis

Transportasi menuju ke pulau ini sudah cukup tersedia apabila dari luar pulau, misalnya Jakarta, maka perjalanan harus menggunakan pesawat menuju Kupang atau Denpasar. Ini adalah cara transit yang bisa Anda pilih, setelah itu baru dilanjutkan menuju Maumere yang merupakan ibukota kabupaten Sikka.

Dari Maumere Anda akan melanjutkan perjalanan menuju Watubaing. Watubaing merupakan tempat perahu atau kapal kecil berlabuh sebelum akhirnya menuju ke lokasi Pulau Pangabatang. Perjalanan laut melewati beberapa kampung warga Flores, memakan waktu sekitar 45-60 menit, dengan tarif kapal sekitar Rp 50.000 – Rp 70.000/orang.

Pulau Pangabatang juga dikenal akan keindahan terumbu karangnya, sehingga tempat ini dikenal banyak punya spot snorkeling terindah di Maumere Flores. Setelah asyik snorkeling dan diving, kita bisa menikmati keindahan pantainya yang punya hamparan pasir putih yang panjang.

Di kanan kiri bisa kita lihat hamparan pasir putih yang memanjakan mata. Deburan ombak, pesisir pantai yang landai, air laut yang jernih, membuat siapa saja yang melihat pasti ingin segera menikmatinya. Tidak jauh dari Pulau Pangabatang, terdapat pulau lainnya yang pada tahun 1992 pernah dihempas badai Tsunami, pulau ini bernama Pulau Babi. 

Pangabatang Pulau Terindah di Maumere Flores | Breaktime
Pantai yang masih alami

Memang sangat asyik menikmati Pulau Pangabatang, Suasana pantai sangatlah tenang karena letaknya yang jauh dari keramaian kota serta terpisah. Di pulau Pangabatang hanya ada sekitar 60-80 penduduk yang menempati. Oleh karena itu, keadaan pantai masih cukup sepi. Bagi seorang fotografer, inilah tempat untuk berpuas diri mengambil foto sebanyak-banyaknya.

Kegiatan apa saja yang bisa dilakukan di Pulau Pangabatang? Ini smart tips-nya!

Ada beberapa kegiatan wisata menarik yang bisa anda lakukan ketika mengunjungi Pulau Pangabatang, Maumere Flores, seperti:

  • Menikmati pemandangan

Hal pertama yang bisa dilakukan ketika pertama kali sampai lokasi tentu menikmati pemandangan pantai yang indah. Berjalan di pesisir pantai adalah salah satu cara dalam menikmati suasana yang ada, sambil bermain-main dengan air laut jernih yang tentunya menyenangkan.

Cara lainnya, Anda bisa membawa bekal makanan dan menyantapnya bersama-sama teman di pondok yang ada di sekitar pantai. Tetapi jangan lupa untuk membawa sampahnya kembali ke hotel ya. Karena di sini masih minim fasilitas sehingga tidak ada tempat seperti restoran atau makanan, jadi siapkan bekal sebelum berangkat.

  • Berenang

Air laut yang jernih memang selalu mengundang keinginan untuk berenang, apalagi jika cuaca saat itu sedang gerah, maka berenang bisa jadi cara melepas penat dan menghilangkan efek panas pada tubuh. Sambil berenang, anda bisa menikmati biota laut yang ada.

Terkadang dapat kita lihat ikan-ikan kecil yang berenang bebas di lautan. Keanekaragaman biota laut di Pulau Pangabatang, Maumere Flores memang tidak diragukan lagi. Di sini banyak jenis ikan laut dan terumbu karang yang bisa kita jumpai. 

 

Pangabatang Pulau Terindah di Maumere Flores | Breaktime
Pasir putih halus yang menghampar
  • Hunting Foto

Berwisata tak lengkap rasanya tanpa berfoto, baik foto pribadi maupun foto pemandangan yang menarik. Jika Anda seorang fotografer, manfaatkan momen wisata dengan berkunjung ke Pulau Pangabatang, untuk mendapatkan foto pantai yang indah dan eksotis.

  • Berkemah

Ingin tinggal lebih lama di pulau Pangabatang? Siapkan saja peralatan kemah. Di sini tidak ada resort atau tempat penginapan yang bisa digunakan jika Anda ingin menginap, jadi salah satu cara agar Anda bisa menginap adalah dengan berkemah. Tetapi akan menjadi sangat mahal menyewa kapalnya karena mereka harus menunggu.

  • Melihat Aktivitas Warga Setempat

Melihat kehidupan dan aktivitas warga Pulau Pangabatang adalah pilihan kegiatan wisata lainnya yang bisa Anda lakukan. Di sini, selain sebagai nelayan, warga telah dibimbing untuk mulai melakukan usaha rumput laut. Jadi, Anda bisa melihat langsung bagaimana kegiatan mereka saat sedang mengelola rumput laut dan mencari ikan.

Bagaimana, tertarik untuk melihat langsung keindahan pantai di Pulau Pangabatang? Datang saja pada bulan April-Oktober, antara bulan ini adalah waktu yang pas untuk menikmati pantai dan laut karena angin yang berhembus relatif tenang.  (BK)

Share This Article