Pahawang, Destinasi Alternatif di Ujung Selatan Sumatera | Breaktime
Pahawang, Destinasi Alternatif di Ujung Selatan Sumatera
25.03.2015

Indonesia dianugerahi ribuan pulau eksotis yang jadi magnet wisatawan domestik maupun mancanegara. Tak hanya di Indonesia bagian timur yang terkenal dengan Flores atau Raja Ampat-nya, tetapi juga di kawasan barat, salah satunya adalah Pahawang.

B’timers mungkin masih asing dengan nama "Pahawang". Destinasi ini terletak di Provinsi Lampung dan memiliki gugusan pulau-pulau kecil diantaranya Pahawang Besar, Pahawang Kecil, Pulau Gosong, dan Tanjung Putus.

Lokasi kepulauan Pahawang sebenarnya tidak terlalu sulit untuk dijangkau. Pertama-tama Anda harus menyeberang dengan perahu motor dari Pelabuhan Ketapang, Lampung, dengan waktu tempuh penyeberangan kurang lebih satu jam. 

Sebelum tiba di Pahawang Besar, biasanya Anda harus singgah terlebih dulu di Pulau Pahawang Kecil yang identik dengan pantai landai dan pasir putih yang lembut seperti tepung. Saat air laut surut, Anda bisa menyeberang ke pulau di sisi barat Pahawang Kecil tanpa perlu berenang.

Pahawang, Destinasi Alternatif di Ujung Selatan Sumatera

Snorkeling dan island hopping adalah aktivitas utama yang bisa dilakukan di dua pulau yang relatif kecil ini. Hanya perlu waktu kurang dari satu jam untuk mengelilingi satu pulau dengan jalan kaki di pantainya yang landai dan berombak kecil.

Jelang senja, perahu motor akan membawa B’timers menuju Pulau Pahawang Besar. Perjalanan menuju satu-satunya pulau berpenghuni di kepulauan Pahawang ini memakan waktu kurang lebih 30 menit. Pemandangan sunset dengan latar belakang perkampungan nelayan menemani Anda di penyeberangan menuju Pahawang Besar.

Pahawang, Destinasi Alternatif di Ujung Selatan Sumatera

Tidak ada hotel atau penginapan di Pulau Pahawang Besar. Traveler yang berkunjung ke sini bisa menginap di rumah penduduk setempat yang dibuat jadi homestay sederhana. Satu homestay mampu menampung enam hingga delapan orang. Listrik di pulau ini hanya menyala saat malam, jadi harus siap-siap atur waktu untuk charge baterai handphone dan kamera. Saat malam, jangan lewatkan menu spesial di Pahawang yang terkenal dengan ikan bakar, kepiting, dan pisang gorengnya. Saat pagi, dermaga pulau Pahawang Besar ramai dikunjungi traveler untuk menikmati sunrise yang muncul dari balik lautan dan gugusan pulau-pulau kecil di sekitar Pahawang.

Hari ke dua di Pahawang biasanya dihabiskan dengan snorkeling dan island hopping di lima hingga enam spot berbeda. Ikan warna-warni, terumbu karang, dan biota laut lainnya seperti penyu dan bintang laut akan mudah Anda temui di perairan Pahawang yang relatif tenang dan tak berombak besar.

Pahawang, Destinasi Alternatif di Ujung Selatan Sumatera

Bagi yang suka suasana pantai, Tanjung Putus adalah pilihan terbaik untuk menikmati sinar matahari di bawah pohon-pohon kelapa yang tumbuh di sepanjang pantai landai ini. Pantai Tanjung Putus ini relatif sepi dan berlama-lama di sini berasa seperti sedang di pantai pribadi.

How To Get There

Kepulauan Pahawang terletak di kawasan Lampung Selatan. Destinasi ini bisa diakses dengan menyeberang dari Pelabuhan Ketapang Lampung. Untuk menuju pelabuhan ini kita harus menempuh perjalanan kurang lebih satu jam dari Bandar Lampung. Perjalanan darat dari Jakarta bisa dilakukan dengan rute Jakarta - Pelabuhan Merak - Bakaheuni - Bandar Lampung. Tersedia transportasi publik seperti angkot dan bis umum, tapi bila tak ingin repot, B’timers bisa menyewa mobil dari Bakaheuni hingga menuju pelabuhan Ketapang.

Share This Article