Pagoda Lumbini, Tempat Wisata Myanmar di Sumatera Utara | Breaktime
Pagoda Lumbini, Keindahan Pagoda Emas Myanmar di Sumatera Utara
19.09.2015

Berkunjung ke sebuah kompleks pagoda yang indah dan megah ternyata tak harus ke luar negeri, seperti Myanmar atau Thailand misalnya. Di dalam negeri sendiri ada sebuah pagoda megah, tepatnya di Medan, Sumatera Utara.

Pagoda Taman Alam Lumbini, atau kerap disebut sebagai Pagoda Lumbini, merupakan sebuah replika dari pagoda terkenal di Myanmar, Shwedagon. Kompleks pagoda yang dibuka sejak Oktober 2010 ini merupakan replika pagoda tertinggi kedua di Asia Tenggara dan memiliki stupa tertinggi di Indonesia.

Dengan luas area sekitar tiga hektar, Pagoda Lumini tercatat telah memegang dua rekor MURI yaitu Pagoda Tertinggi di Indonesia dan kebaktian yang dihadiri Bhikku terbanyak di Indonesia.

Nama "Lumbini" diambil dari nama daerah di kaki gunung Himalaya yang dipercaya sebagai tempat kelahiran Siddhartha Gautama yang kelak menjadi Buddha. Pagoda ini tidak hanya dikunjungi oleh umat Buddha, tetapi juga pengunjung dari agama dan keyakinan lain. Puncak keramaian di pagoda ini terjadi pada perayaan Hari Raya Waisak.

Pagoda Lumbini, Tempat Wisata Myanmar di Sumatera Utara | Breaktime
Area pintu masuk Pagoda Lumbini di Sumatera Utara

Berada di area pagoda berwarna emas ini seolah-olah membuat kita seperti berada di Myanmar, karena dibuat sangat mirip dengan bentuk aslinya, Pagoda Shwedagon. Di dalam pagoda terdapat 2.958 rupang Buddha, 30 rupang Arahat, dan 108 relik suci yang sebagian besar dibawa langsung dari Myanmar, termasuk puncak pagoda setinggi 46,8 meter di atas stupa.

Bagian tengah pagoda merupakan tempat umat Buddha beribadah. Sementara di bagian bawah terdapat empat patung Buddha yang saling berhadapan di empat sisi ruangan. Saat memasuki area dalam pagoda, pengunjung harus mentaati sejumlah peraturan. Seperti berpakaian tertutup, melepas alas kaki, dilarang makan atau minum, dan tidak boleh mengambil gambar atau foto.

Pagoda Lumbini, Tempat Wisata Myanmar di Sumatera Utara | Breaktime
Pagoda Lumbini tercatat di Rekor Muri sebagai pagoda tertinggi di Indonesia

Selain menjadi tempat beribadah, Pagoda Lumbini juga merupakan tempat rekreasi keluarga. Terdapat beberapa taman yang disediakan untuk pengunjung, lengkap dengan wahana bermain anak-anak dan pohon-pohon langka di area bawah pagoda. Juga terdapat jembatan gantung dengan hiasan puluhan lentera yang disebut Jembatan Lumbini.

Menuju Pagoda Lumbini

Pagoda Lumbini bisa ditempuh dengan perjalanan selama dua sampai tiga jam dari Medan. Bila menggunakan transportasi umum, bisa naik angkot Sutra ke Brastagi dan turun di Tahura atau Simpang Tongkoh dengan tarif sekitar Rp 10 ribu. Setelah turun Simpang Tongkoh, tinggal berjalan kaki kurang lebih 20 menit melewati kebun strowberi sebelum sampai di pintu masuk area pagoda.

Tips:

  • Pastikan Anda mengenakan pakaian tertutup saat masuki area Pagoda Lumbini.
  • Jangan membawa makanan dan minuman ke dalam area pagoda.
  • Pastikan tidak mengambil gambar di dalam lokasi peribadatan karena hal tersebut melanggar peraturan.

Share This Article