Ngeri! Berani Berkunjung ke Pasar Ekstrim Tomohon? | Breaktime
Ngeri! Berani Berkunjung ke Pasar Ekstrim Tomohon?
25.04.2015

Inilah Pasar Ekstrim di Tomohon

B'timers penggemar kuliner menu hewani yang ekstrim? Siapkan nyali Anda saat traveling ke Manado dengan berkunjung ke areal Pasar Beriman di Tomohon atau yang lebih dikenal dengan nama Pasar Tomohon.

Sepintas, tak ada yang berbeda antara Pasar Tomohon dengan pasar tradisional lainnya. Lapak penjual sembako, sayur, buah-buahan, dan kebutuhan rumah tangga lainnya berjejer di area luar pasar.

Tapi pemandangan akan langsung berbeda saat kita masuk ke dalam pasar, terutama di area lapak penjual daging. Aroma daging dan darah segar langsung tercium sebagai tanda kita sedang memasuki area pasar paling ekstrim di Sumatera Utara. (Baca juga: 4 Destinasi Cantik di Bandung)

Pasar Tomohon tak hanya menyajikan berbagai ikan laut dan tawar, atau daging yang lazim dikonsumsi seperti daging ayam dan sapi, tetapi juga daging babi, anjing, kucing, kelelawar (orang Manado menyebutnya Paniki), tikus ekor putih, ular piton, hingga Yaki, sejenis monyet yang termasuk hewan langka.

Tikus-Ekor-Putih-Yang-Sudah-Dibakar
Tikus-Ekor-Putih-Yang-Sudah-Dibakar

B'timers yang termasuk penyayang binatang atau pemelihara anjing atau kucing, tentu akan ngeri saat datang ke pasar ini. Pembeli di Pasar Tomohon bisa memilih sendiri hewan yang masih hidup, seperti anjing yang masih berada di dalam kandang. Setelah proses transaksi, barulah hewan tersebut dieksekusi dengan cara diikat lehernya dan dipukul dengan besi atau kayu di bagian kepala, kemudian dibakar.

Beberapa-Ekor-Kucing-Yang-Sudah-Dibakar-dan-Siap-Dijual
Beberapa-Ekor-Kucing-Yang-Sudah-Dibakar-dan-Siap-Dijual

Selain daging anjing, di pasar ini juga terdapat daging kucing. Beberapa ekor kucing yang sudah tak bernyawa tersedia di atas lapak menunggu pembeli yang datang. Kucing-kucing tersebut sudah dibakar untuk menghilangkan bulu-bulunya.

Sementara untuk tikus, hanya jenis tertentu yang dikonsumsi, yaitu tikus ekor putih yang merupakan pemakan buah dan tumbuhan. Tikus yang dijual di Pasar Tomohon ada yang sudah matang dibakar, ada yang masih mentah. Untuk menunjukkan keasliannya, ekor tikus-tikus tersebut dibiarkan utuh untuk menandakan bahwa itu merupakan tikus ekor putih.

Proses-Pembakaran-Paniki-oleh-Seorang-Penjual-di-Pasar-Tomohon
Proses-Pembakaran-Paniki-oleh-Seorang-Penjual-di-Pasar-Tomohon
Penjual-Paniki(Kelelawar)-Memotong-Daging-Sebelum-Dijual
Penjual-Paniki(Kelelawar)-Memotong-Daging-Sebelum-Dijual

Paniki, babi, dan ular piton sudah tersaji dalam keadaan mati. Pembeli tinggal bertransaksi untuk mendapatkan beberapa ekor paniki bakar dan daging babi atau ular piton per kilogram. Pasar Tomohon buka setiap hari, namun tidak semua daging bisa kita temui setiap hari, seperti daging piton dan Yaki yang hanya terdapat pada hari tertentu.

Penasaran dengan rasa daging-daging hewan tak lazim tersebut? Di Pasar Tomohon hanya menyediakan daging dan hewan saja. Bila anda tidak dilarang untuk memakan daging hewan-hewan tersebut, bisa mencicipinya di Rumah Makan Minahasa di sekitar Pasar Tomohon atau di kawasan Tinoor.

Beberapa-Ekor-Paniki-Yang-Sudah-dibakar-dan-siap-dijual
Beberapa-Ekor-Paniki-Yang-Sudah-dibakar-dan-siap-dijual

How to get there?

Bagaimana, B’timers tertantang ke Pasar Tomohon? Dari kota Manado, Anda bisa menuju Tomohon dengan menggunakan bis umum dari terminal Karombasan. Perjalanan Manado ke Tomohon kurang lebih 45 menit sampai satu jam.

Begitu tiba di Terminal Tomohon, Anda tinggal bertanya pada warga sekitar dan mereka akan menunjukkan lokasi pasar ekstrim ini yang memang bersebelahan dengan terminal. Pasar ini sudah terkenal di kalangan wisatawan domestik dari sekitar Manado maupun luar Sulawesi Utara, bahkan wisatawan luar negeri pun terterik untuk menyaksikan ekstrimnya Pasar Beriman Tomohon ini.

Share This Article