Ngarai Shosenkyo, Lembah Terindah di Jepang | Breaktime

ARTIKEL TRAVEL

Barry Kusuma

"Travel and Photography" Inspiring Photos & Video through the Lens.

Ngarai Shosenkyo, Lembah Terindah di Jepang
12.02.2016

Shosenkyo adalah destinasi wisata yang termasuk salah satu dari prefektur Yamanashi dengan ibukota Kofu dan terletak di kepulauan Honshu. Prefektur Yamanashi sendiri dikelilingi oleh sejumlah gunung termasuk Gunung Fuji yang merupakan gunung tertinggi di Jepang.

Bagi yang suka dengan semua hal berbau Jepang terutama budaya dan wisata alamnya, Shosenkyu Yamanashi adalah tujuan wisata paling tepat, tentunya selain obyek wisata lain yang tak kalah terkenal di kaki Gunung Fuji. Paling tidak sejumlah spot wisata di Shosenkyu mampu menarik wisatawan dari luar Jepang untuk datang berkunjung terutama di musim gugur.

Ngarai Shosenkyo, Lembah Terindah di Jepang | Breaktime
Indahnya kontras warna-warni tanaman dengan langit biru yang cerah

Menjelang atau pada saat musim gugur, Shosenkyu menjadi tempat wisata paling banyak dikunjungi di antara spot wisata lain di Kofu. Musim gugur adalah waktu yang tepat untuk menyaksikan keajaiban alam yang menakjubkan di mana semua pohon di tempat ini warnanya berubah menjadi merah.

Belum lagi gemericik air terjun Sengataki yang menyejukkan membuat suasana Shonsekyu kian romantis. Dari Shonsenkyu kita dapat melihat jelas pemandangan Gunung Fuji. Kita tinggal naik Ropeway hingga sampai puncak, di sana kita bisa menyaksikan keindahan Gunung Fuji dan perfektur Yamanashi.

Agar maksimal menikmati keindahan Ngarai Shosenkyo di Yamanashi Jepang, ini smart tips untuk B’timers:

Ngarai Shosenkyu

Masih di perfektur Yamanashi, Ngarai Shosenkyu merupakan tempat paling tepat untuk hiking dan menikmati sajian pemandangan yang indah di musim gugur. Ngarai Shosenkyu Yamanashi atau juga disebut Mitake Shosenkyu terdapat di sepanjang sungai Arakawa yang termasuk bagian dari taman nasional Chichibu Tama Kai.

Ngarai di Shosenkyu terbentuk sangat indah di mana terdapat tebing batu kokoh menjulang tinggi, air terjun nan cantik serta formasi bebatuan yang tertata oleh alam yang luar biasa. Akses ke Ngarai Shosenkyu sangat mudah bahkan jalan setapak yang disediakan bisa dilewati oleh semua umur.

Jalan keseluruhan di Ngarai Shosenkyu ini sekitar 4 kilometer namun spot yang paling indah terletak 1 kilometer menuju puncak dimana juga terdapat air terjun Sengataki setinggi 30 meter. Di puncak atau di akhir jalan kita akan disambut sebuah desa kecil di mana terdapat banyak toko-toko juga restoran yang sengaja disediakan untuk wisatawan. Uniknya di sini juga tersedia tempat indah yang memiliki jendela besar untuk melihat-lihat pemandangan.

Ngarai Shosenkyo, Lembah Terindah di Jepang | Breaktime
Melebur dengan alam dan memberikan perasaan damai

Shosenkyu Ropeway

Banyak aktivitas menyenangkan yang bisa kita lakukan di Shosenkyu. Dengan kereta gantung Shosenkyu Ropeway kita bisa naik ke puncak untuk menikmati pemandangan yang maha indah dari Gunung Fuji. Selanjutnya kita bisa mengunjungi tempat paling indah untuk berjalan santai, misalnya Danau Nosen dan Bendungan Arakawa.

Lupa membawa bekal ketika lapar? Jangan khawatir, di tempat ini kita bisa mencoba Hoto yaitu makanan khas daerah setempat yang rasanya sangat lezat. Hidangan kuliner ini termasuk makanan berat berkarbohidrat tinggi sehingga memberi efek mngenyangkan lebih lama, mie-nya mirip Udon yang disajikan bersama sayuran dan kaldu Miso. 

Akses Menuju Shosenkyu

Untuk akses menuju Shosenkyu Yamanashi dapat ditempuh dengan mudah dari Stasiun Kofu (JR East Chuo Main Line, JR Central Minobu Line). Di tempat ini terdapat kantor pariwisata di mana kita bisa mendapatkan banyak informasi juga brosur berisi peta dan petunjuk lain dalam bahasa Inggris. Di selatan stasiun terdapat pintu keluar dan bus-bus yang siap diberangkatkan menuju Shonsekyu.

Beberapa bus tersebut diberangkatkan setiap 2 jam sekali untuk semua musim. Namun khusus musim gugur pemberangkatan lebih sering karena di musim gugur biasanya jumlah wisatawan cenderung meningkat. Perjalanan ke Shosenkyu memakan waktu 30 – 50 menit dengan biaya 590 – 900 Yen (harga tergantung di poin mana kita akan turun).

Musim paling pas untuk datang ke Ngarai Shosenkyo ini adalah saat musim gugur, di saat pertengahan tahun pada bulan Agustus, September dan Oktober, karena di saat inilah kita bisa melihat aneka warna daun yang berguguran. Tidakkah B’timers tertarik untuk berwisata ke sana? (BK)

Share This Article

Tagging: