Napak Tilas Jejak Peradaban Islam di Qutb Minar | Breaktime
Napak Tilas Jejak Peradaban Islam di Qutb Minar
16.11.2017

Berasal dari Bahasa Turki “minare” yang berakar dari bahasa Arab “manarah” yang berarti mercusuar, minaret merupakan menara masjid tempat mengumandangkan adzan. Qutb Minar merupakan sebuah menara yang menjadi bagian dari kompleks Qutb di kawasan situs UNESCO World Heritage di Mehrauli, New Delhi, India. Menara yang terbuat dari bata merah dan pualam tersebut terdiri dari 5 lantai yang tersusun setinggi 73 meter. Di bagian dalam menara terdapat 379 anak tangga spiral yang menghubungkan bagian dasar ke puncak menara. Desainnya yang unik tersebut kabarnya berkiblat pada Menara Jam di barat Afghanistan.

Sekilas dari kejauhan maupun foto-foto di kartu pos dan brosur wisata, Qutb Minar nampak tak lebih reruntuhan bangunan kuno. Begitu mendekat, B’timers akan dibuat takjub oleh keindahan menara tertinggi kedua di India sekaligus menara bata tertinggi di dunia tersebut yang dipenuhi ukiran kaligrafi di seluruh permukaannya. Awalnya menara tersebut boleh dimasuki pengunjung, hingga pada 4 Desember 1981 terjadi insiden berdarah berupa kericuhan akibat padamnya listrik dan lampu secara tak sengaja hingga menewaskan 45 orang yang sebagian besar merupakan anak-anak. Sejak saat itulah akses publik ke dalam dan bagian puncak menara dibatasi sama sekali sehingga Anda hanya bisa menikmati keindahan kaligrafi di bagian luar menara.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Pesoa Tersembunyi Tempat Wisata Di Nusa Dua

Qutb Minar merupakan bagian utama dari Masjid Quwwat-Ul-Islam yang didirikan oleh penguasa pertama di Kesultanan Delhi, Qutb-ud-din Aibak pada tahun 1192. Untuk mencapai destinasi wisata sejarah yang satu ini, Anda bisa menaiki metro dan berhenti di stasiun Qutb Minar atau Saket. Lanjutkan perjalanan Anda dengan menggunakan transportasi lokal Tuk-tuk atau dengan berjalan kaki sejauh 1 kilometer saja. Biaya tiket masuk menuju kawasan Qutb Minar bagi turis asing ialah INR500 atau sekitar 100 ribu Rupiah. 

Napak Tilas Jejak Peradaban Islam di Qutb Minar | Breaktime
Motif kaligrafi unik di Qutb Minar

Meski terlihat gersang dan terik dengan bata berwarna merah yang menyilaukan di kejauhan, Qutb Minar sejatinya terbilang menyenangkan untuk dikunjungi dengan banyaknya pepohonan yang menciptakan suasana rindang. B’timers dijamin akan terlena dengan keindahan reruntuhan di sekitar kawasan tersebut dan seakan diajak menuju masa lalu dengan mesin waktu. Suasana kompleks bersejarah tersebut makin syahdu dengan cericit burung kecil dan tupai yang banyak dijumpai di area masjid.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Mutiara Terpendam Tempat Wisata di Mandalika
Napak Tilas Jejak Peradaban Islam di Qutb Minar | Breaktime
Panorama alam di kawasan wisata Qutb Minar

Destinasi wisata yang terbilang mahal di India tersebut tak akan mengecewakan karena bukan hanya pesona bangunan yang menakjubkan, tapi juga kentalnya unsur budaya Islam awal di India serta lingkungan masjid yang bersih, terawat, dan tentunya Instagrammable. Berkunjung ke Qutb Minar terbilang wajib saat Anda tengah melancong ke India. Jelajahi destinasi wisata yang sehari-hari dipadati oleh turis lokal maupun mancanegara tersebut dengan lebih nyaman dengan menggunakan paying untuk melindungi diri Anda dari terik mentari. Di kompleks tersebut juga terdapat Iron Pillar yang dibangun pada tahun yang sama. Mitosnya, barangsiapa yang berhasil memeluk pilar tersebut konon akan mampu mewujudkan segala keinginannya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Mutiara Terpendam Tempat Wisata di Mandalika
Napak Tilas Jejak Peradaban Islam di Qutb Minar | Breaktime
Alai Minar, bakal pesaing Qutb Minar
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Liburan Senang Ke Destinasi Gratis Di Bangkok

Tak jauh dari lokasi Qutb Minar terdapat Alai Minar. Bangunan yang menyerupai undakan bebatuan biasa tersebut sejatinya merupakan janin dari proyek ambisius Alauddin Khilji yang bermaksud menyaingi Qutb-ud-din Aibak dengan Qutb Minar yang didirikan pada masa pemerintahannya. Bangunan yang rencananya akan didirikan setinggi 2 kali lipat Qutb Minar tersebut sayangnya tak terselesaikan di tengah proses pembangunan. Hal tersebut disebabkan oleh Alauddin yang keburu wafat sebelum Alai Minar berdiri megah. Semoga B’timers bisa mengunjungi menara dan kompleks wisata Qutb Minar pada perjalanan liburan Anda ke India selanjutnya ya, B’timers! (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE