Mutiara Terpendam Tempat Wisata di Mandalika | Breaktime
Mutiara Terpendam Tempat Wisata di Mandalika
13.11.2017

Tempat wisata di Mandalika, Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat berawal dari cerita rakyat tentang Putri Mandalika, yakni putri cantik dengan tutur kata lembut serta cerdas dan bijaksana. Sang putri kebanggaan Lombok tersebut pada akhirnya memilih mengorbankan dirinya ke laut agar tidak menimbulkan tragedi peperangan karena diperebutkan sejumlah pangeran yang hendak meminangnya. Tak hanya mencegah terjadi kekacauan, kematian sang putri konon menebar manfaat bagi masyarakat sekitar dengan mewariskan tradisi sakral Bau Nyale. Dalam bahasa setempat, tradisi tersebut berarti menangkap cacing kecil, yakni agenda sakral berburu cacing lezat dan bergizi tinggi yang tinggal di perairan dangkal.

Tak hanya dipercaya menjelma menjadi cacing kaya manfaat yang banyak diburu sekitar bulan Februari hingga Maret setiap tahunnya tersebut, Mandalika kian harum namanya sebagai salah satu destinasi wisata potensial di timur Indonesia. Mandalika sendiri merupakan salah satu kawasan di Kabupaten Lombok Tengah yang membujur mulai dari kaki Gunung Rinjani di sebelah Utara ke pesisir pantai Kuta di sebelah Selatan hingga meliputii beberapa pulau kecil di sekitarnya. Tak hanya kentalnya budaya setempat, Mandalika kian memancarkan pesona keindahan alam yang mulai dilirik sebagai salah satu lokasi snorkeling, diving, selancar, hingga wisata pantai yang tak kalah dari Pulau Dewata.

Proses pembangunan kawasan wisata Mandalika sendiri sebenarnya telah dirintis sejak 25 tahun silam, tepatnya bersamaan dengan didirikannya Bandara Internasional Lombok. Kawasan seluas 1.250 hektar tersebut mulai banyak diperbincangkan tak hanya oleh internal pemerintah, tapi juga masyarakat Indoensia secara luas. Usai berkunjung baru-baru ini, Presiden Jokowi bahkan menampilkan Mandalika dalam vlog miliknya serta menetapkan tempat wisata di Mandalika sebagai salah satu kawasan ekonomi khusus (KEK) selain Tanjung Lesung di Banten dan Morotai di Maluku Utara. Setelah terhambat selama seperempat abda lamanya, kilau mutiara Mandalika akhirnya mulai terpancar ke penjuru Nusantara hingga seluruh dunia berkat beberapa investor asing yang tertarik membangun hotel dan resort di Mandalika.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Liburan Senang Ke Destinasi Gratis Di Bangkok
Mutiara Terpendam Tempat Wisata di Mandalika | Breaktime
Monumen Putri Mandalika di Pantai Seger Kuta, Lombok Tengah

Peraturan Pemerintah (PP) No. 52 tahun 2014 tentang Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) merupakan salah satu patokan pengembangan potensi wisata Mandalika hingga kini. Sebagai salah satu dari 10 destinasi wisata prioritas nasional saat ini, kawasan Mandalika memiliki daya tarik berupa garis pantai sepanjang 14,6 km yang membentang dari barat hingga ujung timur. Salah satu destinasi wisata pantai favorit di Mandalika ialah Pantai Tanjung Aan yang memiliki keunikan berupa pasir putih menyerupai biji merica. Selain Pantai Tanjung Aan, Mandalika juga menyimpan berbagai wisata pantai eksotis lainnya seperti Pantai Kuta, Pantai Serenting, Pantai Seger, dan Pantai Gerepuk.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Jelajah Eksotisme Wisata Danau Di Indonesia

Pantai Kuta Mandalika sendiri tak kalah memesona dari Pantai Kuta Bali, dengan landmark berupa  bertuliskan Kuta Mandalika dengan latar belakang bukit yang terlihat dari kejauhan. Selain Pantai Kuta, B’timers juga bisa mengunjungi ada Bukit Merese yang menawarkan panorama alam menakjubkan yang berlokasi tak jauh dari Pantai Tanjung Aan. Untuk naik ke puncak bukit, Anda hanya perlu melakukan trekking yang terbilang cukup mudah selama 10 menit saja untuk menyaksikan lengkungan Pantai Tanjung Aan dan Batu Payung dari kejauhan. Di salah satu ujung bukit terdapat Pohon Galau yang tersohor sebagai tempat berburu foto panorama matahari terbenam.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Sudut Lain Kota New York di Mott Street
Mutiara Terpendam Tempat Wisata di Mandalika | Breaktime
Destinasi wisata kekinian Rumah Terbalik di Mandalika

Kawasan tempat wisata di Mandalika yang hanya berjarak 30 menit dari Bandara Internasional Lombok juga memungkinkan Anda untuk singgah sejenak di Desa Adat Sade dan Desa Adat Ende yang dihuni oleh masyarakat Sasak, penghuni asli Pulau Lombok. Destinasi wisata lainnya di Mandalika yang tak kalah digemari ialah Rumah Terbalik di Jalan Raya Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Terletak sekitar 1,1 Km atau lima menit dari Pantai Kuta Mandalika, bangunan yang didesain khusus dengan gaya terbalik ini menawarkan suasana ruang tamu, kamar tidur, ruang dokter, pom bensin, salon, hingga dapur dalam kondisi terbalik seperti The Upside Down World di Bali maupun Bandung.

Cukup dengan merogoh kocek 60 ribu Rupiah untuk orang dewasa dan 30 ribu Rupiah untuk anak-anak, Anda bisa berburu selfie sambil berkunjung ke wisata kekinian terbaru di tanah Mandalika tersebut. Tunggu apa lagi, B’timers? Segera kemasi perlengkapan wisata Anda dan berliburlah di kawasan wisata memesona di Indonesia Timur tersebut. (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE