Misool, Surga Bahari di Raja Ampat | Breaktime
Misool, Surga Bahari di Raja Ampat
20.02.2015

Jangan mati sebelum ke Raja Ampat. Kalimat yang sering diungkapkan rekan-rekan traveler ini cukup menggambarkan keindahan destinasi eksotik di Papua Barat.

Jauhnya perjalanan dan besarnya biaya ke Raja Ampat, terutama dari kawasan barat Indonesia, memang jadi penghalang utama menuju destinasi ini. Tapi eksotisme Raja Ampat seolah menjadi magnet bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Kurang lebih 85% luas wilayah Raja Ampat yang terletak di sebelah barat "Kepala Burung" Pulau Papua ini merupakan lautan dan merupakan kepulauan dengan jumlah terumbu karang tertinggi di dunia. Indonesia sendiri terletak di kawasan segitiga karang dunia, dengan luas terumbu karang sekitar 51.000 km2 atau 18% luas total terumbu karang dunia.

Menurut The Nature Coservancy (TNC), Raja Ampat memiliki lebih dari 1.427 spesies ikan karang, jumlah tertinggi di dunia untuk keanekaragaman hayati ini. Raja Ampat memiliki total 75% dari seluruh jenis terumbu karang dunia, lebih banyak dari Kepulauan Karibia dan Great Barrier Reef di Australia.

Salah satu faktor penting dalam potensi wisata Raja Ampat adalah masyarakatnya yang sangat welcome dengan wisatawan. Setelah menempuh perjalanan dari Sorong, B’timers akan disambut keramahan penduduk Pulau Yapale, senyum lebar anak-anak saat melintasi Kampung Harapan Jaya, dan pulau-pulau kecil lainnya yang tersebar di sekitar Misool.

Misool, Surga Bahari di Raja Ampat

Misool juga identik sebagai "kapling surga kecil" dengan keindahan pantai dan taman laut yang menakjubkan. Dari sini Anda bisa menikmati eksotisme pulau-pulau di Raja Ampat dari ketinggian, memandang hamparan laut berwarna biru toska dan hijau yang bening, serta puluhan pulau karang kecil yang bertaburan di sekitarnya.

Dengan segala potensi yang dimiliki Raja Ampat, kawasan ini berpeluang menjadi unggulan utama destinasi wisata Indonesia. Selama ini sektor pariwisata merupakan penyumbang devisa terbesar ke empat di Indonesia, sayangnya sektor pariwisata belum menjadi skala prioritas dalam pembangunan ekonomi nasional.

Apalagi, pada akhir tahun 2015 ini Indonesia memasuki era baru, dengan mulai berlakunya Masyakarat Ekonomi ASEAN. Jika ingin bersaing dengan negara tetangga di sektor industri wisata, Indonesia harus berbenah untuk mengejar ketertinggalan.

Menurut laporan tahunan ASEAN Community in Figures 2013, Indonesia masih tertinggal dari Malaysia, Thailand, dan Singapura dalam hal jumlah kunjungan wisatawan asing. Sepanjang tahun 2012, Malaysia mampu mendatangkan 25 juta wisatawan asing, Thailand 22 juta, dan Singapura 14 juta, sementara Indonesia berada di angka 8 juta.

Selain Misool, destinasi lainnya yang tak boleh terlewatkan saat traveling ke Raja Ampat adalah Desa Aborek. Desa ini memiliki reputasi lokal dan internasional sebagai pelopor pengembangan konservasi kekayaan laut berbasis masyarakat. Selain beberapa spot diving dan snorkeling, di desa ini Anda juga bisa membeli kerajinan khas berupa topi dan noken (tas tali). Saya jadi ingat ketika membeli kerajinan khas desa Sasak Sade di Lombok pasca Lebaran lalu. Sungguh, ada kebahagiaan dan kenangan sendiri ketika membeli kerajinan langsung dari sang pengrajin di daerah asalnya.

Dari tahun ke tahun, jumlah wisatawan yang menuju Raja Ampat pun terus bertambah. Menurut data Dinas Budaya dan Pariwisata Raja Ampat, jumlah wisatawan pada tahun 2008 sekitar 2000an pengunjung, tahun 2010 meningkat dua kali lipat jadi 4000 pengunjung, dan tahun 2012 naik di angka 6000an pengunjung. Sebuah tren kenaikan yang konsisten dan signifikan.

Angka-angka di atas menunjukkan bagaimana dari tahun ke tahun akses menuju Raja Ampat semakin mudah, dan relatif semakin murah, terlebih dengan banyaknya maskapai budget, promo paket wisata, dan tour operator yang menyediakan beragam pilihan destinasi di Raja Ampat, seperti Misool dan Wayag.

How to Get There?

Misool, Surga Bahari di Raja Ampat

Dari Jakarta atau daerah lain di kawasan Indonesia barat, B’timers harus menuju Sorong terlebih dahulu. Ada beberapa maskapai yang terbang dari Jakarta ke Sorong. Usahakan Anda sudah booking paket tour Raja Ampat terlebih dahulu dari kota tujuan. Paket tour ini bisa dipesan di beberapa trip operator atau mencarinya secara online pada marketplace yang menjual paket tour Raja Ampat.

Share This Article